x

Ilustrasi (Freepik)

Iklan

Ruang Dakwah Medis Indonesia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Maret 2023

Rabu, 23 Agustus 2023 18:12 WIB

Efek Berbahaya Minum Air Sambil Berdiri bagi Kesehatan

Efek Berbahaya Minum Air Sambil Berdiri Bagi Kesehatan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Air merupakan salah satu komponen yang wajib dipenuhi oleh tubuh manusia. Bahkan air merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia (KDM) bagi manusia. Yang dimaksud dengan kebutuhan dasar manusia (KDM) merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi oleh tubuh manusia dan apabila tidak dipenuhi maka akan mengganggu serta membuat kematian bagi manusia.

                Di dalam piramida hirarki Maslow, air masuk ke dalam kebutuhan fisiologis manusia. Kebutuhan fisiologis manusia merupakan kebutuhan wajib dibutuhkan bagi tubuh manusia dan apabila tidak ada atau berkurang akan mengganggu kesehatan manusia itu sendiri. Jenis kebutuhan fisiologis selain air adalah tidur, makan, minum, bernafas dll.

                Manfaat air putih untuk kesehatan tubuh manusia antara lain : menyehatkan pencernaan, menjaga tekanan darah, meningkatkan daya ingat otak, mencegah penyakit jantung, melembabkan kulit, membantu menghindari penumpukan lemak, menjaga kesehatan tulang dan untuk rehidrasi tubuh ketika kekurangan cairan atau haus.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

                Cara untuk minum air pun juga dijelaskan didalam beberapa penelitian yang sudah dilakukan oleh para ilmuwan. Menurut penelitian posisi tubuh ketika minum air adalah dengan posisi duduk. Dikarenakan apabila ketika minum air dilakukan sambil berdiri akan menyebabkan efek berbahaya bagi tubuh itu sendiri. Didalam agama Islam juga dijelaskan bahwa Sunah Rasulullah SAW ketika sedang meminum air dianjurkan dengan duduk dan tidak sambil berdiri dikarenakan bisa menganggu kesehatan bagi tubuh manusia.

Efek buruk minum sambil berdiri antara lain : Akan mengakibatkan dampak buruk bagi sendi, Mempengaruhi kesehatan ginjal, Gangguan kadar asam pada sistem pencernaan manusia, membahayakan dinding perut dan akan mudah terserang penyakit maag atau Gastritis. Dalam Islam Rasulullah SAW melarang umatnya untuk minum sambil berdiri dan didalam hadist disebutkan “Janganlah kamu minum sambil berdiri dan ini dibuktikan dari segi kesehatan.

Dosen Spesialis medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan dampak buruk minum air sambil berdiri adalah akan terjadi Perut kembung dapat menimbulkan rasa nyeri, tidak nyaman, dan bisa membuat perut terlihat membesar. Selain itu, makan atau minum sambil berdiri biasanya akan membuatmu menelan lebih cepat. Hal ini bisa membuat udara yang masuk ke dalam sistem pencernaan terlalu banyak dan mengakibatkan perut menjadi kembung. Karena Banyak orang yang menyepelekan, bahwa minum sambil duduk ternyata lebih baik daripada minum sambil berdiri, karena membuat masuknya air sampai usus berjalan perlahan. Selain itu, kebiasaan ini juga otomatis mencegah terjadinya disfungsi pencernaan dan lebih melancarkan proses cerna makanan.

Efek buruk yang lain ketika minum sambil berdiri adalah berhubungan dengan distribusi vitamin dan mineral yang tidak akan maksimal untuk diarbsorbsi ke dalam organ – organ manusia diseluruh tubuh manusia. *Red

Ikuti tulisan menarik Ruang Dakwah Medis Indonesia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu