x

Iklan

Septian Rahayu

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 September 2023

Jumat, 8 September 2023 14:39 WIB

Cara Merawat Sepatu Sekolah Agar Tidak Cepat Rusak

Sepatu merupakan salah satu perlengkapan sekolah anak yang memerlukan perawatan khusus. Mengapa tidak? Bagaimana penampilan anak sekolah jika baju dan celana/roknya bagus tetapi sepatunya terlihat tidak nyaman dipandang?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sepatu merupakan salah satu perlengkapan sekolah anak yang memerlukan perawatan khusus. Mengapa tidak? Bagaimana penampilan anak sekolah jika baju dan celana/roknya bagus tetapi sepatunya terlihat tidak nyaman dipandang?

Konon sepatu merupakan salah satu kunci penampilan anak sekolah di mata teman dan gurunya. Selain itu, banyak sekali Merk Sepatu Sekolah yang terbuat dari bahan berkualitas. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai beberapa cara merawat sepatu sekolah.

Beberapa Cara Mudah Merawat Sepatu Sekolah

Simpan Sepatu Di Tempat Kering Dan Bersih

Umumnya, Anda harus menyediakan ruangan kecil, kering dan bersih di rumah Anda untuk menyimpan beberapa koleksi sepatu. Namun jika hal tersebut sulit dilakukan, Anda bisa mengatasinya dengan meletakkan rak sepatu di teras atau ruang depan yang sudah disapu dan tidak lembap. Bila sepatu disimpan di rak dan tidak digunakan, jangan lupa sertakan gulungan koran, kertas, atau silika gel. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hal ini untuk menghindari kelembapan dan mencegah masuknya serangga atau benda yang tidak diinginkan ke dalam sepatu. Anda juga harus rutin memeriksa area sekitar rak sepatu agar tetap kering. Selain itu, tutupi rak dengan kain atau plastik agar terhindar dari debu dan kotoran. Ingat, kering dan bersih adalah dua hal utama dalam merawat sepatu sekolah anak.

Bersihkan Sepatu Sekolah Anak Anda Dengan Benar

Anak-anak memakai sepatu sekolah hampir setiap hari. Bisa dipastikan banyak debu dan kotoran yang menempel di permukaan. Sebagai orang tua tentunya Anda bisa membantu mencuci sepatu sekolah anak Anda. Cuci sepatu setidaknya seminggu sekali. Anda bisa menggunakan air sabun dan menggosok perlahan menggunakan sikat gigi bekas. 

Untuk menjaga warna dan menghilangkan bau tak sedap, mencuci dengan larutan baking soda juga bisa menjadi alternatif. Satu hal lagi yang perlu Anda ingat dalam mencuci sepatu, yaitu sepatu tidak bisa dicuci di mesin cuci. Jika Anda terus melakukan hal ini hanya karena alasan praktis, maka sepatu akan cepat aus dan umurnya akan lebih pendek.

Semir Sepatu Sekolah Anak Dengan Rutin

Cara ini khusus untuk sepatu berwarna hitam. Mengingat banyak sekolah yang masih mewajibkan siswanya untuk memakai sepatu berwarna hitam, maka menjaganya secara rutin adalah suatu keharusan. Sepintas, sepatu hitam lebih cepat kotor dibandingkan sepatu berwarna lainnya. Namun jika tidak pernah dibersihkan akan tetap terlihat kusam dan tidak terawat.

Setidaknya seminggu sekali, semir sepatu Anda dengan kuas dan semir hitam. Sebelum memoles, bersihkan terlebih dahulu debu yang menempel dengan kain lembab. Jika Anda rutin menyemir sepatu, dijamin sepatu akan terlihat lebih berkilau dan rapi. Sepatu untuk sekolah anak pada umumnya terbuat dari bahan kain dan sejenisnya. 

Sepatu yang tidak dirawat dengan baik akan terlihat pudar dan berjamur, terutama saat musim hujan. Selain tidak sedap dipandang, alas kaki ini juga kerap menimbulkan bau tak sedap. Anjurkan anak untuk selalu mengeringkan kakinya sebelum mengenakan kaus kaki dan sepatu. Hal ini untuk menghindari kemungkinan timbulnya jamur dan bau tidak sedap dari dalam sepatu.

Anjurkan Anak Untuk Memakai Sepatu Sekolah Sesuai Fungsinya

Sebagai orang tua, Anda tidak boleh bosan-bosannya mengingatkan anak Anda untuk memakai sepatu sesuai fungsinya. Misalnya sepatu olah raga digunakan pada saat olah raga, sedangkan sepatu pantofel digunakan pada jam sekolah lain atau pada saat menghadiri acara formal. Penggunaan sepatu sesuai peruntukannya akan mencegah sepatu rusak.

Misalnya pada saat kelas olah raga. Terkadang si kecil lupa membawa sepatu olahraga saat berolahraga. Anak-anak terpaksa memakai sepatu wajib yang telah ditentukan pihak sekolah, padahal sepatu tersebut bukan sepatu olahraga. Hal ini membuat anak sulit bergerak dan kakinya bisa terluka. Jadi, ingatkan si kecil untuk selalu memakai sepatu sesuai perannya ya.

Ajari Anak Melepas Sepatu Dengan Benar

Cara anak melepas sepatu juga mempengaruhi awet atau tidaknya benda tersebut. Jika si kecil salah melepaskannya, kerusakan bisa cepat terjadi. Sayangnya karena sering terburu-buru, anak-anak akhirnya menginjak tumit sepatu yang satu dengan sepatu berikutnya agar lebih praktis. Cara yang salah ini menyebabkan bagian belakang sepatu cepat rusak.

Tahukah Anda kalau ada juga teknik melepas sepatu? Tergantung jenis sepatu apa yang dipakai si kecil. Jika Anda memakai sepatu bertali, tentu talinya harus dilepas terlebih dahulu. Sedangkan jika menggunakan velcro, anak harus menarik pengait velcronya. Setelah itu, lepaskan sepatu secara perlahan dan gunakan tangan Anda untuk mempermudah proses melepas sepatu.

Demikian ulasan artikel tentang Cara Merawat Sepatu Sekolah Agar Tidak Cepat Rusak. Semoga bermanfaat. 

Ikuti tulisan menarik Septian Rahayu lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB

Terkini

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB