x

sumber foto: sirclo.com

Iklan

rahelia nur s

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Oktober 2023

Selasa, 10 Oktober 2023 09:19 WIB

Bisnis Freelance Copywriter

Menjadi freelancer dikalangan sekarang merupakan hal yang menarik, berbisnis tidak semua tentang modal yang banyak, tetapi dengan ide-ide dan kreatifitas bisa menjadi peluang usaha bagi setiap orang.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Memulai Usaha Jasa Freelance Copywriter

Menjadi seorang freelancer sekarang merupakan kegiatan yang menarik diperbincangkan. Banyak sekali beredar tentang mahasiswa, pekerja, serta siswa sekolah sudah dapat memulai usaha tersebut. Bahkan sekarang menulis dengan menggunakan ide-ide yang dihasilkan diri sendiri akan menjadi peluang usaha. Banyak orang yang mengatakan sumber bisnis itu tidak selalu tentang modal yang banyak, tetapi dengan menjadi seorang yang gemar menulis juga dapat menghasilkan peluang usaha.

Zaman sekarang merupakan era yang di manapun dan kapanpun sudah menggunakan gadget, jadi sudah tidak heran mengapa banyak sekali orang yang menggunakan media sosial untuk beberapa hal yang bermanfaat, contohnya seperti menjadi seorang copywriter, pekerjaan ini biasanya hanya dilakukan untuk pekerjaan sampingan saja, tapi siapa sangka? justru kegiatan ini dapat menghasilkan banyak keuntungan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menjadi seorang copywriter biasanya harus bertanggung jawab atas bisnisnya sendiri, yang berarti mereka harus menetapkan tarif pekerjaan mereka dan mereka harus mengiklankan bisnis mereka sendiri untuk mendaptkan klien. Dengan menjadi seorang copywriter juga bisa mendapatkan banyak pengalaman yang profesional, serta dapat menjadikan diri anda menjadi lebih kreatif atas ide-ide yang dihasilkan.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan sebagai penulis atau copywriter yaitu, membaca karya dari beberapa penulis lain. Dengan cara ini biasanya anda dapat mengasah serta mendapatkan paparan dan gaya penulisan yang bervariasi.

Kedua, adalah menggunakan gaya penulisan yang berbeda, dengan cara ini biasanya klien akan menilai penulisan anda, tetapi anda juga harus memperhatikan penggunaan kata-kata yang mendidik, karena klien biasanya membutuhkan gaya penulisan tertentu agar menarik untuk dibaca, yang ketiga adalah selalu mengumpulkan portofolio terbaru, sebagai seorang penulis harus menunjukkan bakat anda dan menunjukkannya di jangkauan media, contoh penullisan yang ter-upgrade biasanya akan menjadi pertimbangan klien untuk memakai jasa anda.

Ada banyak hal yang biasanya dilakukan oleh seorang copywriter, yaitu:

1. Membuat iklan digital: pekerjaan tersebut bisa berupa kata-kata, gambar, atau bahkan video. Maka tidak sedikit mengapa seorang copywriter seringkali bekerja sama dengan seorang direktur seni dalam tim kreatif, agar dapat menciptakan keterampilan baru dalam pekerjaan tersebut.

2. Copywriting online: pekerjaan ini biasanya mencangkup tentang sebuah artikel dan situs web.

3. Copywriting media sosial: biasanya pekerjaan dalam hal ini mencangkup dengan pembuatan caption yang menarik pada setiap konten, seperti pada media sosial Instagram, Facebook, Twitter.

Tiga cara untuk memulai usaha jasa freelance copywriter:

1. Mulailah dengan memikirkan minat anda: mempunyai minat dasar yang tinggi dan mendalam sangat penting untuk membangun kompetensi, dan membuat diri anda lebih menikmati suatu projek atau tulisan yang dibuat.

2. Bangun situs web serta platform sosial media: cara ini berfungsi dimana sebagai tempat klien akan melihat contoh pekerjaan yang anda buat dan apa saja yang dapat ditawarkan terhadap klien.

3. Mempromosikan: ini bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti, menyampaikan ide-ide, membuat portofolio, serta bisa berupa konten yang akan anda upload di situs web dan media sosial.

 

Rahelia Nur Saftri Manajemen Universitas Pembangunan Jaya

Ikuti tulisan menarik rahelia nur s lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler