x

Online Shopee

Iklan

Darrel Matthew Christanto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Oktober 2023

Selasa, 10 Oktober 2023 14:02 WIB

Mengupas Tuntas Strategi Marketing Online Shop Shopee

Shopee sering kali menggelar diskon untuk para penggunanya. Selain itu mereka juga bekerja sama dengan artis-artis terkenal.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

            Online Shop adalah toko online yang digunakan untuk berbelanja secara daring/online. Jadi seseorang dapat membeli sesuatu secara online tanpa bertemu secara fisik dengan  penjual, dan juga dapat dibayar dengan online juga. Jadi seperti transaksi secara online. Di jaman yang serba digital ini banyak orang yang lebih memilih berbelanja secara online.

 Alasan banyak orang lebih memilih berbelanja secara online karena, berbelanja secera online memiliki banyak keuntungan. Banyak kelebihan dari kita berbelanja secara online seperti, kita tidak perlu cape untuk pergi ke toko offline, barang yang kita beli bisa langsung sampai ke rumah, harga di toko online tergolong lebih murah dibanding jika berbelanja di toko offline, diskon yang ditawarkan juga sangat besar, apa lagi ketika ada hari-hari besar yang ada. Saya akan mengambil salah satu contoh online shop yaitu shopee. Disini strategi pemasaran yang dilakukan oleh shopee sangat menarik.

            Strategi pemasaran merupakan salah satu bagian yang paling penting juga dalam berjualan. Karena dengan strategi pemasaran ini kita dapat memberi informasi tentang apa yang sedang kita jual atau kita kembangkan. Di sini saya akan mengupas strategi pemasaran dari Shopee. Banyak strategi pemasaran yang dilakukan oleh  Shopee, berikut adalah contohnya

  1. Shopee melakukan pemasaran dengan collab atau bekerja sama dengan artis-artis yang terkenal atau sedang naik daun. Contohnya Shopee berkolaborasi dengan artis Korea atau grup band Korea yang sedang hype.
  2. Shopee melakukan system COD yaitu Cash On Delivery. Jadi disini maksud dari COD, Shopee ingin mempermudah konsumennya yang tidak memiliki rekening dengan membuat sistem COD.
  3. Shopee melakukan diskon berskala besar. Shopee banyak dan sering kali membuat diskon untuk para penggunanya, diskon yang di gunanakan juga tergolong sangat banyak. Contoh dari diskon besa-besaran seperti shopee 11.11 ada jg 12.12 dan lain sebagainya. Shopee juga sering memberikan voucher gratis ongkir untuk para pengguna, jadi dengan itu membuat para pembeli atau pengguna yakin dengan yang dibeli, tidak perlu memikirkan tentang ongos kirim yang harus di bayar.
  4. Shopee melakukan juga System Shopee Live. Jadi sistem itu membuat para penjual dapat berjualan dan menawarkan barang yang dijual secara live, jadi para pembeli dapat melihat secara langsung barang yang akan dibeli melalui live oleh penjual.
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

            Walaupun strategi pemasaran yang dilakukan Shopee ini bisa d bilang sudah dilakukan secara besar-besaran, Shopee belum mendapat keuntungan. Shopee masih hanya berfokus pada pengiklanan, masih ingin mempromosikan terlebih dahulu. Shopee masih ingin mengembangkan usahanya tersebut, mereka masih ingin mencari nama terlebih dahulu.

Walaupun shopee mengalami kerugian yang sangat besar. Shopee tetap berhasil mencuri perhatian para pelanggan, sudah banyak yang mengetahui tentang apkliasi toko online tersebut. Walaupun rugi disini shopee juga masih menduduki peringkat 1.

            Jadi hal yang bisa didapat adalah kita harus memiliki strategi dalam memasarkan produk yang kita miliki. Kita harus berani mengambil resiko yang ada.

Ikuti tulisan menarik Darrel Matthew Christanto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler