x

Taman Nasional ALas Purwo Banyuwangi

Iklan

Nadya Khennis Rozana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Maret 2023

Rabu, 25 Oktober 2023 21:38 WIB

Seharian di Alas Purwo Banyuwangi, Tujuh Destinasi Ini Layak Dicoba

Jika diberi waktu seharian untuk jalan-jalan ke Alas Purwo kita bisa ngapain aja sih? Ini jawabannya...

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tidak terasa ya sebentar lagi akhir tahun. Sudah ada rencana liburan kemana? Ada rekomendasi tempat wisata menarik loh untuk pembaca indonesiana. Tepatnya di ujung timur pulau Jawa yakni Alas Purwo, Banyuwangi.

Apa yang kalian bayangkan jika mendengar kata Alas Purwo? Ya, mungkin yang terbesit di hati kalian adalah tempat mistis di dalam hutan dan belum terjamah manusia. Eits, jangan salah. Walaupaun kerap dikaitkan hal angker tapi punya deretan pesona alam untuk destinasi wisata lho.

Alas Purwo adalah salah satu Taman Nasional (TN) yang menjadi kawasan pelestarian dan konservasi alam yang terletak di Banyuwangi. Secara administratif termasuk dalam wilayah Kecamatan Tegaldlimo dan Purwoharjo.

Destinasi Wisata di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi

Jika diberi waktu seharian untuk jalan-jalan ke Alas Purwo kita bisa ngapain aja sih? Ini jawabannya...

Pertama, kita akan disuguhkan Savana Sadengan. Feeding Ground buatan ini memiliki luas 80 Ha. Kita bisa menemukan aneka mamalia besar seperti banteng, kijang dan rusa yang berkeliaran di alam bebas.

Kedua, Pantai Plenkung. Ombaklautnya sering disebut sebagai ombak terbaik kedua setelah Hawai, Amerika Serikat. Ombak terdiri dari tiga tingkatan antara lain Many Track, Speedis Waves dan Kong Waves.

Ketiga, ada Pura Alas Purwo. Tempat sembahyang umat Hindu ini berada di jalan masuk ke Pantai Trianggulasi. Pura ini masih dipakai untuk acara Pager Wesi hingga saat ini. Keempat, Pantai Trianggulasi. Kita bisa menikmati panorama matahri terbenam, pantai pasir putih serta aneka satwa seperti kera abu-abu, lutung, tupai, bajing, musang, kijang, rusa, babi hutan dan biawak.

Kelima Pantai Ngagelan. Daya tarik pantai ini adalah tempat penetasan telur penyu semi alami. Puncak musim bertelur penyu biasanya terjadi pada bulan Mei-September. Keenam, Mangrove Bedul. Kita bisa menyusuri area hutan mangrove Bedul menggunakan perahu atau kano yang disewakan masyarakat setempat. Dan yang terakhir kita bisa makan siang di Perahu Katamaran sambil menikmati pemandangan hutan mangrove Bedul. Adapun menu yang disajikan antara lain ikan laut yang dibungkus pakai daun jati.

Demikian rekomendasi destinasi wisata di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi untuk teman-teman Indonesiana. Menarik bukan?

Ikuti tulisan menarik Nadya Khennis Rozana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu