x

Iklan

Muhammad Saefuddin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 November 2023

Rabu, 8 November 2023 06:37 WIB

Keindahan Alam Curug Cimahi, Destinasi Terpercaya di Bandung Barat

Curug Cimahi merupakan destinasi wisata yang cukup terkenal, terletak di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Bandung Barat, di provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Curug Cimahi merupakan destinasi wisata yang cukup terkenal, terletak di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Bandung Barat, di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Meskipun Bandung terkenal dengan objek wisata di Lembangnya, tak bisa diabaikan bahwa keindahan Curug Cimahi juga tak kalah menarik.

Julukan "Curug Pelangi" atau "Curug Rainbow" disematkan karena gemerlapnya air terjun pada malam hari, menarik minat banyak pengunjung yang ingin menyaksikan fenomena unik ini. Dengan keunikan dan keindahannya, Curug Cimahi merupakan destinasi wisata yang patut Anda kunjungi.

Ketika Anda tiba di lokasi, suasana akan langsung disambut meriah oleh suara hewan-hewan di sekitar hutan Curug Cimahi. Terkadang, suara riuh sekawanan monyet juga akan menyertai kedatangan Anda, bahkan beberapa pengunjung beruntung dapat melihat beberapa monyet liar yang bergelantungan di atas ranting pepohonan.

Daya Tarik yang Ditawarkan Curug Cimahi

Rainbow Malam Hari

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pengelola terus berinovasi untuk memperindah kecantikan Curug, salah satunya adalah fenomena terbaru yang tengah menjadi hits, yaitu "Rainbow di Malam Hari." Keberadaan rainbow malam ini dipicu oleh adanya lampu pijar berwarna-warni yang sengaja dipasang di sekitar air terjun, yang tentunya akan dinyalakan mulai petang hingga malam hari.

Curug Cimahi menampilkan cahaya rainbow yang indah mulai pukul lima sore hingga ditutup pukul sembilan malam, namun aturan ini dapat berubah mengikuti kondisi alam. Jika kondisi alam tidak mendukung, objek wisata yang indah ini mungkin akan ditutup lebih awal.

Sayangnya, air Curug yang terlihat seperti rainbow ini bukanlah cahaya alami dari alam, melainkan merupakan konsep yang direncanakan secara khusus oleh pihak pengelola. Meskipun demikian, konsep ini telah membuat Curug semakin terkenal dan menjadi pilihan menarik bagi para pengunjung.

Tangga di Curug Cimahi

Dikelilingi oleh keindahan alam yang menakjubkan, namun lokasi Curug ini menuntut petualangan yang tidak sedikit. Untuk menikmati keindahan air terjun yang menakjubkan, pengunjung harus menuruni sekitar 587 anak tangga. Meskipun perjalanan ini menantang, pengalaman ini pasti sepadan dengan pemandangan alam yang menakjubkan yang akan Anda temui.

Tak dapat dipungkiri, keindahan alam dengan panorama yang memukau akan menarik perhatian Anda, terutama saat tiba di lokasi air terjun. Menyaksikan rainbow secara langsung di depan mata merupakan pengalaman langka dalam kegiatan rekreasi.

Saat Anda melangkah beberapa anak tangga pertama, sensasi percikan air mulai terasa, semakin mempercepat keinginan untuk segera sampai di air terjun. Jaraknya sekitar 180 meter dari anak tangga pertama hingga menuju anak tangga terakhir.

Spot Foto

Curug Cimahi juga menawarkan spot foto yang eksotis. Bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momen, tempat ini menyuguhkan pemandangan alam yang menjadi favorit para selebgram. Anda dapat dengan mudah mendapatkan foto yang Instagramable dan menarik.

Bagi para pecinta alam yang ingin menangkap momen berharga di tempat wisata indah ini, tentu tidak akan melewatkan kesempatan untuk mengambil foto hewan-hewan yang gemar bergelantungan, seperti monyet. Momen ini akan terlihat menarik dengan latar belakang air terjun yang cantik.

Selain itu, terdapat banyak spot foto menarik lainnya di sekitar area Curug Cimahi. Saat Anda mendaki atau menuruni tangga, Anda bisa mengabadikan momen dengan menggunakan tangga itu sebagai latar belakang. Keberadaan gardu pandang yang tersedia di sepanjang perjalanan tangga juga menjadi daya tarik tersendiri. Anda dapat beristirahat sejenak sambil mengambil foto di gardu pandang tersebut.

Udara Segar untuk Berolahraga

Setelah beraktivitas selama lima hari penuh, kelelahan tentu menjadi hal yang wajar. Untuk menghilangkan kelelahan tersebut, salah satu opsi yang dapat dipertimbangkan adalah dengan berwisata atau berolahraga. Di Curug Cimahi yang indah ini, Anda dapat melakukannya keduanya sekaligus, yakni menikmati wisata alam sekaligus berolahraga.

Dengan pemandangan air terjun yang menakjubkan dan udara yang segar, Curug Cimahi juga dilengkapi dengan tangga yang bisa menjadi sarana untuk berolahraga. Anda dapat melakukan olahraga dengan berjalan kaki menuruni atau menaiki anak tangga. Udara segar yang terasa di sekitar area tersebut akan memberikan dukungan yang baik untuk kegiatan olahraga Anda.

Alamat dan Rute Menuju Curug

Perjalanan menuju Curug Cimahi yang sedang populer ini tidak memerlukan waktu yang terlalu lama. Lokasinya hanya berjarak sekitar dua puluh kilometer dari pusat kota Bandung, dengan estimasi waktu tempuh sekitar tiga puluh menit hingga satu jam tergantung pada lalu lintas.

Untuk alamat lengkapnya, Curug Cimahi terletak di Jalan Kolonel Masturi, di wilayah pedesaan Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Jika Anda merasa kesulitan menemukan lokasinya, Anda dapat menggunakan aplikasi Google Maps di ponsel Android Anda untuk memudahkan perjalanan.

Salah satu rute utama yang dapat Anda tempuh menuju Curug Cimahi adalah melalui jalan yang mengarah ke Lembang, karena jalannya searah dengan Lembang. Dengan melewati jalan Setiabudi, Anda akan mencapai Kota Lembang. Meskipun merupakan rute yang paling mudah, namun perlu diingat bahwa jalur ini seringkali menguji kesabaran pengunjung, terutama saat hari libur atau akhir pekan karena kemacetan yang kerap terjadi.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Harga tiket masuk Curug Cimahi tergolong terjangkau dengan tarif standar sebesar Rp 15.000 per orang. Namun, perlu diingat bahwa terdapat biaya tambahan untuk parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 3.000 per unit, dan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000 per unit.

Harap diperhatikan bahwa tarif tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang berlaku pada hari kerja, sedangkan pada akhir pekan tarifnya naik menjadi Rp 17.000 per orang.

Saat membawa anak-anak di bawah usia 2 tahun, mereka dapat masuk tanpa biaya tiket. Namun, untuk anak-anak berusia 2 tahun ke atas, tarif tiket yang berlaku sama dengan tarif untuk orang dewasa.

Seperti halnya objek wisata lainnya, Curug Cimahi memiliki jam operasional mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Namun, jika cuaca tidak mendukung, jam operasional bisa berakhir lebih awal dari jam operasional biasanya.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

1. Berburu Foto

Dengan beragam spot foto yang tersedia di curug yang indah ini, besar kemungkinan Anda akan langsung tergoda untuk mengabadikan momen. Anda tak perlu repot mencari tempat yang cocok, karena semua spot di curug ini sudah sangat memadai untuk berfoto, terutama di area gardu pandang dengan latar belakang air terjun yang memukau.

Mengambil gambar pada malam hari akan memberikan pengalaman yang mengagumkan. Pemandangan lanskap yang luar biasa dengan cahaya lampu berwarna-warni yang memancar di sekitar air terjun akan memberikan efek yang luar biasa. Anda dapat menikmati keindahan warna pelangi yang memukau, dan pastinya akan menghasilkan foto yang Instagramable.

2. Piknik di Curug Cimahi

Meskipun Curug Cimahi tidak menawarkan fasilitas untuk berkemah, Anda tetap dapat menikmatinya sebagai lokasi piknik yang sempurna bersama keluarga tercinta. Tempat ini juga menyediakan fasilitas penginapan, sehingga Anda dapat memanfaatkannya sebagai tempat bermalam.

Saat berlibur bersama keluarga, membawa bekal dari rumah akan menambah kesenangan, terutama karena masakan rumahan biasanya lebih memuaskan daripada makanan di warung. Namun, jika Anda tidak ingin repot membawa bekal, tidak perlu khawatir karena Curug Cimahi juga menyediakan warung makanan dan minuman.

3. Bermain Air

Di sekitar bawah air terjun, Anda akan menemukan kolam alami yang menunggu untuk memberikan kesegaran alami. Setelah melalui perjalanan trekking ringan melalui anak tangga, Anda pasti akan tergoda untuk merasakan segarnya air yang ada di depan mata, terutama dengan kondisi air yang begitu jernih.

Tidak akan ada yang menyesal bila Anda memanfaatkan kesempatan untuk mandi di tempat ini. Rasa lelah dan kepenatan akan segera hilang. Pastikan Anda membawa perlengkapan renang atau setidaknya kacamata renang sebagai persiapan untuk menikmati keindahan dasar kolam yang menawan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Curug

Anda tidak akan kesulitan menemukan fasilitas yang memenuhi kebutuhan Anda saat mengunjungi Curug Cimahi, karena fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap. Fasilitas tersebut meliputi area parkir, musholla, spot foto, warung makan, toilet, shelter, pos keamanan, peta lokasi, dan masih banyak lagi.

Jika Anda berencana untuk bermalam, ada pilihan penginapan yang tersedia di dekat lokasi Curug. Salah satu penginapan yang direkomendasikan adalah penginapan air atau Villa Air. Selain kenyamanannya, penginapan ini juga tidak terlalu jauh dari lokasi Curug, sehingga memudahkan akses Anda selama berada di sana.

Mengetahui tentang keindahan Curug Cimahi akan memberikan Anda wawasan yang berharga. Jika Anda memiliki rencana untuk mengunjunginya, pengetahuan ini akan membuat Anda merasa lebih familiar dengan lokasi tersebut, sehingga Curug Cimahi dapat menjadi pilihan yang terpercaya bagi Anda. Fasilitas yang disediakan di sana juga akan membuat pengunjung merasa nyaman selama berkunjung.

Seperti yang dilansir alexistogel toto, Curug Cimahi adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam eksotis yang tak kalah dengan objek wisata lainnya di kawasan Bandung Barat. Terletak di tengah-tengah destinasi wisata lainnya, keunikan Curug Cimahi akan membuatnya berbeda dari yang lain.

Ikuti tulisan menarik Muhammad Saefuddin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB