x

Ilustrasi bersih bersih rumah (Foto: Freepik)

Iklan

Tirta Pakuan Bogor

Tirtapakuan
Bergabung Sejak: 11 Agustus 2023

Jumat, 10 November 2023 15:15 WIB

Cara Membasmi Kutu Air di Rumah

Untuk membasmi kutu air atau kecoa oriental, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan semua sumber makanan dan air bagi hama ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kutu air, atau yang sering disebut sebagai kecoa oriental (Blatta orientalis) adalah salah satu hama yang sangat mengganggu. Mereka sering ditemukan di berbagai tempat di dalam rumah, seperti kamar mandi, dapur, atau area lembab lainnya.

Karena kutu air hidup di lingkungan yang kotor, ini bisa membawa penyakit seperti gastroenteritis. Kotoran dan kulitnya dapat menyebabkan reaksi alergi dan asma pada orang yang sensitif.

Kecoak oriental dapat masuk ke dalam rumah melalui berbagai cara, entah itu merangkak di bawah ambang pintu, atau melalui celah dan retakan yang sangat kecil di dinding, lantai, atau jendela.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mereka juga bisa dibawa masuk ke dalam rumah secara tidak sengaja melalui barang-barang seperti pakaian atau tas yang telah terpapar hama ini di tempat lain.

Salah satu tanda kehadiran kutu air atau kecoak oriental adalah muncul mau basah atau apek, dan ada selongsong telur kecoak tertinggal di sekitar rumah Anda.

Yang mengkhawatirkan, kecoak bisa berkemnang biak dengan cepat. Betina dewasa dapat hidup sekitar 34 hingga 181 hari. Selama waktu ini, mereka menelurkan rata-rata delapan selongsong telur, di mana setiap selongsong berisi rata-rata 14 bayi kecoak di dalamnya. Kecoa oriental betina menyimpan cangkang telurnya di dekat sumber makanan.

Untuk membasmi kecoa oriental, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan semua sumber makanan dan air bagi hama ini. Bersihkan tumpukan sampah, saluran pembuangan sampah, saluran air, dan sapu dedaunan di sekitar pondasi bangunan. Intinya, apapun yang dapat memberikan bahan organik atau kelembapan kepada kecoa Oriental, maka itu harus dihilangkan.

Selanjutnya, pastikan Anda tidak menyediakan air untuk kecoak di sekitar rumah Anda. Jika ada kebocoran pipa di rumah Anda, segera perbaiki.

Selain itu, kecoak oriental suka nongkrong di celah dinding. Jika Anda menemukannya, maka luangkan waktu untuk menutup area ini dengan dempul. Ini akan membantu mengurangi kemungkinan mereka memasuki ruangan Anda.

Jika setelah melakukan cara-cara ini, namun kecoak oriental atau kutu air masih berkeliaran di rumah Anda, maka pertimbangkan untuk menggunakan semprotan kimia khusus kecoak.

Ikuti tulisan menarik Tirta Pakuan Bogor lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB