x

Iklan

Joni Pakpahan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 2 Desember 2023

Sabtu, 2 Desember 2023 07:37 WIB

Keindahan dan Daya Tarik Pantai Kertomulyo di Pati

Pantai Kertomulyo, yang terletak di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, memukau dengan kecantikannya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pantai Kertomulyo, yang terletak di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, memukau dengan kecantikannya. Hutan mangrove yang teratur menjulang sepanjang pantai, sedangkan ombak yang saling bergema menghasilkan deburan yang menenangkan. Anda dapat menemukan beragam jenis ikan di sini.

Pusat perhatian terdapat Menara Pandang yang mengundang Anda untuk menikmati panorama laut yang luas dari perspektif yang unik. Pengalaman liburan menjadi lebih seru, terutama jika dihabiskan bersama keluarga. Selain keindahannya, pantai ini juga menyimpan beragam hal menarik yang dapat dinikmati.

Pesona yang Menarik dari Pantai Kertomulyo

Sejarah Unik

Seperti yang dilansir alexistogel slot, mangrove memiliki berbagai manfaat, termasuk dalam upaya pencegahan erosi. Sayangnya, di Pantai Kertomulyo, Pati, jumlah tanaman mangrove masih terbatas, menimbulkan keprihatinan di kalangan warga.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Terlebih lagi, jumlah tanaman ini masih jauh lebih sedikit dibandingkan dengan kawasan mangrove di tempat lain. Oleh karena itu, warga merasa perlu untuk aktif terlibat dalam penanaman mangrove di sekitar pantai. Upaya ini didukung oleh para relawan yang turut serta dalam kegiatan penanaman tersebut.

Di pantai ini, terdapat saluran air yang digunakan untuk mengisi tambak warga sekitar. Saluran air tersebut memiliki lebar yang cukup signifikan, sehingga menghambat penanaman mangrove di sekitarnya.

Dalam konteks ini, warga telah mendirikan sebuah jembatan yang kini menjadi sorotan banyak orang. Pengunjung dari daerah lain mulai berdatangan untuk mengabadikan momen dengan mengambil foto di atas jembatan tersebut. Fenomena ini menjadi daya tarik utama yang mendorong warga untuk mengembangkan kawasan tersebut menjadi objek wisata seperti yang terjadi saat ini.

Beragam Spot Foto

Pantai di Jawa Tengah ini telah dilengkapi dengan beragam atraksi seru yang dapat dinikmati oleh pengunjung, seperti kereta mini, bebek air, dan sejumlah atraksi lainnya. Untuk mencapai Pantai Kertomulyo di Pati, Anda dapat mengikuti jalan setapak yang telah disediakan.

Di sini, Anda akan menemukan spot foto yang unik dan instagramable, seperti sangkar burung dan struktur kayu berbentuk bintang.

Menara Pandang Khayangan

Tak kalah menarik, terdapat Menara Pandang Khayangan yang sangat nyaman untuk dikunjungi. Begitu Anda berada di puncaknya, angin kencang menyapa Anda sambil menghadirkan pemandangan alam dan pantai yang luas. Momen ini, dengan pemandangan 360 derajat, akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Berminat untuk mengunjungi Pantai Kertomulyo? Arahkan langkah Anda ke Desa Kertomulyo, Kec. Trangkil, Kab. Pati, Jawa Tengah. Destinasi konservasi mangrove ini hanya berjarak sekitar 18 km dari Pati Kota, memerlukan waktu perjalanan sekitar 30 menit.

Anda dapat memilih rute tercepat sesuai titik keberangkatan Anda menuju lokasi. Salah satu jalur yang dapat diambil adalah dari Alun-alun Simpang Lima Pati, menuju utara melalui Jalan Raya Pantura.

Anda dapat mengambil arah kiri di pertigaan Pati-Tayu, kemudian tetap lurus di Jalan Pati-Tayu hingga mencapai monumen bambu runcing di Jalan Wedarijaksa. Setelah itu, ambil arah kanan dan terus melanjutkan perjalanan di Jalan Wedarijaksa hingga mencapai pertigaan, lalu belok kiri menuju Desa Kertomulyo.

Selain itu, wisata bahari ini gratis untuk tiket masuk. Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 untuk parkir sepeda motor dan Rp 6.000 untuk kendaraan mobil.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

1. Menyusuri Hutan Mangrove di Pantai Kertomulyo

Setibanya di kawasan wisata Pantai Kertomulyo Pati, Anda akan disambut oleh sebuah terowongan sederhana namun memberikan kesan mewah. Kebersihannya dijaga dengan baik, dan tersedia banyak tempat sampah di sekitarnya, memudahkan pengunjung untuk membuang sampah.

Salah satu kegiatan yang dapat Anda nikmati di destinasi bahari ini adalah menjelajahi hutan mangrove. Anda akan kagum dengan penataan tempat wisata yang sangat baik. Kawasan ini memberikan suasana yang sejuk dan rindang, bahkan di tengah siang. Di sini, Anda dapat mempelajari berbagai jenis bakau.

Selain menikmati liburan, Anda dapat memperoleh pengetahuan mengenai tanaman bakau di sini. Pengelola telah menyediakan papan nama dengan tulisan ilmiah untuk setiap jenis tanaman bakau. Dengan demikian, Anda akan dapat mengidentifikasi perbedaan antara berbagai jenis bakau, seperti Rhizophora Stylosa, Avicenna Lanata, Rhizophora Mucronata, dan lainnya.

2. Berfoto Sepuasnya

Kegiatan lain yang dapat dijalankan adalah mencari spot foto menarik. Selain mengeksplor atraksi fotogenik, Anda dapat memanfaatkan keindahan panorama pantai dan hutan mangrove sebagai latar belakang foto Anda.

Oleh karena itu, disarankan untuk membawa kamera dengan baterai penuh dan kapasitas penyimpanan yang cukup, sehingga Anda dapat mengabadikan momen sebanyak mungkin dengan kenyamanan.

3. Ngabuburit

Jika Anda berencana berlibur selama bulan suci Ramadhan, Pantai Kertomulyo adalah pilihan yang ideal. Anda dapat menikmati suasana angin sore sambil ngabuburit bersama keluarga.

Kelebihan tempat yang sejuk dan nyaman membuatnya cocok untuk menenangkan pikiran dan menunggu waktu berbuka puasa. Banyak pengunjung yang memilih datang jalan-jalan setelah sahur, ngabuburit, dan menjelang berbuka puasa.

4. Bersantai di Pantai Kertomulyo

Setelah perjalanan yang panjang dan melelahkan, Anda mungkin merasa kelelahan. Anda dapat beristirahat sejenak di area yang disediakan atau hanya duduk-duduk di pasir. Menikmati keindahan pantai untuk menyegarkan mata dan pikiran adalah pilihan yang baik. Dengan demikian, tubuh dan pikiran akan kembali segar, siap menjalani aktivitas.

Untuk memastikan kenyamanan selama bersantai, disarankan membawa lotion anti nyamuk. Anda dapat mengaplikasikannya pada kulit untuk menghindari gangguan nyamuk selama liburan. Ini menjadi lebih penting, terutama jika ada anak-anak yang ikut serta, pastikan mereka tidak terganggu oleh gigitan nyamuk.

5. Jalan-jalan

Selain menjelajahi hutan mangrove, Anda dapat meluangkan waktu untuk menjelajahi pantai secara menyeluruh. Dengan menelusuri pantai, Anda dapat lebih memahami keunikan tempat ini.

Nikmatilah perjalanan tanpa alas kaki dan biarkan pasir halus menyentuh telapak kaki Anda. Dengan cara ini, Anda dapat mengamati keindahan pantai dari berbagai perspektif yang berbeda.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Selain pemandangan alam yang memukau, tersedia beragam fasilitas yang memastikan kenyamanan pengunjung selama berlibur.

Area parkir di Pantai Kertomulyo sangat luas, memungkinkan Anda untuk menitipkan kendaraan pribadi dengan aman. Dengan fasilitas ini, Anda tidak perlu khawatir tentang kebutuhan selama berlibur.

Kamar kecil yang tersedia juga bersih dan dapat digunakan untuk membersihkan diri atau mencuci badan setelah bermain air. Jika merasa lelah, tersedia gazebo untuk beristirahat.

Mushola dapat dengan mudah ditemukan di lokasi sebagai tempat beribadah. Jika Anda merasa lapar, Anda dapat mengunjungi tempat makan terdekat yang menyediakan beragam hidangan dan minuman lezat.

Selain itu, destinasi bahari ini sangat sesuai untuk dikunjungi bersama anak-anak, karena menyediakan berbagai permainan seperti bebek air dan kereta mini. Spot foto yang menarik juga dapat dijadikan objek atau latar belakang yang menarik.

Demikianlah penjelasan mengenai berbagai hal menarik yang perlu diketahui sebelum mengunjungi Pantai Kertomulyo di Pati. Pantai ini menyajikan beragam atraksi menarik, mulai dari jembatan, spot foto, menara, wahana seru, hingga edukasi mengenai tanaman. Selain sebagai destinasi liburan, Anda juga dapat memperoleh pengetahuan yang berharga tentang tanaman bakau yang tumbuh subur di pantai ini.

Ikuti tulisan menarik Joni Pakpahan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu