x

Iklan

Eni Lestari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 Desember 2023

Jumat, 8 Desember 2023 19:14 WIB

Pesona Air Terjun Kuta Malaka, Antara Tantangan dan Potensi Wisata yang Menarik

Provinsi Aceh memiliki berbagai potensi wisata alam yang masih terjaga dengan baik dan jarang dijelajahi oleh wisatawan, termasuk di antaranya adalah Air Terjun Kuta Malaka.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Provinsi Aceh memiliki berbagai potensi wisata alam yang masih terjaga dengan baik dan jarang dijelajahi oleh wisatawan, termasuk di antaranya adalah Air Terjun Kuta Malaka. Bagi penduduk yang tinggal di sekitar area tersebut, keberadaan air terjun ini sudah menjadi hal yang umum. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui tentang pesona tempat wisata ini.

Meskipun demikian, air terjun ini menghadirkan keindahan yang luar biasa, mampu memukau siapa pun yang menyaksikannya. Pengunjung yang mengunjungi lokasi ini pasti akan mengalami pengalaman wisata yang menarik dan tak terlupakan. Oleh karena itu, jika Anda berada di Aceh, disarankan untuk tidak melewatkan pesona eksotis dari air terjun ini.

Untuk menambah keseruan liburan, Anda dapat mengajak teman, pasangan, atau keluarga. Air terjun yang memukau ini dianggap sebagai salah satu destinasi wisata utama di Aceh. Untuk menghilangkan rasa penasaran tentang Air Terjun Kuta Malaka, berikut beberapa informasi terkait destinasi ini.

Pesona yang Menarik dari Air Terjun Kuta Malaka

1. Air Terjun Kuta Malaka Terbagi dalam Beberapa Tingkatan

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Seperti yang dilansir slot, Air Terjun Kuta Malaka memiliki tujuh tingkatan, bahkan beberapa mengklaim bahwa totalnya mencapai 20 tingkatan. Keberadaan ini menjadi salah satu keunikannya yang jarang ditemui di air terjun lainnya.

2. Ada Perbukitan yang Indah

Anda dapat menikmati keindahan Bukit Barisan yang membentang sejajar dari puncak air terjun. Dari sini, pandangan Anda akan melipatgandakan keindahan Kota Banda Aceh yang memukau.

3. Terdapat 489 Anak Tangga

Saat memasuki kawasan Air Terjun Kuta Malaka, Anda akan melalui 489 anak tangga. Desain anak tangga yang menyerupai jalur setapak ini sengaja dibuat landai, sehingga tidak memberikan kelelahan berlebih bagi para wisatawan.

Perjalanan melalui lintasan anak tangga di sana menjadi nyaman karena dilindungi oleh rimbunnya pepohonan. Suara siulan burung menyambut wisatawan, seolah-olah menjadi nyanyian khas dari Gunung Kuta Malaka.

4. Air Telaga yang Jernih dan Sejuk

Daya tarik lain dari tempat wisata alam ini adalah kejernihan dan kesegaran air telaganya. Sumber air berasal dari pegunungan, menjadikan kondisi airnya sangat jernih dan menyegarkan.

Kejernihan air tersebut menciptakan bayangan dasar telaga yang berwarna kehijauan hingga ke permukaan. Telaga ini memiliki kedalaman antara 100 hingga 200 meter dan lebar 200 hingga 300 meter.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Secara administratif, Air Terjun Kuta Malaka terletak di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, lebih tepatnya di Desa Samahani, Kecamatan Kuta Malaka. Untuk mencapai lokasi wisata ini, wisatawan perlu menempuh perjalanan sekitar 40 km atau sekitar 1 jam dari Banda Aceh.

Meskipun jarak perjalanan dari Banda Aceh ke lokasi wisata tidak terlalu jauh, medan yang sulit dan ekstrim dapat membuat perjalanan wisatawan yang menuju air terjun memakan waktu berjam-jam.

Diperlukan usaha ekstra dan kondisi fisik yang prima untuk mencapai lokasi air terjun. Selama perjalanan dari Kota Banda Aceh ke Desa Samahani, kondisi jalan tergolong baik.

Petualangan sebenarnya dimulai saat perjalanan dari Desa Samahani menuju lokasi wisata Air Terjun Kuta Malaka. Wisatawan akan melewati jalanan perbukitan dengan kondisi jalan berupa tanah.

Tidak hanya itu, hadirnya tikungan tajam, tanjakan, turunan, dan jalanan yang tidak rata menambah tantangan tersendiri. Beberapa wisatawan bahkan rela berjalan kaki dan mendorong kendaraan melintasi anak sungai.

Sesampainya di puncak bukit, Anda akan menemukan area parkir kendaraan yang ditandai dengan bangunan tembok, menandakan bahwa lokasi wisata tidak jauh. Namun, wisatawan harus menuruni ratusan anak tangga terlebih dahulu untuk mencapai lokasi air terjun.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun

Untuk memasuki kawasan wisata alam ini, wisatawan diharuskan membayar biaya retribusi terlebih dahulu. Biaya retribusi di Air Terjun Kuta Malaka ini cukup terjangkau, dengan setiap wisatawan hanya perlu membayar 10 ribu rupiah.

Biaya tersebut sudah termasuk dalam parkir kendaraan, jadi jika Anda tidak membawa kendaraan, biaya retribusi yang dikenakan hanya 5 ribu rupiah. Dengan begitu, Anda tidak perlu menunggu memiliki banyak uang untuk menikmati liburan di air terjun ini.

Wisata menakjubkan ini buka setiap hari dari pagi hingga sore. Namun, mengingat lokasinya yang terisolir dan jauh dari pemukiman, disarankan untuk mengunjunginya pada hari libur nasional atau akhir pekan.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pagi atau petang hari. Dengan demikian, Anda dapat menikmati perjalanan dan keindahan pemandangan sepanjang jalan menuju tempat wisata.

Ragam Aktivitas Seru di Air Terjun Kuta Malaka

1. Bermain Air dan Berenang

Sebagai kewajiban bagi wisatawan yang mengunjungi Air Terjun Kuta Malaka, berenang menjadi kegiatan yang sangat disarankan. Jika Anda mahir berenang, Anda dapat menikmati kegiatan ini secara memuaskan di telaga air terjun, yang tentu akan memberikan kesegaran saat cuaca sedang panas.

Selain berenang, Anda juga dapat bermain perosotan dari tingkatan paling atas air terjun dan melompat ke telaga di bawahnya. Dengan variasi tingkatan yang berbeda, Anda bebas menikmati kegembiraan bermain perosotan dan berenang.

2. Menikmati Pemandangan Alam yang Indah

Jika Anda ingin menghindari kebasahan di Air Terjun Kuta Malaka, Anda dapat menikmati keindahan alam sekitar dengan duduk santai di tepi telaga. Rendam sebagian kaki Anda untuk merasakan kesegaran air yang berasal dari sumber mata air di pegunungan.

Anda akan disuguhi pesona alam yang masih alami, hijau, dan rindang karena dipenuhi oleh vegetasi yang melimpah. Suara burung berkicau akan menjadi teman setia yang menambah keelokan air terjun. Objek wisata ini sangat cocok untuk menyegarkan diri setelah menjalani kegiatan sehari-hari yang melelahkan.

3. Hunting Foto

Berpose di depan kamera tampaknya menjadi kegiatan yang tak terhindarkan ketika Anda berada di tempat wisata ini. Ambil foto dengan latar belakang air terjun atau telaga alami, seakan-akan Anda berada di kolam pribadi yang terbuka. Namun, berhati-hatilah saat membawa kamera atau ponsel, karena ada risiko kerusakan akibat tercebur ke dalam air.

4. Berkemah

Untuk merasakan atmosfer Air Terjun Kuta Malaka di malam hari, Anda dapat mengadakan kegiatan berkemah. Lebih baik jika tidak melakukannya sendirian, tetapi ajaklah beberapa orang lain. Pastikan membawa perlengkapan berkemah dari rumah, karena tidak ada tempat sewa perlengkapan di sana.

Jangan lupa membawa beberapa cemilan untuk dinikmati sambil menyalakan api unggun. Berkemah di sekitar air terjun ini pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Fasilitas di Air Terjun Kuta Malaka terbatas. Jalanan berupa tanah merah cukup memberikan kendala bagi wisatawan yang hendak mengunjungi tempat ini. Hanya tersedia area parkir dengan jarak sekitar 200 m dari lokasi wisata, sementara fasilitas seperti warung, tempat ganti, dan toilet umum belum tersedia.

Oleh karena itu, wisatawan disarankan untuk menyiapkan perbekalan sendiri untuk mengatasi kehausan dan lapar. Untuk wisatawan muslim yang ingin beribadah, beberapa masjid tersedia di Desa Samahani. Sayangnya, belum ada pagar pembatas di tepi telaga untuk keamanan wisatawan. Meskipun fasilitas terbatas, anak tangga dengan beton sudah disediakan.

Meskipun adanya keterbatasan fasilitas bisa menjadi hambatan bagi wisatawan, potensi wisata yang ditawarkan di Air Terjun Kuta Malaka tidak akan mengecewakan. Harapannya, pengelolaan yang lebih optimal dari pemerintah setempat di masa depan akan menarik lebih banyak wisatawan, baik lokal maupun internasional.

Demikianlah berbagai informasi penting dan menarik terkait Air Terjun Kuta Malaka di Aceh Besar. Mengunjungi tempat wisata alam ini dapat menjadi solusi untuk membuat liburan Anda lebih berkesan dan tidak membosankan.

Ikuti tulisan menarik Eni Lestari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu