x

Iklan

Futihatul Jannah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Desember 2023

Senin, 5 Februari 2024 08:05 WIB

Puskesmas Banguntapan III Inspeksi Kesehatan Lingkungan MTsN 9 Bantul


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bantul –  Puskesmas Banguntapan III inspeksi kesehatan lingkungan di MTsN 9 Bantul, Selasa (23/01/2024). Inspeksi kesehatan lingkungan dilakukan oleh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Banguntapan III, salah satunya ke lingkungan sekolah. Hal ini merupakan salah satu bentuk kerja sama MTsN 9 Bantul dengan Puskesmas Banguntapan III untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Inspeksi dihadiri Siti Nur dan 2 mahasiswa magang dari USTIKes Surya Global Yogyakarta. Mereka didampingi Sinta Herahmawati, S.Pd., selaku Koordinator Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Inspeksi dilakukan di lingkungan mardrasah seperti di kelas, ruang guru, toilet, taman, kantin, UKS, Tempat Pembuangan Sampah (TPU) sementara dan lapangan. Mereka mengamati pencahayaan ruangan, tingkat kebisingan, sanitasi air, kesehatan jajanan kantin, sumber air bersih, sirkulasi udar, kebersihan udara, dan pengelolaan sampah di madrasah. Mereka juga mengecek alat-alat kesehatan dan obat-obat di UKS serta alat keselamatan bekerja seperti tabung pemadam kebakaran. Tujuan kegiatan ini untuk mengetahui keadaan lingkungan madrasah apakah sudah memenuhi standar kesehatan atau belum.

“Madrasah perlu membuat titik kumpul bencana dan jalur evakuasi untuk mempermudah warga MTsN 9 Bantul jika terjadi bencana alam,” tutur Siti Nur.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut Sinta, hasil inspeksi kesehatan lingkungan secara keseluruhan sudah baik, bersih, dan tertata rapi. Sarana kebersihan sudah baik terdapat wastafel, sabun cuci tangan, dan bak sampah yang sudah dipilah antara organik dan nonorganik, serta terdapat bank sampah untuk menampung sampah yang dapat di daur ulang lagi. Ia juga mengatakan bahwa yang perlu diperbaiki adalah kebersihan toilet siswa yang masih kurang, pencahayaan di kelas, dan pembuatan titik kumpul bencana serta jalur evakuasi.

Siti Solichah, S.Pd., selaku Kepala MTsN 9 Bantul, mengatakan bahwa ia sangat mendukung inspeksi ini agar madrasah dapat mengetahui kekurangannya dalam meningkatkan kesehatan warga madrasah. Ia juga akan berusaha untuk memperbaiki kekurangan-kekurangannya sehingga MTsN 9 Bantul dapat menjadi madrasah yang sehat.

 

“Terima kasih kepada petugas Puskesmas Banguntapan III yang sudah bekerja sama dengan MTsN 9 Bantul dalam meningkatkan kesehatan masyarakat,” tutur Solichah. (gas)

Ikuti tulisan menarik Futihatul Jannah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler