x

Iklan

Jujun

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Maret 2024

Rabu, 13 Maret 2024 05:44 WIB

Menikmati Konservasi Bakau dan Hebitat Burung di Pantai Muara Beting, Bekasi

Pantai Muara Beting merupakan destinasi liburan yang menarik di Bekasi, Jawa Barat. Terletak di daerah yang padat di sekitar megapolitan Jakarta

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seperti yang dilansir alexistogel Pantai Muara Beting merupakan destinasi liburan yang menarik di Bekasi, Jawa Barat. Terletak di daerah yang padat di sekitar megapolitan Jakarta, citranya yang identik dengan asap pabrik dan suhu panas dapat mengubah suasana hati secara tiba-tiba.

Namun, terdapat fakta menarik bahwa Bekasi menyediakan destinasi alam berupa pantai sebagai sarana untuk warganya melepaskan kepenatan. Jika memiliki kesempatan, mengunjungi wisata bahari ini sebelum kembali ke kota asal dapat menjadi tambahan menarik dalam daftar kunjungan. Bagi warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin menikmati keindahan alam, tidak perlu melakukan perjalanan jauh.

Hanya perlu meluangkan waktu sejenak dari kesibukan kota dan mengarahkan perjalanan ke Muara Gembong untuk menikmati ketenangan di tepi pantai setelah beraktivitas sebagai warga kota yang sibuk bekerja.

Daya Tarik yang Ditawarkan Pantai Muara Beting

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebagai salah satu daya tarik utama di Jawa Barat, pantai eksotis ini menjanjikan pengalaman menarik bagi semua pengunjung. Selain itu, terdapat beragam fakta menarik lainnya yang dapat ditemukan. Dengan melihat berbagai aspek menariknya, berikut beberapa di antaranya:

1. Konservasi Bakau

Aspek menarik pertama adalah kepemilikan tanah seluas 70 hektar yang digunakan sebagai lahan konservasi untuk tanaman bakau. Ini merupakan inisiatif pemerintah dalam menjaga lingkungan di Bekasi, yang merupakan fakta menarik yang patut Anda ketahui.

Selain menikmati keindahan Pantai Muara Beting Bekasi sambil bercanda bersama teman, Anda juga bisa sesekali menyempatkan diri untuk menyendiri dari kesibukan dan keramaian. Daripada hanya melihat kemacetan lalu lintas yang padat, nikmatilah hembusan angin di antara pepohonan bakau.

2. Habitat Banyak Jenis Burung

Kawasan wisata Pantai Muara Beting ini berada tidak terlalu jauh dari megapolitan Jakarta. Namun, Anda dapat menemukan berbagai spesies burung di sana, mulai dari camar, bangau, hingga burung kuntul.

Semua makhluk hidup di alam dengan keadaan alaminya, dan Anda dapat dengan mudah menyaksikan mereka beterbangan serta mendengarkan kicauan mereka di antara suara deru ombak pantai. Hanya dengan sebentar menghindar dari kesibukan kota, Anda akan merasakan kesegaran pada pikiran dan hati.

3. Pasir Berwarna Coklat

Salah satu aspek menarik terakhir adalah warna pasirnya yang cenderung gelap kehitaman, yang berbeda dari banyak destinasi sejenis yang bangga dengan pasir putihnya. Meskipun berbeda, warna pasir yang cenderung gelap tetap menyenangkan untuk dinikmati.

Berbagai aspek menarik di atas menjadi alasan mengapa orang ingin mengunjungi Bekasi dan menikmati keindahannya. Tanpa perlu melakukan perjalanan jauh ke luar kota atau pulau, Bekasi saja sudah cukup menjadi tempat untuk menyembuhkan pikiran dan hati.

Alamat dan Rute Menuju Pantai

Hal pertama yang perlu dipastikan saat menentukan rute menuju kawasan wisata Pantai Muara Beting adalah memastikan bahwa Anda sudah tiba di Bekasi terlebih dahulu.

Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke arah Ganda Agung, kemudian teruslah berjalan menuju Desa Sriamur di Babelan.

Setelah melewati desa tersebut, lanjutkan perjalanan menuju Muara Gembong, dan terus ke Desa Muara Beting, Jawa Barat. Cukup ikuti jalan atau bertanya kepada warga setempat untuk menemukan lokasi pantai.

Sebagai saran, disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua agar dapat parkir lebih dekat dengan pantai. Waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 2 jam dari pusat Kota Bekasi.

Harga Tiket Masuk Pantai Muara Beting

Awalnya, harga tiket masuk masih gratis karena pengelolaannya belum sepenuhnya terkelola dengan baik. Namun, berdasarkan informasi terbaru pada Agustus 2023, telah ditetapkan harga tiket masuk sebesar Rp20 ribu per orang.

Pantai ini beroperasi setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga 5 sore, meskipun ada yang mengklaim bahwa pantai buka selama 24 jam. Kami menyarankan untuk mengunjungi pantai pada siang hari agar tetap memperoleh keamanan dan kenyamanan yang optimal.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Terdapat beragam aktivitas seru yang dapat dilakukan di Pantai Muara Beting Bekasi, Jawa Barat. Berikut beberapa referensi aktivitas yang menarik:

Naik Perahu

Pengelola setempat menyediakan layanan penyusuran Pantai Muara Beting Bekasi dengan perahu, dengan biaya khusus sebesar Rp25 ribu hingga Rp30 ribu per perahu atau getek.

Jika datang dalam rombongan, Anda dapat mengajak penumpang lain untuk berbagi biaya sewa perahu. Kunjungan pada pagi hari akan lebih menyenangkan karena Anda dapat menikmati pemandangan dan udara yang masih segar.

Berfoto Selfie di Area Pantai Muara Beting

Hal yang tidak boleh dilewatkan oleh para wisatawan muda zaman sekarang adalah mengambil foto di setiap Pantai Muara Beting. Mengambil foto secara estetik memberikan kenangan yang berharga untuk disimpan secara pribadi atau diunggah ke media sosial.

Mengabadikan momen dalam sebuah gambar adalah salah satu cara untuk berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Ketika Anda melihat kembali foto-foto tersebut suatu saat nanti, kenangan kebahagiaan akan terungkap kembali.

Main Air

Hal yang penting dan tidak boleh terlewatkan saat mengunjungi pantai adalah bermain air. Hal ini juga berlaku saat mengunjungi destinasi andalan Bekasi yang menampilkan air pantai berwarna biru bening.

Berbagai aktivitas seru dan menyenangkan di atas dapat membantu menghilangkan kepenatan setelah lima hari bekerja dalam seminggu. Berurusan dengan kemacetan dan padatnya jalan raya pun dapat terlupakan seketika saat bermain di pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Destinasi wisata ini telah dilengkapi dengan beragam fasilitas yang nyaman bagi para pengunjung. Anda dapat menggunakan toilet, beribadah di mushola, menikmati makanan di berbagai tempat makan, dan lain sebagainya.

Tersedia area parkir yang aman untuk kendaraan serta gazebo sebagai tempat duduk santai sambil menunggu anak bermain. Berbagai daya tarik dan aktivitas menarik di Pantai Muara Beting menjadi alasan utama banyak pengunjung datang ke Bekasi.

Ikuti tulisan menarik Jujun lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB