x

Iklan

Feriyanto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 Maret 2024

Rabu, 13 Maret 2024 11:54 WIB

Menikmati Panorama Biota Laut di Pulau Karang, Tapanuli Tengah

Pulau Karang yang terletak di Provinsi Sumatera Utara adalah sebuah tujuan wisata yang menarik bagi para pecinta alam. Keindahan alamnya yang unik, termasuk pantai berpasir putih yang luas, menjadi daya tarik utama yang memikat para pengunjung.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pulau Karang yang terletak di Provinsi Sumatera Utara adalah sebuah tujuan wisata yang menarik bagi para pecinta alam. Keindahan alamnya yang unik, termasuk pantai berpasir putih yang luas, menjadi daya tarik utama yang memikat para pengunjung.

Di tepi pantai terhampar pasir putih yang memikat. Airnya tampak biru, bening, dan hangat, memberikan daya tarik tersendiri. Ombak yang cenderung kecil dan stabil menjadikannya tempat yang aman dan nyaman bagi seluruh anggota keluarga yang ingin menikmati bermain di air.

Pemandangan yang menyejukkan memberikan ketenangan pikiran, memungkinkan Anda merasa lebih rileks dan santai. Menghabiskan waktu liburan di tempat ini merupakan alternatif yang baik untuk mengisi ulang energi setelah kesibukan sehari-hari.

Daya Tarik yang Ditawarkan Pulau Karang

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebagai destinasi wisata bahari, daya tarik utama yang dapat Anda temui di pulau ini adalah pantai yang bersih dan berpasir putih. Di sepanjang tepi pulau, terdapat deretan pohon kelapa yang menjulang tinggi.

Airnya yang biru, bersih, dan jernih memberikan pandangan yang jelas untuk melihat kehidupan bawah lautnya. Meskipun biota laut di sekitar pulau masih terbatas, Anda dapat menemukan berbagai hewan laut yang berwarna-warni berenang di sekitar.

Pulau Mungil Tidak Berpenghuni

Daya tarik utama dari Pulau Karang Tapanuli Tengah ini adalah ketiadaan penghuni. Tidak ada penduduk yang tinggal di pulau tersebut.

Kondisi pulau umumnya tenang, terutama pada hari-hari biasa, namun akan menjadi lebih ramai pada hari libur atau akhir pekan.

Jika Anda menginginkan suasana yang tenang, disarankan untuk mengunjungi pulau pada hari-hari biasa. Anda dapat menikmati suasana sepi yang membuat pulau terasa seperti milik sendiri.

Pulau Tanpa Karang

Meskipun dinamai Pulau Karang, pulau ini tidak memiliki banyak area yang ditutupi oleh terumbu karang. Konon, terumbu karang yang dulu tersebar di pulau ini telah mengalami kerusakan karena praktik penangkapan ikan dengan menggunakan bom. 

Akibatnya, terumbu karang yang tersisa mengalami kerusakan yang signifikan dan kini hadir dalam jumlah yang sangat terbatas.

Meskipun karangnya tidak begitu banyak, keindahan pemandangan tersebar luas di seluruh area pulau. Hal ini berarti terdapat banyak spot menarik yang dapat diabadikan dan dibagikan di akun media sosial.

Bebas dari Hewan Pengganggu

Kondisi alam yang aman menjadi daya tarik bagi pengunjung yang ingin berkemah di Pulau Karang. Tidak ada hewan melata berbahaya seperti ular yang ditemukan di sana.

Faktor keamanan ini membuatnya menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk dijadikan tujuan wisata bagi seluruh anggota keluarga.

Alamat dan Rute Menuju Pulau

Kawasan wisata Pulau Karang terletak di Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara, khususnya di Sitiris Tiris, Kecamatan Andam Dewi.

Jarak tempuh menuju tempat ini cukup jauh, sekitar 275 km. Perjalanan tersebut dapat ditempuh dalam waktu sekitar 8-9 jam melalui jalur darat, tergantung pada rute yang digunakan.

Dari Barus, Anda dapat menuju langsung ke area pelabuhan yang terletak di Desa Darusalam, Pasar Sorkam.

Di pelabuhan tersebut, Anda akan menemukan deretan kapal boat yang dimiliki oleh nelayan lokal, yang akan mengantarkan Anda ke tujuan dalam waktu sekitar 20-30 menit.

Biaya Wisata ke Pulau Karang

Untuk masuk ke pulau, tidak dikenakan biaya tiket masuk, alias gratis. Anda hanya perlu menyiapkan dana untuk kebutuhan selama berada di pulau, seperti membeli makanan dan buah kelapa segar.

Biaya utama yang perlu dipersiapkan adalah untuk transportasi kapal dari Barus. Biaya sewa kapal boat untuk perjalanan pulang-pergi berkisar antara 400 hingga 500 ribu rupiah per kapal. Setiap kapal dapat menampung hingga 15 penumpang dewasa.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Di pulau ini, Anda dapat menikmati berbagai aktivitas menarik, antara lain:

1. Menikmati Keindahan Pantai dan Pulau

Keindahan pasir putih dan deretan pulau kelapa adalah hal yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Kontrasnya antara pemandangan pantai yang biru dengan hijaunya Pulau Karang membawa pesona tersendiri.

2. Bermain Air di Pulau Karang

Ketika airnya begitu jernih, mengundang untuk berendam di dalamnya. Anak-anak dapat berenang dengan aman sambil bermain di tepi pasir. Suhu air yang hangat juga membuatnya nyaman bagi seluruh anggota keluarga.

Bagi para pencinta snorkeling, Pulau Karang di Tapanuli Tengah menawarkan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Meskipun biota lautnya terbatas, Anda akan menemukan kejutan-kejutan indah dari hewan laut yang ada.

3. Mengelilingi Pulau

Dengan diameter pulau yang tidak lebih dari 1,5 km, Anda dapat dengan mudah mengelilingi pulau tersebut. Jangan lupa untuk meredakan dahaga dengan menikmati segarnya air kelapa muda yang tersedia dari pedagang di sana.

4. Kemah

Persiapkan perlengkapan untuk berkemah di Pulau Karang Tapanuli Tengah ini. Kondisi pulau yang bebas dari hewan buas membuatnya aman digunakan sebagai lokasi berkemah.

Manfaatkan kesempatan ini untuk mengabadikan keindahan matahari terbenam dan terbit dengan kamera.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Pengelolaan kawasan wisata Pulau Karang sebagai destinasi wisata memang belum mendapat perhatian maksimal dari pihak terkait. Hal ini berarti bahwa fasilitas di tempat ini masih terbatas.

Fasilitas seperti toilet masih terbatas, namun Anda dapat menemukan pos jaga dan rumah di pulau, sehingga para pengunjung yang memilih untuk berkemah tidak akan merasa sendirian.

Juga terdapat pedagang yang menjual berbagai barang dagangan seperti makanan dan kelapa muda untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Belakangan ini, tempat wisata ini mulai mendapat perhatian lebih.

Beberapa pengembangan telah dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan berwisata, seperti pengadaan tempat swafoto dan penyediaan sarana pendukung seperti pelampung untuk keamanan pengunjung yang akan menyeberang.

Meskipun fasilitas yang tersedia belum optimal, terlihat ada peningkatan yang nyata dibandingkan sebelumnya.

Demikian ulasan tentang Menikmati Panorama Biota Laut di Pulau Karang, Tapanuli Tengah seperti yang dilansir alexistogel, semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Feriyanto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 jam lalu

Terpopuler