Empat Cara Marketing Gratis untuk Pemula yang Sering Disepelekan

Sabtu, 22 Juni 2024 18:26 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kegiatan pemasaran sangat krusial bagi seorang pebisnis. Strategi pemasaran harus dipikirkan matang agar produk kita bisa dikenal pasar.

Masalah yang sering dihadapi oleh pebisnis pemula adalah di sektor pemasaran, meski terkadang kita masih ragu dengan kualitas produk kita akan tetapi untuk kualitas produk bisa kita siasati dengan berjalannya waktu.

Dalam memulai usaha produk yang akan kita pasarkan memang menjadi faktor utama apakah produk kita diterima atau tidak oleh pasar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Meski banyak produk serupa, bukan berarti kita tidak bisa bersaing produk yang yang sudah ada dan sudah punya nama, keberadaan produk yang serupa bisa menjadi ajang kita untuk membandingkan dengan produk kita.

Selain produk produk yang bisa diterima pasar, alasan kegagalan suatu bisnis atau usaha biasanya terletak pada tahap promosi atau marketing.

Kegiatan marketing sangat krusial bagi seorang bisnisman, strategi marketing harus dipikirkan dengan matang agar produk kita bisa dikenal oleh pasar.

Untuk itu kita perlu menyusun strategi bagaimana agar produk kita bisa menjadi top of mind di tengah banyaknya produk serupa.

Bagi anda yang ingin mempromosikan produk dengan gratis anda bisa memanfaatkan media yang anda miliki. Terdapat media yang banyak disepelekan padahal memiliki dampak yang signifikan jika kita bisa memaksimalkannya.

Berikut ini teknik marketing dengan biaya minim yang bisa anda lakukan, terutama bagi anda yang baru memulai bisnis.

  1. Marketing Organik

Teknik marketing yang pertama yang sering disepelekan adalah teknik marketing dari mulut ke mulut. Marketing ini sangat efektif bagi anda yang baru memulai membangun bisnis.

Dalam mempromosikan produk anda hal yang harus diperhatikan adalah kepuasan dari pelanggan anda, jika pelanggan pertama anda merasa puas, sudah pasti pelanggan tersebut akan merekomendasikan produk anda ke teman atau kerabatnya.

Lebih efektif lagi jika anda memberikan benefit bagi para pembeli pertama anda, dengan sistem affiliate atau memberikan diskon jika pembeli pertama anda merekomendasikan produk anda ke orang lain.

  1. Konten Media Sosial

Era digital seperti sekarang, media sosial menjadi media yang harus anda gunakan untuk mempromosikan produk anda. Era media sosial sekarang banyak diantara kita yang mencari rekomendasi produk dari media sosial. Hal ini bisa anda manfaatkan untuk mempromosikan produk anda.

Terlebih jika konten yang anda buat banyak disukai oleh audiens dan viral, bukan tidak mungkin anda akan mendapat banjir orderan dari media sosial.

  1. Komunitas Marketing

Selain marketing organik dan media sosial, mengetahui target pasar juga sangat penting. Anda bisa masuk di komunitas yang sesuai dengan produk anda.

Produk yang sesuai dengan suatu komunitas akan sangat efektif jika anda mempromosikan produk anda, karena di komunitas tersebut memang produk anda yang dicari.

  1. Join Komunitas Sesuai Usaha

Join komunitas sesuai dengan usaha anda juga sangat efektif untuk mempromosikan produk anda, untuk tip ini lebih kepada sharing pengalaman dan berbagi project dengan pengusaha lain atau saling berbagi informasi produk apa yang sedang diminati pasar.

Dari keempat tip tersebut anda bisa gunakan untuk memulai mempromosikan produk anda. Kuncinya adalah gunakan media sebanyak mungkin untuk mempromosikan produk anda agar orang lain mengetahui dan tertarik dengan produk anda.

 

Bagikan Artikel Ini
img-content
Muhammad Rizal Firdaus

Content Writer, Copywriter, Graphic Designer, and Creator Digital

1 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
Lihat semua