x

Iklan


Bergabung Sejak: 1 Januari 1970

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Jakarta Stock Exchange dan Jenis Karakter Saham

Jakarta Stock Exchange - Investasi merupakan aktivitas dimana seorang penanam modal atau investor menanamkan modal di pada suatu instrumen. Saham adalah

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jakarta Stock Exchange - Investasi merupakan aktivitas dimana seorang penanam modal atau investor menanamkan modal di pada suatu instrumen. Saham adalah salah satu instrumen investasi dan tanda penyertaan atau kepemilikan dari suatu badan atau perusahaan. Besar saham bagi setiap perusahaan selalu bergerak dan sebelum seseorang membeli atau menjual saham, terlebih dahulu harus melihat bursa efek misalnya di Jakarta Stock Exchange atau Bursa Efek Jakarta yang merupakan suatu bursa saham yang berada di Jakarta. 

Berdasarkan karakteristiknya, terdapat 2 jenis saham yang dapat dilihat dan dibeli ataupun di jual di Stock Exchange Jakarta yaitu saham biasa dan saham preferen. Saham biasa adalah jenis efek yang paling sering dipergunakan emiten untuk dapat memperoleh dana dari masyarakat serta merupakan jenis saham yang paling popular di pasar modal dan pemegang saham memiliki kewajiban yang terbatas. Hak suara ditetapkan pada Rapat Umum Pemegang Saham dan akan diutamakan untuk memesan efek terlebih dahulu apabila emiten menerbitkan saham yang baru. Namun, jika suatu perusahaan bangkrut, kerugian maksimal yang ditanggung pemegang saham yaitu sebesar investasi yang dilakukan.

Kedua adalah saham preferen atau saham campuran karena memiliki karakteristik dari obligasi dan saham biasa serta dapat menghasilkan pendapatan tetap. Keunggulan dibandingkan dengan jenis saham biasa adalah saham ini mempunyai sifat kumulatif terhadap dividen yang dibagikan. Pemegang saham preferen berpeluang untuk memperoleh tambahan dividen jika target tercapai namun pemegang usaha tidak dapat memberikan suara dalam RUPS. 

Jika Anda membeli saham preferen di Jakarta Stock Exchange, dan apabila terjadi kesepakatan awal diantara penerbit dan pemegang saham, maka jenis saham tersebut dapat diubah untuk menjadi saham biasa. Untuk dapat memantai perubahan saham yang terjadi para bursa saham, Anda dapat memantaunya di IDN Financial yang merupakan platform keuangan yang terbaik di Indonesia. Di IDN Financials, Anda juga dapat mengetahui keadaan ekonomi yang terjadi saat ini sehingga dapat menentukan kapan waktu yang tepat untuk membeli ataupun menjual saham. Jadi, gunakan platform IDN Financial sebelum Anda berinvestasi agar Anda tepat dan sesuai dengan keadaan ekonomi yang sedang berlangsung. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Jumat, 23 Februari 2024 20:47 WIB

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Jumat, 23 Februari 2024 20:47 WIB