x

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat memanen padi di Desa Ngompro, Kecamatan Pangkur, Ngawi. TEMPO/Nofika Dian Nugroho

Iklan

Haris Oematan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Villages Knowledge Center (Pusat Pengetahuan Desa

Harapan ini muncul saat Bappenas menyampaikan gagasan tentang “Pusat Pengetahuan Desa”.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Villages Knowledge Center

(Pusat Pengetahuan Desa)

 

Mendengar judul ini, saya teringat lagu Desaku yang kucinta, ciptaan L. Manik. Desa adalah tempat saya dibesarkan.  Desa membelajarkan saya untuk berbudaya, belajar berbahasa dan membaca, mengenal berhitung dan memahami alam dan lingkungan.  Pertanyaannya, kenapa masyarakat kami masih dililit kebodohan dan kemiskinan. Kenapa orang desa sebagai subyek pembangunan harus tertinggal dalam kemajuan zaman ini.

Harapan ini muncul saat Bappenas menyampaikan gagasan  tentang “Pusat Pengetahuan Desa”. Desa dan masyarakatnya disarankan dibangun dengan pengetahuan.  Pengetahuan tentang tata pemerintahan yang baik, analisis potensi dan strategi pengembangan potensi ekonomi, pelayanan dasar dan perlindungan sosial. Kebijakan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat Desa, oleh Bappenas diharapkan dapat di integrasikan dalam bentuk Perpustakaan Desa. Dana Desa diharapkan dapat mengalokasikan kebijakan dan anggaran khusus untuk menyediakan akses informasi dan pengetahuan melalui buku dan internet di Desa.  

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pertemuan Pear Learning Metting atau pertemuan berbagi pengetahuan, program Perpuseru, 31 Oktober 2016, di Makasar oleh Coca Cola Foundation Indonesia. Menegaskan konsep para pakar sosiologi dan antropologi bahwa perubahan manusia dimulai dari fase berburu, bertani, tekhnologi, informasi dan akhirnya pengetahuan. Siapa yang berpengetahuan akan memiliki kapasitas yang kuat dan memiliki kekuatan dalam mengorganisir pembangunan keluarga dan desa.

Salut untuk Bappenas, semoga konsep ini segera dapat direalisasikan !

Ikuti tulisan menarik Haris Oematan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB

Terkini

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB