x

Iklan

Pevi Revina

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Mitos Tidur Siang bagi Wanita Menstruasi

pengertian menstruasi atau haid, faktor penyebab menstruasi, mitos tidur siang

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Hal yang memang normal bagi seorang wanita adalah mengalami menstruasi. Wanita yang sehat tentu akan mengalami menstruasi. Biasanya seorang gadis akan mulai menstruasi minimal ketika usianya 9 tahun.

Ada beberapa kepercayaan yang beredar di masyarakat atau yang dikenal dengan mitos-mitos tentang hal-hal tidak boleh dilakukan oleh wanita yang sedang mestruasi atau haid. Salah satu mitos tersebut adalah tidak boleh tidur siang. Akan tetapi, apakah mitos tersebut telah kita ketahui kebenarannya?

Sebelum membahas tentang mitos tidak boleh tidur siang bagi wanita yang sedang menstruasi alangkah baiknya kita mengetahui tentang apa itu menstruasi.

Beberapa faktor kesehatan pada wanita terhadap menstruasi adalah asupan gizi, makanan yang dikonsumsi, faktor keturunan hingga faktor berat badan dan tinggi badan. Perlu diketahui bahwa menstruasi akan berhenti dengan sendirinya yang disebut dengan manopause. Pengertian manopause secara jelasnya yaitu berhentinya siklus mentruasi secara fisiologis yang yang berkaitan langsung dengan usia lanjut seorang perempuan. Ketika wanita tersebut menginjak usia 45-50 tahun, maka akan mulai memasuki masa manapouse.

Pengertian lain dari menstruasi adalah perubahan fisiologis pada tubuh seorang wanita yang biasanya secara berkala dan dipengaruhi hormon reproduksi. Pada umumnya siklus menstruasi berjalan sekitar 28 hari. Akan tetapi, ada juga beberapa wanita mengalami menstruasi setiap dua bulan sekali atau tiga bulan dalam sekali, bahkan hingga mencapai enam budan setiap kalinya.

Biasanya menstruasi terjadi selama 5 hari. Namun rata-rata menstruasi dapat terjadi selama 6 hingga 7 hari. Sedangkan minimal menstruasi adalah 1 hari (24 jam) dan lamanya menstruasi adalah 15 hari. Dengan adanya menstruasi menandakan bahwa tubuh wanita tersebut berada pada kondisi yang stabil dan sinkron.

Selain itu, menstruasi yang alami setiap bulannya dapat membantu proses pelepasan bakteri yang berasal dari sistem reproduksi dan membantu tubuh menghilangkan zat besi yang berlebih, sehingga mengurangi resiko penyakit alzheimer, stroke dan jantung. Ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa kebanyakan wanita memiliki umur yang panjang dibandingkan dengan umur laki-laki. Hal ini dikarenakan banyaknya zat yang hilang pada saat wanita mengalami menstruasi.

Tak jarang masa menstruasi ini membuat wanita tidak nyaman dalam beraktivitas. Akan tetapi, ini merupakan salah satu keluhan alami yang dialami oleh kaum wanita ketika ia akan memasuki dan sedang mengalami menstruasi. Beberapa keluhan yang biasa dirasakan ketika menstruasi seperti rasa sakit pada bagian payudara, kepala terasa pusing, sakit pada bagian perut bawah dan lain - lain. Keluhan yang dialami setiap wanita tentunya bebeda-beda. Dalam beberapa keluhan yang tadi, wanita yang sedang mengalami mestruasi biasanya mengalami emosi yang tidak stabil dan sering merasa malas untuk melakukan kegiatan. Dan tidak sedikit wanita yang menghabiskan waktu hanya untuk tidur pada saat menstruasi karena beberapa keluhan yang biasanya dialami.

Mitos yang menyebutkan tidak boleh tidur siang pada saat menstruasi dikarenakan akan mengakibatkan darah naik ke kepala hanyalah mitos. Perlu diketahui bahwa belum ada penelitian yang menyatakan pengaruh tidur siang terhadap wanita yang sedang menstruasi dapat mengakibatkan darah naik ke kepala. Justru ketika wanita yang sedang menstruasi sebaiknya beristirahat yang cukup dalam mengatasi sindrom premenstual atau PMS.

Ikuti tulisan menarik Pevi Revina lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler