x

Iklan

Dhea

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Perencanaan Keuangan untuk Mahasiswa

Tinggal jauh dari orang tua pasti menuntutmu untuk lebih pintar dalam mengatur pengeluaran hingga akhir bulan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebagai mahasiswa, kamu pasti punya cerita dan lika-liku hidup yang cukup unik dan macem-macem, terutama kamu yang merantau. Kebanyakan pasti nggak jauh-jauh dari persoalan akademik, percintaan hingga soal perduitan. Iya nggak? Tinggal jauh dari orang tua pasti menuntutmu untuk lebih pintar dalam mengatur pengeluaran hingga akhir bulan. Jika tidak, malah menyusahkan diri sendiri dan terlilit hutang. Sementara tak jarang kamu malah banyak godaan untuk nongkrong, belanja atau liburan dengan teman-teman.

Guys, bersenang-senang di masa muda itu gak masalah kok, tapi kamu juga perlu menyiasati supaya nantinya gak besar pasak daripada tiang. Ligwina Hananto atau yang biasa disapa Mbak Wina, CEO Quantum Magma Financial membagikan cara supaya kamu bisa menjadi mahasiswa yang hemat, tapi juga bisa mandiri secara financial.  Mbak Wina menekankan 4 hal rencana keuangan bagi anak muda yaitu:

1.   Pandai Mengambil Keputusan

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kamu harus tahu barang yang benar-benar diperlukan dengan yang hanya diinginkan. Selain itu, dalam membeli, kamu perlu mempertimbangkan dan memperhitungkan harga dengan kualitas barang untuk menghindari kerugian. Yang terpenting, jangan mudah terpengaruh bujukan teman karena tiap-tiap dari kalian punya situasi keuangan yang berbeda.

2.    Berbagi

Meskipun memiliki dana terbatas, tapi tidak ada salahnya untuk belajar berbagi sejak dini dengan teman untuk membentuk sifat empati terhadap diri kita dan juga supaya kita bisa lebih menghargai uang. Percayalah bahwa berbagi juga bisa membantumu membuka pintu rezeki.

3.    Menabung

Meskipun menabung justru menghalangi kebiasaan hedonmu, tapi kamu perlu belajar untuk mengendalikan diri terhadap kesenangan dan sifat impulsif supaya kedepannya kamu bisa menentukan prioritas. Kebiasaan ini juga nantinya bisa membantu hidupmu jika ada hal darurat yang tidak diinginkan, misalnya gadget rusak, sakit dan lain sebagainya.

4.   Mandiri secara keuangan

Sebagai mahasiswa yang biasanya punya ide kreatif, kamu bisa menyalurkan dengan kegiatan yang bermanfaat dan menghasilkan misalnya berdagang kecil-kecilan atau magang tanpa harus mengganggu jadwal kuliah. Yang penting, kamu punya pemasukan cukup untuk mendukung kebutuhan sehari-harimu.

Selain itu, selagi muda kamu bisa memulai investasi untuk mempersiapkan rencana masa depanmu dan terlebih supaya makin mandiri secara financial. Pun modalnya juga nggak menguras kantong. Emang ada? Tak perlu khawatir. Mulai lah dengan reksadana pasar uang di IPOTPAY yang cocok buat mahasiswa.

Dengan ini, selain berinvestasi reksadana kamu juga bisa menikmati fitur pembayaran (kartu kredit, BPJS Kesehatan, PLN, dan belanja di e-commerce), pembelian (tiket, pulsa, token PLN), top-up e-wallet (GoPay, GrabPay, TCash, Mandiri ecash, OVO, PayPro), transfer dana ke semua bank tanpa limit dan biaya serta penarikan uang via ATM.

Dana idle yang ada di sini akan ditempatkan pada reksadana pasar uang (money market fund) secara otomatis untuk mendapatkan imbal hasil (return) maksimal 10% pa. Tingkat return ini jauh lebih tinggi dari bunga tabungan di bank yang hanya di bawah 1 persentase. Di sini, akan ada banyak pilihan reksadana, salah satunya Mandiri Investa Pasar Uang yang bisa jadi pilihanmu.

Mandiri Investa Pasar Uang adalah reksadana pasar uang yang merupakan investasi jangka pendek, dimana portofolionya terdiri dari instrumen pasar uang dan efek bersifat utang pilihan yang memberikan potensi keuntungan maksimal.

Mandiri Investa Pasar Uang bisa dijadikan pilihan karena Mandiri Investa Pasar Uang memberikan tingkat likuiditas yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan dana tunai dalam waktu yang singkat sekaligus memberikan tingkat pendapatan investasi yang menarik. Hanya dengan modal terjangkau Rp. 100 ribu saja, kamu sudah bisa menikmati investasi.

Ikuti tulisan menarik Dhea lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler