Tips Membangun Rumah Minimalis Sederhana dengan Budget Terbatas - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Bella Julianti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 4 Juli 2019 11:23 WIB
  • Gaya Hidup
  • Pilihan
  • Tips Membangun Rumah Minimalis Sederhana dengan Budget Terbatas

    Dibaca : 102 kali

    Setiap orang tentu mendamba memiliki sebuah hunian mandiri di masa depan. Terlepas dari besar kecil  atau mewah maupun sederhananya rumah tersebut namun bila sudah milik sendiri maka akan tenang rasanya hati. Itulah mengapa, hingga sampai saat ini, pembangunan rumah kian hari kian menjadi mimpi banyak orang. Hal ini dibuktikan dengan menjamurnya pembangunan apartemen dan bangunan perumahan di Indonesia dengan angka kenaikan yang semakin tinggi.

    Kita semua tentu paham betul bahwa harga dari sebuah rumah bukanlah perkara yang sepele. Fantastisnya nilai jual sebuah hunian membuat banyak calon penghuni rumah perlu mempertimbangkan banyak hal sebelum membangun rumah impian mereka di masa depan.

    Terutama bagi anda yang punya budget terbatas sebab ketika sudah mulai pembangunan permasalahan keuangan ini perlu disiapkan dengan sangat matang atau bila tidak mungkin bisa menghambat proses penyelesaiannya.

    Nah, bagi anda yang punya budget terbatas untuk membangun rumah impian maka di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa anda simak dengan baik agar rencana pendirian rumah tidak memakan banyak biaya.

    Pertimbangkan Memilih Lahan yang Kecil

    Bagi anda yang berencana membeli tanah kosong untuk membangun rumah impian anda maka tidak ada salahnya memulainya dengan luas tanah yang relatif kecil. Sebab dari luas yang tidak terlalu besar maka segalanya akan terasa lebih mudah. Biaya yang anda keluarkan untuk membeli tanah tersebut pun akan relatif lebih murah dibandingkan dengan membeli tanah yang luas dan besar.

    Lahan yang kecil akan tentu mengharuskan anda untuk membangun rumah dengan ukuran yang sesuai. Dari sinilah maka biaya yang dikeluarkan untuk bahan-bahan bangunan dan peralatan lainnya akan tentu jauh lebih murah. Bukan hanya itu, bangunan rumah dengan ukuran yang kecil pun akan berpengaruh terhadap beban pajak yang lebih sedikit yang anda keluarkan.

    Memilih Konsep Rumah Minimalis Sederhana

    Pembangunan rumah dengan konsep minimalis dianggap jauh lebih murah dibandingkan dengan membangun rumah dengan pretelan yang rumit dan membingungkan. Apalagi bila anda menggunakan jasa arsitektur maka semakin sulit rancangan yang dibuat maka hal ini biasanya akan semakin membuat harganya mahal.

    Nah, alih-alih membangun rumah yang rumit akan lebih baik bila anda mengusung tema model rumah minimalis sederhana yang simple. Tidak perlu khawatir konsep minimalis menjadi tren yang cukup populer dikalangan masyarakat saat ini. Hal ini dianggap mampu menyelesaikan permasalahan pembangunan rumah dengan biaya yang jauh lebih murah.

    Selain itu, konsep minimalis yang diusung pun punya ciri khas tersendiri dimana modernitas dan kesederhanaan menjadi landasan dasar dari model rumah semacam ini. Inilah mengapa banyak orang lebih memilih model rumah yang satu ini dibandingkan dengan model rumah yang terlalu rumit.

    Lakukan Riset Harga Bahan Bangunan

    Bila anda khawatir budget yang anda miliki tidak sesuai dengan realisasi dalam pembangunan rumah impian anda maka tidak ada salahnya melakukan riset pasar tentang bahan bangunan yang akan digunakan. Setidaknya lakukan studi banding pada beberapa toko bangunan ketika waktu perealisasian pembangunan rumah semakin dekat.

    Cara ini akan cukup efektif untuk menjadi patokan bagi anda dalam menyesuaikan budget dengan realisasi di pasar. Selain itu, riset ini pun akan tentu menghindarkan anda dari kemungkinan ketidak siapan rencana keuangan sebab anda sudah terjun secara langsung mengetahui harga asli yang perlu anda persiapkan.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.