Wisata Bunga Teratai Kedungdowo - Travel - www.indonesiana.id
x

Dua anak muda sedang berfoto bersama di spot foto yang ada. Pemandangan yang sangat indah dengan hamparan bunga teratai yang berwarna mearh muda. Wisata ini sangat cocok bagi masyarakat yang ingin menikwati udara yang masih segar dan alami.

Hubungan Internasional 2017

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 Juli 2019

Rabu, 10 Juli 2019 12:47 WIB
  • Travel
  • Pilihan
  • Wisata Bunga Teratai Kedungdowo

    Dibaca : 538 kali

    Wisata Bunga Teratai Kedungdowo terletak di Dukuh Jatisari RT.01/RW.03, Kedung Dowo, Andong, Boyolali. Wisata ini telah dibuka pada Juli 2018 lalu dengan jam buka mulai dari pukul 07.00-17.00 WIB. Pengunjung tidak perlu khawatir akan dikenai biaya masuk yang mahal karena pengunjung hanya dikenai biaya parkir sebesar RP.2000 saja. Wisata ini dikelola sendiri oleh masyarakat setempat dan Karang Taruna Prajamusti (Persatuan Remaja Muslim Jatisari).

    Bunga teratai yang ada tumbuh dengan sendirinya di sebuah sungai yang dulunya dijadikan pengairan sawah masyarakat, namun karena sudah kering dan akhirnya dianggurkan, maka kemudian dialihfungsikan sebagai tempat wisata. Salah satu anggota Karang Taruna Prajamusti, Tri (20) mengatakan bahwa ide awal menciptakan tempat wisata tersebut diawali dengan para pemuda Karang Taruna Prajamusti yang berfoto-foro, kemudian mengeditny dan membuat video yang kemudian di upload di media sosial, akhirnya menjadi viral dan banyak banyak masyarakat yang tertarik dan bertanya di mana tempat tersebut. Manfaat dengan adanya wisata ini sangat dirasakan oleh warga setempat. Salah satunya yaitu Ibu Luthfiah (35) yang berkata “Bermanfaat sekali bagi saya dan masyarakat sini khususnya masyarakat Jatisari karena dulunya saya nggak punya pekerjaan cuman ibu rumah tangga biasa dan sekarang bisa menghasilkan sedikit rezeki buat menambah perekonomian keluarga.”

    Pengunjung yang ingin datang harus ingat bahwa wisata ini adalah wisata musiman, untuk dapat melihat bunga teratai sebaiknya pengunjung datang di musim hujan yang biasanya dimulai dari bulan Februari hingga Oktober. Pada musim kemarau biasanya wisata ini ditutup karena bunga teratai akan layu karena air yang terus berkurang. Dan ada satu lagi nih, pengunjung yang ingin ke sini diusahakan datang di pagi hari yaitu mulai pukul 07.00-09.00 karena bunga teratai masih mekar dan kalau di siang hari bunga teratainya sudah menguncup karena panas. Pengunjung yang hobi selfie jangan khawatir karena di sini sudah disediakan beberapa spote foto yang unik dan kece tetapi masih dengan fasilitas seadanya. Dan perlu diingat juga bahwa pengunjung dilarang memetik bunga teratai yang ada. 

    Salah satu pengunjung, Rifki (17) berkata “Wisatanya bagus, indah, dan saya baru pertama kali dating ke sini dan melihat bunga teratai sebanyak ini dan harapan saya supaya pemerintah desa membantu mengelola tempat ini, ya seperti menambah tempat-tempat foto dan kalau bias menambah jembatan untuk menyebrang.” Akses untuk ke wisata bunga teratai Kedungdowo ini dapat ditempuh dengan menggunakan sepeda motor. Para warga dan juga para anggota karang taruna berharap agar kedepannya wisata ini dapat lebih dikenal oleh banyak orang dan menjadi wisata resmi Dukuh Jatisari. (Zalzadilla, Samuel, Thareq)

     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.