Beragam Jenis Kubah Masjid di Indonesia - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Bakka Hito

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 April 2020

Senin, 27 April 2020 11:39 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Beragam Jenis Kubah Masjid di Indonesia

    Dibaca : 876 kali

    Selamat pagi semuanya sobat indonesiana.id, semoga di bulan suci Ramadhan ini kita semua di beri keberkahan dan kelancara semua aktivitas  dan yang pastinya semoga puasa kita lancar, ya, sob.

    Nah, berhubung sekarang bulan Ramadahan saya akan berbagi informasi mengenai bangunan masjid atau yang lebih detailnya kubah masjid. Semoga informasi yang saya bagikan ini bisa menambah wawasan kita, ya, sob. Oke deh untuk lebih jelasnya silahkan kamu scroll ke bawah dan baca artikel ini sampai selesai, ya, sob. Cekidot.

    Masjid adalah bangunan tempat ibadah umat Islam di seluruh dunia termasuk di indonesia. Di indonesia sendiri memiliki ragam bentuk masjid, baik itu dari segi kubah maupun artistiknya. Nah, disini saya akan jelaskan jenis-jenis kubah masjid dan masing masing kekurangan dan kelebihannya.

    Kubah masjid merupakan ciri khas dari sebuah bangunan masjid. Semakin megah kubah masjid maka semakin megah masjid dan indah bangunan masjid tersebut. Di indonesia banyak masjid dengan kubah yang besar dan megah. 

    Bukan hanya sebagai simbol kemegahan dari bangunan suatu masjid saja, kubah masjid juga memiliki arti sebagai penanda kiblat atau penanda tampat keberadaan masjid untuk para musafir. Dengan adanya kubah mesjid yang menjulang tinggi kita bisa mengetahui keberadaan masjid jika kita sedang berada di tempat orang lain atau sedang dalam perjalanan.

    Selain itu kubah juga memiliki fungsi untuk pencayahaan bangunan masjid, karena  masjid yang di bangun dengan kubah dengan sisi yang diberikan ruang penerangan cahaya, akan membuat masjid menjadi lebih terang dan lebih sejuk karena ada tempat sirkulasi udara melalu sela sela pada sisi kubah itu sendiri.

    Kubah masjid ada 2 jenis menurut bahan yang digungakan untuk membangunnya. Yaitu kubah masjid yang dibangun dengan menggunakan bahan beton atau GRC dan kubah masjid yang dibangun dengan menggunakan bahan dasar baja ringan atau enamel dan galvalum. Nah berikut ulasan lebih detailnya mengenai 2 jenis kubah masjid bahan dasar beton dan baja ringan.

    1. Kubah masjid GRC (Bahan dasar dari beton)

    Kubah masjid GRC (Glassfiber Reinforced Cemen) adalah jenis kubah masjid yang dibangun dengan menggunakan bahan dasar beton. Kubah masjid jenis GRC ini banyak kita jumpai di indonesia. Dibangun dengan menggunakan bahan dasar membuat kubah masjid lebih kuat megah dan kokoh. Bahkan jenis kubah masij GRC ini lebih awet dan bertahan dari guyuran hujan dan bocor selamat puluhan tahun.

    Namun untuk membangun jenis kubah masjid dengan menggunakan bahan dasar GRC atau beton ini memerlukan  biaya yang lumayan mahal. Seperti yang kita ketahui untuk cor bangunan dengan menggunakan beton ini memerlukan biaya yang mahal.

    Selain itu, untuk membangun kubah masjid dengan menggunakan bahan dasar beton ini diperlukan perhitungan dan ketelitian ketika memangunnya. Karena jika asal-asalan kubah masjid bisa bocor dan cepat berlumut. Selain itu untuk membangun kubah masjid yang megah dengan menggunakan bahan dasar beton, pastikan pondasi bangunan masjid kuat untuk menopang beban dari kubah masjid.

    Membangun kubah masjid dengan bahan dasar beton juga harus benar benar teliti dan jangan sampai bocor, karena jika kubah masjid terjadi kebocoran di hujan yang lebat, kubah masjid ini tidak mudah untuk ditambal.

    2. Kubah Masjid Enamel dan Galvalum

    Kubah masjid enamel dan galvalum ini merupakan jenis kubah masjid yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar baja ringan. Jenis kubah masjid ini terdiri dari ukan yang paling kecil dan sampai yang paling besar. Untuk kubah masjid jenis enamel dan galvalum juga banyak yang dengan berbagai ukuran dan harga kubah masjid.

    Kubah masjid yang dibangun dengan menggunakan bahan dasar panel enamel dan galvalum atau baja ringan memiliki beban yang lebih ringan jika dibandingkan dengan jenis kubah masjid yang dibangun dengan menggunakan bahan dasar GRC. Karena bebannya ringan maka untuk pondasi bangunan masjid itu pun tidak harus ekstra kuat. 

    Selain itu kubah masjid jenis Enamel dan Galvalum di bangun dengan dana yang tidak semahal kubah masjid dari bahan dasar cor. Selain itu kubah jenis enamel dan galvalum ini di bangun dengan biaya yang lebih murah dibanginkan dengan kubah masjid yang dibangun dengan mengguankan bahan dasar GRC atau beton.

    Namun kubah masjid jenis enamel dan galvalum memiliki kekurangan yang kurang kokoh dibanding dengan kubah masjid jenis GRC. Namun kelebihan lainnya yaitu ringan dan hemat biaya.

    Selain itu kubah masjid jenisini bisa beli kubah masjid yang sudah jadi, karena jenis kubah ini banyak di jual kubah masjid.

     

    Itulah informasi yang dapat kami share semoga bermanfaat. Terima kasih

     

     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.