Indonesia Adalah Milik Kita Bersama - Analisis - www.indonesiana.id
x


Bergabung Sejak: 1 Januari 1970

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Indonesia Adalah Milik Kita Bersama

    Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menggagas aksi "Nusantara Bersatu" pada 30 November 2016 besok di seluruh wilayah Indonesia. Tema yang diangkat yaitu

    Dibaca : 5.587 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menggagas aksi "Nusantara Bersatu" pada 30 November 2016 besok di seluruh wilayah Indonesia. Tema yang diangkat yaitu Indonesia Adalah Milikku, Indonesia Adalah Milikmu dan Indonesia Adalah Milik Kita Bersama.

    Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menyusul kondisi belakangan yang berpotensi merongrong kedaulatan Tanah Air.

    Panglima TNI mengajak seluruh elemen masyarakat berkumpul di tempat terbuka seperti alun-alun atau pusat kota, dengan mengenakan ikat kepala Merah Putih. Banyak kegiatan yang bisa kita isi dalam Aksi Nusantara Bersatu, seperti pembacaan puisi, menyanyikan lagu nasional, pentas kesenian daerah dan menggelar doa bersama.

    Kita sebagai warga negara Indonesia, sudah sepatutnya mendukung aksi tersebut untuk menunjukkan bahwa bangsa Indonesia tetap bersatu meski ada pihak luar yang ingin memecah belah bangsa Indonesia. Jika ada ancaman terhadap bangsa Indonesia, maka bukan berhadapan dengan TNI saja akan tetapi berhadapan dengan seluruh rakyat Indonesia.

    Sejarah membuktikan bahwa bangsa Indonesia dapat merdeka karena pemudanya bersatu, saling bahu-membahu, bergotong-royong dan meninggalkan egonya masing-masing bersama seluruh lapisan masyarakat berjuang dalam meraih kemerdekaan Indonesia.

    Harus diingat lagi jika Aksi Nusantara Bersatu ini untuk menunjukkan kepada semua bahwa Kita Semua Satu.

    Siapa lagi yang peduli terhadap bangsa ini jika bukan kita..

    Kapan lagi peduli terhadap bangsa, jika tidak dimulai dari sekarang..

    Peduli terhadap bangsa tidak harus dengan angkat senjata dan menunggu kekacauan..

    Mulailah dengan langkah dan aksi kecil,

    begitu juga kekuatan besar bangsa Indonesia berasal dari bersatunya seluruh rakyat Indonesia.

    Ayo kita dukung dan sukseskan Aksi "Nusantara Bersatu", seluruh masyarakat bersatu dengan TNI untuk mewujudkan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai bersama.

    Ikuti tulisan menarik lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.




    Oleh: Hadirat Syukurman Gea

    1 hari lalu

    Analisis Sistem Jual-Beli Ijon pada Komoditas Mangga Berdasar Ekonomo Makro

    Dibaca : 168 kali

    Mangga merupakan salah satu komoditas buah yang digemari hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Mangga turut menyumbang perekonomian Indonesia karena menjadi komoditas yang di ekspor. Pada tahun 2015, ekspor mangga sebesar 1.515 jutatonyangsebagianbesarmerupakanjenis Mangga Gedong Gincu dan Mangga Arumanis. Kabupaten Kediri merupakan salahsatudaerahyang menjadikan mangga khususnya Mangga Podang sebagai oleh - oleh khas daerah dikarenakan banyaknya pohon mangga yang tumbuh di sekitar lereng GunungWilis.ManggaPodangkhasKediri banyak ditemukan di daerah sekitar lereng Gunung Wilis yaitu Kecamatan Banyakan, Tarokan, Grogol, Mojo, dan Semen. Semakin berkembang perekonomian suatudaerahmakasemakinberagam pula cara produsen dan konsumen melakukan jual beli.Salah satu sistem jual beli yang dilarang dalam Islam adalah jual beli yang mengandung unsur gharar. Sistem jual beli ijon adalah salah satu sistem jual beli yang mengandung unsur gharar sehingga dilarang oleh Allah SWT. Ijon berkaitan dengan perilaku produsen dan konsumen. Hal ini dapat dikaitkan dengan ekonomi mikro berupa keputusan pengusaha dan konsumen, terbentuknya harga barang atau jasa dan faktor produksi tertentu di pasar, dan alokasi sumber daya ekonomi.Penelitian ini menggunaka nmetode penelitian studi literatur. Jenis data yang digunakan berupa data sekunder dengan metode pengumpulan data berupa pengumpulan sejumlah studi pustaka. Berdasarkan studi literatur terkait sistem jual beli ijon dan ekonomi mikro, diperoleh hasil analisis bahwa sistem jual beli ijon dan ekonomi mikro saling berhubungan. Hal ini dikarenakan ijon berkaitan langsung dengan perilaku produsen dan konsumen dan ekonomi mikro turut mengatur perilaku produsen dan konsumen. Keywords: Ijon, Komoditas Mangga,Ekonomi Mikro