x

Iklan

Syarifuddin Abdullah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Doa Pergantian Tahun 2016-2017

Saya tidak punya tema spesifik untuk ditulis di malam dan menjelang pergantian tahun dari 2016 ke 2017. Karena itu saya hanya mau menuliskan doa.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ya Allah, yang Maha Agung

Seperti pada hari hari, minggu-minggu, bulan-bulan dan tahun-tahun sebelumnya, perkenankan kami dengan tulus memanjatkan puji dan syukur hanya kepada-Mu. Karena hanya perkenan-Mu-lah yang menyetir dan menjadi penentu akhir terhadap semua gerak langkah kehidupan kami.

Perkenankan pula kami dengan tulus mengirim shalawat taslim kepada Nabi-Mu Muhammad saw, dengan harapan, di akhirat kelak, kami termasuk orang-orang yang Engkau nilai layak menerima dan mendapatkan syafaat Nabi-Mu Muhammad saw.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Yang Allah, yang maha mencipta

Selama bertahun-tahun, setiap kami tentu telah berusaha melakoni kehidupan ini, bekerja dan berkreasi dengan segala kemampuan, dengan niat mendukung dan mengikuti ritme semua ciptaan-Mu: memakmurkan alam semesta. Kami berharap semua karya dan kerja kami layak meraih ridha-Mu dan berguna bagi generasi setelah kami, betapapun kecilnya, betapapun sederhananya.

Ya Allah, yang maha menuntun

Tuntunlah kami, di bidang kami masing-masing, untuk selalu mengikuti jalan yang Engkau ridhai, agar selalu awas untuk tidak dan jangan sampai menzalimi orang lain, sekecil apapun, secara langsung ataupun tidak langsung. Meskipun sering terjadi, jalan yang kami yakini Engkau ridhai, justru dibenci oleh orang lain.

Takkan ada ilmu yang kami miliki, kecuali semata karena karunia-Mu, maka tuntunlah kami untuk memanfaatkan ilmu untuk kemaslahatan orang banyak. Tuntunlah kami agar selalu tahu diri dan bersikap tawadhu dalam hal ilmu dan pengetahuan kami.

Takkan ada kekuatan fisik dan raga yang kami miliki kecuali semata karena perkenan-Mu, maka tuntunlah kami untuk memanfaatkan kekuatan fisik dan raga di jalan yang Engkau Ridhai

Takkan ada sehat yang kami nikmati selain karena perkenan-Mu, maka tuntunlah kami untuk menggunakan kesehatan untuk kepentingan hal-hal yang Engkau ridhai dan sebisa mungkin bermanfaat untuk orang banyak.

Takkan ada harta yang kami miliki kecuali karena perkenan-Mu, maka tuntunlah kami untuk selalu mampu memanfaatkan harta di jalan yang Engkau ridhai.

Ya Allah, yang maha meridhai

Takkan ada artinya seluruh gerak langkah dan napas kehidupan ini tanpa Ridha-Mu. Maka ridhailah kami, keluarga inti kami, kerabat kami, tetangga kami, sahabat kami, kolega kerja kami, dan semua orang – tanpa pandang bulu – yang pernah berjasa untuk kebaikan kami, secara langsung ataupun tidak langsung, betapapun kecilnya kebaikan mereka itu kepada kami.

Ampuni segala dosa mereka, tetap sehatkanlah mereka yang sudah sehat, sembuhkan mereka yang sedang sakit, kabulkan cita-cita dan harapan mereka yang belum tercapai, ridhai mereka semua.

Ya Allah, yang maha mendengar dan maha menerima

Dengan segala keyakinan dan iman, kami yakin Engkau akan mengabulkan doa ini.

Amin ya rabbalalamin

Syarifuddin Abdullah | Sabtu, 31 Desember 2016 /  02 Rabiul Tsani 1438H

Ikuti tulisan menarik Syarifuddin Abdullah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler