Berbagi Cerita, Berbagi perjalanan - Analisis - www.indonesiana.id
x

M Firmansyah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Berbagi Cerita, Berbagi perjalanan

    Liputan dari hotel ritz cartlon

    Dibaca : 1.705 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Berbagi Cerita dan Perjalanan dengan GrabShare, Layanan Carpool Komersial Baru dari Grab

     

    Jakarta, 13 Maret 2017 – Grab, platform aplikasi pemesanan kendaraan terkemuka di Asia Tenggara, hari ini memperkenalkan GrabShare, sebuah layanan carpool komersial pertama dari Grab yang tengah diujicoba di Jakarta. Dengan GrabShare, penumpang dapat menikmati perjalanan yang lebih nyaman dengan tarif yang lebih terjangkau, sementara mitra pengemudi akan memperoleh pendapatan lebih besar dengan menerima dua pemesanan penumpang dalam satu perjalanan. GrabShare adalah layanan transportasi ketujuh yang tersedia di Jakarta, melengkapi layanan roda empat Grab lainnya, GrabTaxi (pemesanan taksi) dan GrabCar (pemesanan mobil). 

     

    Setiap tahun, jumlah kendaraan di Jakarta terus mengalami peningkatan yang berakibat pada semakin parahnya kemacetan di ibukota. Menurut data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta, mobil berada di posisi kedua setelah sepeda motor sebagai kendaraan yang menjadi penyebab dominan kemacetan Jakarta pada 2014 dengan persentase sebesar 18,64%1.  Pada tahun yang sama, tingkat pertumbuhan mobil di kota ini telah mencapai 8,75%, menjadikannya sebagai pertumbuhan terbesar kedua setelah sepeda motor2 dan mengakibatkan kerugian masyarakat hingga Rp 150 triliun per tahun berdasarkan data Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

      

    “Grab melihat adanya peluang untuk meningkatkan kualitas perjalanan harian dan mengurangi kemacetan dengan menekan jumlah komuter yang melakukan perjalanan seorang diri, di mana banyak mobil yang seringkali hanya membawa satu orang penumpang melintasi jalan-jalan ibukota. Setelah sukses diperkenalkan di Singapura, Malaysia, dan Filipina sejak Desember 2016, GrabShare secara efektif telah menarik lebih banyak penumpang baru ke platform Grab. Dengan GrabShare, kami berharap dapat mengoptimalkan penggunaan mobil guna mengatasi kemacetan di Indonesia, terutama Jakarta sebagai salah satu kota megapolitan,” tutur Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia.   

     

    GrabShare memasangkan dua pemesanan penumpang yang memiliki rute perjalanan searah dan hanya memperbolehkan maksimal empat penumpang dalam satu perjalanan untuk memungkinkan penumpang mencapai lokasi tujuannya dengan segera namun tetap merasa nyaman sepanjang perjalanan. Sebelum sampai di tujuan, penumpang hanya akan menempuh paling banyak dua titik pemberhentian. Sebagai contoh, jika penumpang A memulai perjalanannya dan dipasangkan dengan penumpang B sesuai dengan rute yang paling efisien, maka penumpang A hanya akan berhenti dua kali untuk menjemput dan mengantarkan penumpang B.

     

    Dirancang di tiga pusat R&D Grab di Singapura, Seattle, dan Beijing, algoritma sistem pencocokan GrabShare menjamin penumpang mencapai lokasi tujuan dalam waktu sesingkat mungkin. Algoritma berperan dalam menghitung dan menentukan pencocokan dengan mempertimbangkan ketersediaan suplai mitra pengemudi yang berada dalam jarak terdekat, waktu perjalanan, rute perjalanan yang saling berkaitan, jarak perjalanan memutar, dan kondisi lalu lintas terkini sebelum mengurutkan lokasi penjemputan dan pengantaran. Bagi mitra pengemudi, GrabShare difokuskan untuk memaksimalkan potensi pendapatan dengan menekan waktu dan jarak yang ditempuh dalam satu perjalanan, sehingga memungkinkan mitra pengemudi untuk menerima lebih banyak pemesanan per jam dan meningkatkan pendapatannya seraya mengurangi konsumsi bahan bakar.  

     

    “Para komuter di Jakarta menunjukkan keterbukaan mereka terhadap carpooling dimana layanan ini menawarkan tarif perjalanan yang lebih bersahabat dan memungkinkan mereka untuk bersosialisasi dengan teman barunya. Mitra pengemudi juga memberikan tanggapan serupa dan menginginkan opsi untuk memiliki waktu jeda singkat antar perjalanan. GrabShare dirancang untuk mempertemukan kebutuhan mitra pengemudi dan penumpang untuk memberikan pengalaman carpool terbaik di Jakarta – penumpang dapat menikmati perjalanan yang menyenangkan bersama teman, sementara mitra pengemudi memperoleh pendapatan lebih besar dari perjalanan carpool yang lebih pendek,” tambah Ridzki.

    Ikuti tulisan menarik M Firmansyah lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.