x

Iklan

Pevi Revina

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Kram Perut Ketika Hamil

pengertian kram perut, penanganan kram perut

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Masa kehamilan selama kurang lebih 9 bulan lamanya harus dijaga kesehatannya oleh ibu hamil. Tugas dari sang ibu ketika dirinya dinyatakan hamil tentunya menjaga kesehatan serta perkembangan janin. Akan tetapi, tak sedikit pula berbagai gangguan kesehatan menyerang ibu hamil meskipun ibu hamil sudah berusaha untuk terus menjaga kandungannya. Salah satu gangguan kesehatan yang sering menyerang ibu hamil adalah kram perut.

Perlu diketahui bahwa kram ini dapat terjadi sewaktu-waktu dimulai ketika siklus menstruasi menghilang pada awal kehamilan hingga menjelang masa persalinan. Kram pada saat seorang wanita kehilangan siklus menstruasi mengindikasikan bahwa sedang ada proses pertumbuhan embrio di dalam rahimnya. Alih-alih menjadi pertanda buruk, hal ini merupakan pertanda baik bahwa embrio sedang berkembang secara sempurna. Sisa dari kulit folikel yang melepaskan sel telur, atau yang biasa disebut corpus luteum, berkembang dan bertambah besar. Corpus luteum ini nantinya akan menghasilkan hormon progesteron yang akan membantu selama masa kehamilan.

Produksi hormon progesteron oleh corpus luteum ini akan terhenti ketika plasenta mulai memproduksi hormon progesteronnya sendiri. Hal ini akan menyebabkan kram pada salah satu bagian perut Anda. Otot yang menopang rahim akan meregang dan melebar selama masa kehamilan. Hal ini juga dapat menjadi salah satu penyebab munculnya kram perut pada masa kehamilan. Kram pada masa masa akhir kehamilan atau menjelang persalinan dapat menjadi pertanda bahwa tubuh si ibu sudah siap untuk melahirkan. Kram yang satu ini bukan merupakan hal yang menakutkan, dan bahkan menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh calon ibu. Kram yang sangat ringan menandakan bahwa sedang terjadi kontraksi ringan yang tidak teratur. Kontraksi ringan ini merupakan sebuah proses dimana rahim sedang melakukan pemanasan unruk persalinan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Memang contoh kram di atas merupakan kram yang tidak  membahayakan. Akan Tetapi, kram perut dapat menjadi pertanda bahwa kehamilan sedang bermasalah. Kram pada awal masa kehamilan sesaaat setelah siklus menstruasi menghilang dapat menjadi pertanda bahwa mungkin terjadi kesalahan dalam perkembangan embrio. Jika Anda mengalami hal ini, segera hubungi dokter kandungan Anda. Kejadian semacam ini membutuhkan penanganan dan perawatan sesegera mungkin. Untuk memastikan apakah embrio Anda baik-baik saja dan berkembang secara semestinya, perlu dilakukan pemeriksaaan dengan gelombang ultrasonik. Kram yang memburuk dan bertambah parah pada masa awal hingga pertengahan kehamilan dapat pula menjadi pertanda jika terjadi keguguran. Terlebih jika kram ini diikuti dengan pendarahan, begitu dikutip dari American Pregnancy Association. Kram pada masa kehamilan dapat juga menandakan terjadinya kehamilan ektopik.

Pengertian dari kehamilan ektopik itu sendiri adalah kondisi kehamilan dimana sel embrio tidak berkembang di dalam rahim. Pada kehamilan ektopik, embrio biasanya menempati dan tumbuh di bagian tuba fallopi. Tuba fallopi tidak memiliki cukup ruang untuk sebuah embrio dapat berkembang. Sebagai akibatnya, si calon ibu akan mengalami kram hebat akibat dari melebar dan merenggangnya tuba fallopi. Hal ini dapat membahayakan si calon ibu bila tidak terdeteksi dan ditangani segera. Si calon ibu dapat mengalami kematian akibat dari melarnya tuba fallopi.

Kram perut hebat yang terjadi dalam kurun waktu yang tidak lama dan terjadi di antara minggu ke 20 hingga minggu ke 37 dapat mengindikasikan terjadinyapersalinan prematur. Beberapa obat-obatan diketahui dapat menghentikan pecahnya air ketuban dan membantu paru-paru janin unutk lebih siap, kalau-kalau kelahiran prematur memang terjadi. Kram pada masa akhir kehamilan, selain dapat menjadi pertanda bahwa persalinan sudah dekat, dapat pula mengindikasikan jika si janin terlilit plasenta. Janin yang terlilit plasenta dapat membahayakan baik si ibu maupun si janin itu sendiri. Jika hal ini terjadi, maka harus segera dilakukan persalinan.

Ketika Anda merasakan kram selama masa kehamilan, Anda disarankan untuk duduk dengan kedua lutut berada di posisi lurus sejajar di depan Anda. Selain itu, minumlah sebanyak mingkin dan mandilah dengan menggunakan air hangat.

Untuk itu, jangan pernah menyepelekan kram perut, meskipun Anda sudah yakin betul apa penyebab dari kram itu. Beberapa hal yang berbahaya dan mengancam seperti kehamilan ektopik tidak ditandai dengan munculnya nyeri. Penanganan yang segera dapat menyelamatkan janina serta tuba fallopi Anda. Kram yang terjadi lebih dari 8 kali dalam satu jam atau 4 kali dalam 20 menit pada usia kehamilan memasuki 20 minggu mengindikasikan bahwa Anda mungkin akan melahirkan secara prematur. Jadi ketika kram perut mulai terasa, segera konsultasikan dengan dokter.

 

Ikuti tulisan menarik Pevi Revina lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB