x

Iklan

Asep Rizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Membaca dan Implementasi dari Membaca Itu Sendiri

Dalam Islam, budaya membaca itu telah diserukan melalui "ayat" yang punya arti secara harfiah "bacalah",

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Elegy Pagi #membaca.

Dalam Islam, budaya membaca itu telah diserukan melalui "ayat" yang punya arti secara harfiah "bacalah" atau silahkan membaca dan tersebutkan sudah bahwa ayat iqraa tersebut adalah ayat pertama ketika Rasulullah Muhammad SAW pertama menerima wahyu yang dikabarkan olehnya melalui utusan tuhannya yakni malaikat jibril sebagai pengemban tugas mengabarkan kepada rasulnya.

Rekan saya, seorang pintar, dia menyebutkan bahwa "orang yang suka membaca itu tidak akan terhinggapi kebodohan dunia, dia akan bisa menghadapi hidup, menangkis serangan gejolak hidup yang keras ini dengan kiat-kiat siasat hidupnya!" ucapnya ketika itu.

Rekan saya yang lainnya menyebutkan bahwa "Manusia yang pintar itu adalah mereka yang selalu menjadikan kekuatan membaca sebagai kesehariannya!" katanya ketika saya sempat ngopi pagi denganya pada sebuah catatan keseharian.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kawan-kawan baik saya tersebut merupakan orang-orang yang sukses, menurut saya, karena keberadaan dirinya terlihat terformat apik langkah hidupnya, dengan catatan bahwa mereka ternyata memiliki sikap hebat dalam menjalankan kehidupannya.

Katagori sukses, menurut saya, mungkin berbeda dengan Anda, barangkali, yang memandang bahwa kesuksesan adalah ketika dirinya terlihat wah dengan desain rumah mewah, mobil bagus, uangnya berlimpah ruah.

Bukan itu, menurut saya, bahwa suksesnya dia menghadapi hidup ketika menyelesaikan kewajibannya sebagai seorang yang berumah tangga tanpa ada cacat catatannya ketika dia menjalankan rumah tangganya. Itu salah satu katagori sukses, menurut saya, karena dia terlihat menempatkan kebenaran sejati dalam hidupnya.

Dia tak terlihat dan tak terdengar bahwa dia merugikan orang banyak dengan gerakan hidupnya ketika dia memenuhi kebutuhannya berumah tangga ala orang kampung di Nusantara.

Dia pun menyebutkan bahwa dia gemar membaca apa saja sumber ilmu, baik itu media, buku, majalah dan segala sumber bacaan yang ada sekarang ini baik itu media online, bloger di Internet maupun sumber bacaan apa saja yang dia anggap bagus menurut falsafah hidupnya yang nan amat sederhana, yakni sukses dengan ridho Tuhan.

@by asep rizal

Keterangan foto: Ilustrasi Mencari Buku.

Ikuti tulisan menarik Asep Rizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler