x

Front Page Cantik. Pereda Sakit Kepala. shutterstock.com

Iklan

Akmal Bahtiar

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Mengurangi dan Menyembuhkan Sakit Kepala Tanpa Minum Obat

Mengatasi sakit kepala yang seringkali mengganggu, tanpa harus mengonsumsi obat dari dokter

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

1. Mengobati Sakit Kepala Melalui Minum Air Putih

Di antara faktor terjadinya sakit kepala adalah karena dehidrasi di tubuh. Dan kita pasti sudah menyadari bahwa air adalah zat yang sangat diperlukan oleh tubuh. Maka dari itu, misalnya Anda terjangkit sakit kepala, lekaslah minum air putih. Lalu rutinlah mengonsumsi air putih 8 - 10 gelas sehari agar anda jauh dari sakit kepala.

2. Menangani Sakit Kepala dengan Memakan Kentang

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain diakibatkan oleh dehidrasi, sakit kepala pun bisa diakibatkan oleh turunnya zat elektrolit semacam kalium. Nah, untuk mengatasinya tentu kita harus banyak mengkonsumsi asupan yang tinggi kandungan kalium, yakni salah satunya kentang. Sebaiknya kentang yang hendak dimakan, dimasak lewat cara dibakar pada kulitnya, atau direbus (bukan digoreng).

3. Mengatasi Sakit Kepala dengan Buah Pisang

Buah pisang memiliki berbagai khasiat, selain banyak mengandung potasium ternyata pisang juga memiliki kandungan magnesium yang dipercaya memiliki khasiat mengatasi migrain. Nah, kalau sakit kepala menyerang, Anda dapat mengonsumsi buah pisang untuk mengurangi rasa sakit pada kepala.

4. Mengurangi Sakit Kepala menggunakan Es Batu

Perlu diketahui, ternyata es batu pun bisa kita gunakan untuk meringankan rasa nyeri pada kepala. Caranya praktis, kita hanya butuh mengkompreskan es batu dengan perlahan di daerah kepala Anda yang terasa nyeri. Es batu akan mengakibatkan mati rasa di area kepala yang dirasa sakit, sehingga aka meringankan rasa sakit kepala.

5. Mengurangi Sakit Kepala melalui Makanan/Minuman yang memiliki kandungan Mint

Nah, seandainya metode ini lebih cocok kalau sakit kepala yang anda derita disebabkan oleh maag sebab melewatkan makan menyebabkan perut menjadi mual dan sakit kepala. Metode Yang paling baik untuk mengatasinya yaitu melalui cara mengkonsumsi makanan/minuman yang mengandung mint di antaranya teh pappermint dsb.

6. Mengobati Sakit Kepala dengan Kopi

Masih ingatkah anda dengan kalimat "sesuatu yang berlebihan itu tidak baik?" nah, demikian pula dengan kopi, jika kita mengkonsumsi kopi dalam porsi wajar (kira-kira 2-3 cangkir/hari), ternyata kopi pun bisa jadi solusi ketika anda merasakan sakit kepala. Sebab zat kafein di dalam kopi 40% lebih efektif untuk mengobati sakit kepala. Namun ingat, seperti dikutip dari sijai.com, dianjurkan jangan berlebihan mengonsumsi kopi karena dapat memicu sakit kepala lagi, jadi minumlah kopi tidak lebih dari 2-3 gelas per harinya.

7. Mengatasi Sakit Kepala lewat Biji Wijen

khasiat vitamin E pada biji wijen mampu membantu menstabilkan estrogen pada tubuh, sehingga akan mencegah migrain. Selain itu. biji wijen juga banyak mengandung magneisum yang juga dapat mencegah sakit kepala. Selain biji wijen, makanan seperti kacang-kacangan, minyak zaitun, dandelion, gandum, dan kentang manis, juga banyak mengandung magnesium.

8. Meringankan Sakit Kepala Lewat Mengkonsumsi Ikan

Mengkonsumsi ikan juga bisa membantu meringankan sakit kepala terutama untuk ikan yang beemak misalnya ikan salmon, makarel atau tuna yang kaya akan omega-3 dan lemak esensial yang dapat mencegah rasa neyeri yang akan menimbulkan migrain.

9. Mengatasi Sakit Kepala melalui Semangka

Semangka merupakan jenis buah-buahan yang kaya akan air, jadi bisa Anda pakai buat mengobati sakit kepala yang diakibatkan oleh dehidrasi.

10. Mengobati Sakit Kepala dengan Streching

Streching adalah olahraga peregangan (senam). Sakit kepala pun mampu diakibatkan oleh otot-otot yang tegang, jadi jika anda sakit kepala, cobalah untuk melakukan olahraga senam, atau dapat juga melalui yoga exercise.

11. Meringankan Sakit Kepala dengan Tidur Terjadwal dan Cukup

Apakah Anda tahu bahwa berlebihan tidur itu tidak benar? walaupun tidak cukup tidur juga salah, karena tidur itu harus normal. Manusia tidak mampu bekerja selama seharian penuh, karena manusia bukan mesin. Usahakan anda mempunyai kesempatan tidur yang cukup misal 7-8 jam agar anda jauh dari yang disebut sakit kepala.

12. Hindari Dalam Keadaan Tertekan

Tak jarang sakit kepala juga diakibatkan oleh otot-otot atau urat syaraf yang tegang, dalam salah satu penyebabnya karena terbebani fikiran yang akhirnya mengakibatkan kondisi psikis tertekan dan sakit kepala. Jadi disarankan, jangan terlalu sibuk dengan kesibukan. Luangkan waktu anda untuk melakukan aktivitas santai dan rileks.

13. Mengobati Sakit Kepala Melalui Biji Alpukat

Kalau penyebab sakit kepala Anda disebabkan oleh demam, Anda bisa membuat pengompres alami dari biji alpukat. Caranya, sediakan 2 biji buah alpukat lalu parut. kemudian campur dengan sedikit air, kemudian tempel pada dahi selama sekitar 1-2 jam atau setiap anda tidur di malam hari.

Nah itulah 13 cara/tips mudah mengatasi sakit kepala yang sering dialami banyak orang, terutama buat Anda yang 'ogah' minum obat yang dirangkum dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Akmal Bahtiar lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB