x

Seorang petugas membersihkan gigi anak perempuan Mallory Collins, saat berada di Remote Area Medical Clinic, Wise, 22 Juli 2017. Pemeriksaan kesehatan gratis ini yang berlangsung selama tiga hari menangani 2000 warga. REUTERS/Joshua Roberts

Iklan

Akmal Bahtiar

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Keajaiban Sel: Pabrik Raksasa yang Tidak Terlihat Oleh Mata

kita niscaya ingin mengetahui, bagaimana skema seperti demikian, yang tidak mampu dipahami secara sempurna oleh akal manusia

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bismillah,

Sebagaimana yang telah kita ketahui, bahwa tubuh kita tersusun dari jutaan sel. Banyaknya sel tersebut tidak dapat dianggap remeh. Jelaslah bahwa satu triliun merupakan bilangan yang begitu banyak. Pada tiap bagian tubuh manusia dewasa terbentuk oleh seratus triliun sel.

Namun syukurlah sel-sel ini ukurannya tidak besar, sehingga badan kita tidak memiliki ukuran besar. Contoh-contoh yang akan kita jelaskan di sini akan mempermudah kita untuk lebih tahu sungguh kecilnya sel-sel itu. Saat 1.000.000 sel-sel tubuh kita berkumpul bersama, sel-sel itu menempati sebuah tempat yang tidak lebih besar jika dibandingkan sebuah ujung jarum. Walaupun demikian ukurannya tidak besar, bentuk satu buah sel sangat sulit dipahami secara detail. Para ilmuwan masih melakukan penelitian tentang sistem yang dimiliki oleh satu sel.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sel yang pertama membentuk tubuh kita berasal dari rahim ibu kita dengan menyatunya dua sel, yang satu dikeluarkan oleh tubuh ibu kita dan satunya lagi oleh ayah kita. Sel ini terus membelah lalu berubah menjadi segumpal daging beberapa saat kemudian. Kemudian, ketika sel-sel yang membentuk daging ini terus membelah untuk membentuk sel-sel baru, tubuh kita pun mulai perlahan memiliki bentuk.

Bentuk yang berbeda dimiliki oleh setiap sel. Beberapa menjadi sel darah, beberapa menjadi sel tulang, dan lainnya menjadi sel syaraf. Ada 200 jenis sel tidak sama di dalam tubuh kita. Yang pasti, semua sel ini terdiri atas bagian-bagian yang sama, walau tiap-tiap sel nmenjalankan fungsi tidak sama. Misalnya, sel-sel otot dalam kaki kita seperti anyaman tali sehingga kita bisa berlari atau berjalan.

Berkat bentuk ini, otot-otot tangan dan kaki kita tidak robek karena peregangan yang berlebihan saat kita bermain bola. Adapun sel darah berbentuk bulat seperti piringan. Tugas mereka adalah menyalurkan O2, yang diperlukan oleh tubuh kita, lewat perantaraan pembuluh darah. Berkat bentuk mereka ini, mereka bisa dengan mudah mengalir melalui pembuluh darah bersama oksigen yang mereka bawa. Sel-sel kulit, di lain pihak, bersatu dan teratur rapat. Dengan begitu, kulit kita tidak dapat ditembus oleh kuman dan air.

Begitu juga dengan semua sel-sel yang lain. Mereka juga mempunyai bentuk yang cocok dengan tugasnya tiap-tiap sel. Namun sel-sel ini tidaklah mendapatkan bentuknya dengan kebetulan. Coba renungkan komputer, mobil, atau pesawat. Ada orang yang telah merancang bentuknya dan sistem yang dibutuhkan untuk mengoperasikan masing-masing alat ini. Seluruh perinciannya dipikirkan dan diplanningkan oleh ahli perusahaan yang membuatnya.

Mobil-mobil dibuat sehingga nyaman dan aman untuk digunakan. Televisi diproduksi sehingga bisa menampilkan gambar dan suara dengan mutu terbaik kepada penggunanya. Ini tidak hanya berlaku untuk alat-alat teknologi, melainkan juga untuk semua benda yang kita gunakan. Meja, kursi, bangunan tempat kita tinggal, pensil yang kita pakai, peralatan makan seperti sendok dan garpu di dapur kita. seluruhnya adalah hasil sebuah rancangan.

Masing-masingnya telah direncanakan dengan terperinci dan tidak ada yang terjadi karena kebetulan. Seperti yang kita ketahui, agar sebuah rancangan dan sebuah produk bisa terjadi, diperlukan akal. maka benarlah, segala ciptaan Tuhan bukanlah sebuah permainan belaka.

Sekarang, ayo kita renungkan tubuh kita. Sel-sel kita mempunyai perencanaan dan tugas yang lebih hebat dibandingkan sebuah komputer maupun peralatan teknologi mana pun. Bahkan, sel-sel itu memiliki sifat yang luar biasa, yakni dia hidup. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, semua saintifik tidak sepenuhnya mengerti sistem pada bentuk kecil yang mengagumkan itu.

kita niscaya ingin mengetahui, bagaimana skema seperti demikian, yang tidak mampu dipahami secara sempurna oleh akal manusia,dapat terbentuk pada ruang yang sempit itu?

Hal itu membuktikan kepada kita bahwa sel-sel kita telah direncanakan dan diciptakan oleh sesuatu yang memiliki kemampuan maha hebat. Pemilik kehebatan seperti demikin hanya Allah SWT, Yang telah menciptakan kita dengan sempurna sampai bagian terkecilnya.

Ikuti tulisan menarik Akmal Bahtiar lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB