x

Iklan

Candra Bi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 November 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Pengertian, Keuntungan, dan Jenis Barcode yang Perlu Dipahami

Kode batang atau populer dengan yang namanya barcode merupakan kumpulan beberapa kode yang digambarkan berupa garis lurus secara vertikal berwarna hitam putih serta memiliki ketebalan yang berbeda-beda.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pada saat kita berbelanja di mall maupun supermarket untuk membeli barang sambil membawa keranjang belanja yang sudah penuh dengan barang-barang yang kita beli. Ketika mengambil salah satu barang, dibalik kemasan barang tersebut ada sebuah gambar dengan garis-garis lurus yang berwarna hitam putih serta memiliki tebal yang berbeda.

Pengertian Barcode

Sesudah itu kemudian kita melakukan pembayaran kepada kasir, barang-barang yang tadi dibawa diambil oleh petugas kasir dan kemudian petugas tersebut menempelkan sebuah benda pada barang yang kita beli dan kemudian secara otomatis muncul harga barang yang kita beli serta berlangsung dengan sangat cepat.

Hasilnya pada saat melakukan transaksi pembayaran  kita tidak lagi perlu menunggu lama akibat adanya gambar dengan bentuk garis lurus secara vertikal yang menempel pada barang. Lalu apakah gambar tersebut sehingga transaksi pembayaran bisa berjalan dengan sangat cepat ? jawabannya adalah kode batang atau barcode.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kode batang atau populer dengan yang namanya barcode merupakan kumpulan beberapa kode yang digambarkan berupa garis lurus secara vertikal berwarna hitam putih serta memiliki ketebalan yang berbeda-beda.

Dengan hadirnya kode batang atau barcode ini dapat memudahkan seseorang dalam memasukan data, dia tidak lagi menginputkan data dengan manual melalui bantuan keyboard yang cukup memakan waktu lama.

Pada saat seseorang menginputkan banyak sekali kode barang dan hal tersebut harus dilakukan dengan keyboard tentunya sangat memakan waktu yang lama dan sangat melelahkan.

Dengan hadirnya barcode kita dapat menyingkat waktu untuk memasukan data dengan bantuan barcode scanner yang berfungsi untuk membaca baris kode pada barcode yang kita buat. Dengan bantuan scanner tersebut kita dapat menyingkat waktu untuk memasukan atau menginputkan data dengan cepat.

Cara Membaca Barcode

Seperti yang disebutkan Pakiqin.com bahwa cara untuk membaca barcode atau kode batang adalah dengan menggunakan alat yang disebut dengan barcode scanner atau barcode reader.

Ada beberapa model yang ada pada barcode scanner ini diantaranya yaitu ada yang berbentuk seperti pistol atau biasa disebut dengan handheld scanner dan ada juga bentuk lainnya yaitu berbentuk seperti pena yang biasa juga disebut dengan pen scanner atau wand scanner.

Jenis Barcode

Ada banyak sekali macam-macam dari barcode atau dikenal juga dengan istilah symbol atau symbology. Ada banyak macam-macam dari symbology diantaranya adalah sebagai berikut :

  • UPC
  • Interleaved 2 of 5
  • PostNET
  • EAN/JAN-8
  • EAN/JAN-13
  • CodaBar
  • Code 93
  • Code 128
  • UCC/EAN 128
  • BookLand
  • MSI/Plessey
  • Code 39

Diantara symbology dari barcode tersebut ada yang paling sering digunakan yaitu Universal Product Code (UPC). Tipe symbology ini banyak digunakan secara luas pada toko-toko, grosir, industri dan retail. Simbol ini juga banyak digunakan di negara Amerika Serikat dan juga kanada.

Keuntungan Mengunakan Barcode

  1. Proses dalam menginput data berjalann sangat cepat karena menggunakan barcode scanner yang jika dibandingkan dengan melakukan input data secara manual tentunya akan memakan waktu yang cukup lama.
  2. Proses dalam menginput data lebih tepat karena barcode memiliki keakuratan yang sangat tinggi dalam mencari data.
  3. Menginput data lebih akurat karena teknologi yang digunakan dalam barcode memiliki ketelitian serta akurasi yang tinggi.
  4. Menghemat biaya serta menghindari kerugian yang diakibatkan karena adanya kesalahan dalam mencatat sebuah data.
  5. Meningkatkan kinerja manajemen, dengan adanya pencatatan data yang sangat cepat, akurat dan tepat maka dalam mengambil keputusan akan berjalan dengan cepat dan tentunya akan berpengaruh dalam menentukan kebijakan yang diambil oleh perusahaan.

 

Ikuti tulisan menarik Candra Bi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler