Public Speaking, Siapa Takut?

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Public speaking merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dimiliki. Namun masih banyak orang yang ternyata merasa takut dan cemas terhadapnya

Komunikasi merupakan hal yang selalu kita temui di kehidupan sehari-hari kita. Komunikasi bisa dibilang berhasil apabila informasi yang kita sampaikan dapat diterima dengan baik oleh lawan bicara kita. Salah satu bentuk komunikasi yang sudah tidak asing kita dengar adalah public speaking. Public speaking merupakan salah satu soft skill yang wajib kita miliki demi mendukung kegiatan kita sehari-hari.

Melalui public speaking kita dapat menyampaikan pendapat kita kepada orang banyak, serta juga bisa mempengaruhi pandangan orang lain melalui opini kita. Hal itu lah yang membuat public speaking menjadi sangat penting.

Namun nyatanya, berbicara di depan umum bukanlah sesuatu yang mudah bagi orang-orang. Masih banyak orang-orang yang takut ketika harus berbicara di depan umum. Hal ini merupakan hal yang biasa kita temui pada orang-orang, bahkan para pembicara ahli pun pastinya pernah mengalami hal ini. Ketakutan berbicara di depan umum ini disebut juga dengan glossophobia. Glossophobia sendiri pun masuk dalam “Top 10 Most Common Phobias of All Time.”

Banyak faktor yang mempengaruhi glossophobia antara lain takut pendapat nya dikritik dan tidak diterima orang lain, takut salah ketika sudah berbicara di depan, sampai dikarenakan memiliki pengalaman buruk akan public speaking.

Ketakutan akan public speaking ini sebetulnya mudah untuk diatasi. Salah satu caranya adalah dengan berlatih untuk membiasakan diri berbicara di depan orang banyak. Ingat, bahwa latihan yang akan membuat kita sempurna. Para pembicara ahli yang sering kita lihat pun berawal sama seperti kita. Latihan ini bisa dimulai dari langkah kecil seperti berbicara sendiri di depan cermin. Setelah itu mulailah berlatih berbicara di depan beberapa orang teman dekat kemudian tanyakan pendapat mereka mengenai penampilan kita. Dengan berbicara di depan orang-orang terdekat kita akan membuat kita lebih nyaman sebelum kita berani maju berbicara di depan orang-orang yang tidak dikenal.

Setelah berlatih dan membiasakan diri, hal kecil penting yang perlu kita lakukan adalah membuang segala pikiran negatif. Banyak orang yang takut akan public speaking dikarenakan mereka merasa tidak mampu, mereka merasa bahwa akan tampil buruk di depan sana. Pikiran-pikiran negatif tadi pun akhirnya mempengaruhi diri serta penampilan kita. Jika ingin memberikan yang terbaik maka kita harus yakin terhadap diri kita sendiri. Jika kita sendiri tidak yakin, bagaimana orang lain akan akan yakin dengan apa yang kita sampaikan?

Karena itu, jangan takut untuk mulai bicara di depan umum. Sampaikan pendapatmu dengan sebaik mungkin. Jika tidak mulai dari sekarang, maka kapan lagi? 

Bagikan Artikel Ini
img-content
Kinsky Gisela Mentari

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

img-content

Public Speaking, Siapa Takut?

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua