x

Iklan

Ari DFG

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Langkah Awal Menjadi Seorang Motivator (Bagian Terakhir)

Ulasan terkait langkah-langkah awal untuk menjadi seorang motivator, sebagai berikut.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

ilustrasi : merdeka.com

Setelah pembahasan tentang langkah awal menjadi motivator secara umum maupun penyampaian materi pembahasannya telah disampaikan dalam artikel sebelumnya, kini kita ulas tentang bagaimana mempromosikan diri sebagai seorang motivator.

Sehingga orang lebih mengenal Anda adalah seorang motivator.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berikut beberapa langkah umum untuk mempromosikan diri Anda sebagai seorang motivator :

1. Tunjukkan potensi Anda

motto hidup singkat - Pablo Picasso

ilustrasi : kutipkata.com

Bila Anda seorang karyawan kantor cobalah gali dan tunjukkan potensi Anda dengan mengajukan diri menjadi pembicara dalam acara-acara resmi perusahaan yang melibatkan karyawan dalam jumlah besar. Selipkan pembahasan materi motivasi Anda dan anggap seluruh karyawan Anda yang hadir sebagai audiens anda sesuai dengan tema event.

Apabila Anda telah rutin ditunjuk menjadi pembicara di perusahaan Anda berarti pembawaan materi Anda dapat diterima dengan baik oleh perusahaan. Selipkan terus pembahasan materi motivasi Anda sesuai dengan event.

Kemudian cobalah ajukan diri ke perusahaan untuk menjadi pembicara bagi karyawan dan calon karyawan yang sedang menjalani pelatihan. Mintalah penilaian dari atasan Anda terkait pembawaan materi Anda.

2. Perbanyak komunitas Anda, berkaryalah di sana

kata bijak kehidupan - Nelson Mandela

ilustrasi : kepogaul.com

Setiap komunitas pasti memiliki anggota yang berbeda baik latar belakang maupun situasi dan kondisinya. Semakin banyak anggotanya maka semakin beragam pula latar belakangnya.Ini merupakan tantangan dan kesempatan bagus bagi Anda mengasah serta mempromosikan diri Anda, Sama seperti langkah sebelumnya. Hal tersebut juga dapat lakukan di komunitas anda jadikan setiap event sebagai kesempatan bagi Anda mengasah diri.

Jangan pernah menyerah untuk mengajukan diri sebagai salah satu pembicara dan motivator di setiap event. Perluas wawasan anda sehingga penyampaian materi anda dapat diterima oleh komunitas Anda. Strategi Anda bisa dikatakan berhasil bila Anda secara rutin ditunjuk sebagai motivator.

Apalagi bila komunitas diluar komunitas Anda juga tertarik mempergunakan jasa Anda untuk menjadi pembicara sekaligus motivator. Jangan lupa mintalah kritik dan saran di setiap penampilan Anda.

3. Manfaatkan sosial Media dan Website pribadi Anda

kata-kata motivasihidup-joseph campbell

ilustrasi : kutipkata.com

Dewasa ini orang cenderung lebih suka mengeksplor dirinya, terutama lewat sosial media maupun website pribadi, sebab dengan sosial media dan website dapat dengan cepat menyebarkan apa yang kita tampilkan. Murahnya biaya produksi, banyaknya jumlah pengakses dan kemudahan menjadikan sosial media sebagai sarana yang tepat untuk mempromosikan sesuatu.Demikian juga dengan kemampuan Anda sebagai seorang motivator.

Dokumentasikan seluruh kegiatan Anda, pada saat Anda menjadi motivator baik di perusahaan maupun di komunitas, setelah Anda upload di sosial media dan website jangan ragu untuk menshare dokumentasi tersebut ke seluruh rekan-rekan Anda, serta berikan note di dalam dokumentasi tersebut bahwa Motivator juga merupakan pekerjaan Anda.

4. Bentuklah tim marketing

tim marketing

ilustrasi : kepogaul.com

Ajaklah beberapa rekan anda yang mempunyai relasi dengan Event Organizer dan perusahaan- perusahaan besar. Juga untuk membantu mengelola sosial media dan website Anda.

Buat penawaran kerjasama dengan event organizer untuk even konvensi, konfrensi dan seminar, persiapkan juga materi-materi promo untuk Anda, seperti brosur, profile, sebagai pendukung promosi Anda.

Minta tim Anda untuk mengumpulkan testimoni terhadap setiap penampilan Anda dari masing-masing audiens di setiap event, kemudian publikasikan di sosial media, website dan media massa.

Demikian ulasan- ulasan kami terkait langkah-langkah untuk menjadi seorang motivator. Mudah-mudahan dengan menjadi seorang motivator merupakan jalan Anda menuju kesuksesan.

Ulasan ini bukanlah pengalaman pribadi penulis namun berasal dari beberapa sumber, yang terkait dengan Materi tersebut.

Baca juga LANGKAH AWAL MENJADI MOTIVATOR (bagian I) dan

Baca juga LANGKAH AWAL MENJADI MOTIVATOR (bagian II)

Salam Sukses!

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Ari DFG lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu