x

Iklan

ansori

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Warga antusias terima sosialisasi demam berdarah

Kades Suwondo berharap kegiatan TMMD di Desa Godo khususnya penyuluhan kesehatan ini bisa maksimal dan mampu meningkatkan kesadaran hidup sehat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 PATI - Disamping pelaksanaan progam fisik, Kodim 0718/Pati yang melaksanakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) juga juga terus menggiatkan  kegiatan non fisik.Salah satu Kegiatan non fisik itu adalah penyuluhan kesehatan kepada masyarakat Desa Godo,kecamatan Winong Kabupaten Pati. Selasa 10-04-2018.

Menggandeng Puskesmas Kec.Winong Kabupaten Pati, kegiatan yang  digelar di balai Desa Godo  ini diikuti oleh puluhan warga yang terdiri dari tokoh masyarakat, kader posyandu lansia dan kader posyandu balita.

Supriyanto S.Km dari puskesmas  Kec. Winong Kabupaten Pati  yang memberikan materi penyuluhan mengatakan kali ini warga diberikan materi tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) rumah tangga.“Dalam program PHBS rumah tangga itu ada 5 program prioritas yaitu kesehatan ibu dan anak (KIA), gizi, kesehatan lingkungan, gaya hidup,menjaga kebersihan lingkungan dari air tergenang yang dapat mempercepat berkembang biaknya jentik jentik nyamuk, terangnya..

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Supriyanto menambahkan untuk mengatasi berkembangnya nyamuk warga agar melakukan tindakan tiga M ( menutup, menguras ,mengubur) serta dapat juga melaksanan foging agar pertumbuhan jentik nyamuk dapat di cegah.

Budaya sehat juga harus di laksanakan diantaranya adalah menggunakan air bersih mencuci tangan dengan menggunakan sabun, menggunakan jamban sehat dan memberantas jentik di rumah.“Harapan kami setelah mendapatkan sosialisasi ini, mereka para kader bisa memberi sosialisais kesehatan ke posyandu,” imbuhnya .

Dalam sosialisasi ini ditekankan perilaku hidup sehat dimulai dari diri sendiri.”Dengan PHBS, diharapkan kita semua  mampu mengupayakan  mencegah dan menangani permasalahan kesehatan yang ada di sekitar kita,” ungkap Supriyanto S.Km. Sementara itu, Kepala Desa Suwondo mengatakan, penyuluhan kesehatan ini sangat bermanfaat sekali kepada masyarakat Desa Godo, utamanya mereka yang kesadaran hidupnya masih sangat kurang.

“Kesadaran warga  akan hidup sehat sebenarnya sudah cukup maksimal, memang masih ada kekurangan seperti kesadaran menjaga kebersihan lingkungan seperti membuang sampah.Ada banyak masyarakat kami yang suka buang sampah sembarangan dan malam membersihkan sampah, apabila dibiarkan ini kan bisa jadi penyakit”

Kades Suwondo menambahkan, diharapkan kegiatan TMMD di Desa Godo khususnya penyuluhan kesehatan ini bisa maksimal dan mampu meningkatkan kesadaran hidup sehat warga Desa Godo.

Ikuti tulisan menarik ansori lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB