x

Iklan

marlonzo pool

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Museum Nasional, Sejarah Budaya Indonesia dalam Satu Tempat

dikenal sebagai museum yang menyimpan banyak sejarah, museum nasional wajib untuk kamu kunjungi jika sedang menginap di area jakarta pusat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Terletak di Medan Merdeka Barat, Museum Nasional adalah kebanggaan Jakarta, memberikan pengunjung wawasan sejarah panjang bangsa Indonesia dalam warisan budaya dari hari-hari prasejarah hingga hari ini. Setelah baru-baru ini diperluas, museum ini menyimpan koleksi mengesankan tidak kurang dari 109.342 objek yang meliputi Prasejarah, Arkeologi, Etnografi, Numismatik-Heraldika, Geografi, dan Relik Sejarah Indonesia.

Di sini terdapat prasasti-prasasti batu dan batu yang ditemukan di situs-situs di seluruh kepulauan mulai dari abad pertama Masehi, koleksi lengkap kain-kain batik dan kain tenun yang dihasilkan selama bertahun-tahun di pulau-pulau yang berbeda. Sementara di lantai paling atas seseorang menemukan ditampilkan koleksi perhiasan emas dan perak dan perhiasan yang pernah dimiliki oleh raja dan sultan nusantara.

Dibuka secara resmi pada tahun 1868 Museum datang populer untuk dikenal sebagai Gedung Gajah (Rumah Gajah) atau Gedung Arca (Rumah Patung). Tempat itu bernama Gedung Gajah setelah patung gajah perunggu di halaman depan, yang merupakan sumbangan dari Raja Chulalongkorn dari Thailand pada tahun 1871. Juga dikenal sebagai Gedung Arca karena banyaknya patung-patung dari periode yang berbeda yang dipajang di sini. Pada tahun 1979 Museum secara resmi bernama Museum Nasional. Museum ini bukan hanya pusat untuk penelitian dan studi ke warisan nasional dan budaya, tetapi juga berfungsi sebagai pusat informasi edukasi, budaya dan rekreasi.

Cara ke Museum Nasional

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Museum Nasional terletak di Jalan Medan Merdeka Barat 12 Jakarta Pusat, tepat di seberang Monas. Anda bisa naik bus TransJakarta dan berhenti di terminal Monas. Hanya sekitar 200 meter dari Museum.

Jadi selain ke mall, bawa keluarga terutama anak untuk mengenal sejarah agar pengetahuan umunya lebih luas ya.

Ikuti tulisan menarik marlonzo pool lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu