x

Iklan

Anan Alkarawangi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Ini Pesan Danramil Puri Saat Ruwat Dusun Trenggumung

Mojokerto,- Danramil 0815/04 Puri Kodim 0815 Mojokerto Kapten Inf MR Harjono, S.Sos, bersama Unsur Forpimka menghadiri acara Ruwat Dusun

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mojokerto,-  Danramil 0815/04 Puri Kodim 0815 Mojokerto Kapten Inf MR Harjono, S.Sos, bersama Unsur Forpimka  menghadiri acara Ruwat Dusun yang berlangsung Balai Dusun Trenggumung, Desa Tambak Agung, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Minggu (29/04/2018) malam. 

Selain Danramil dan Unsur Forpimka Puri, tampak pula Kades Tambak Agung Filla Muji Utomo, seluruh tokoh masyarakat dan seluruh warga Dusun Trenggumung turut hadir dalam kegiatan ruwah dusun tersebut.   

Perlu diketahui, sebagian Masyarakat Mojokerto sampai saat ini masih memegang teguh tradisi leluhur atau tardisi dari nenek moyang salah satunya tradisi Ruwat Dusun/Desa atau Bersih Desa, dan lain-lain.  Agenda tahunan ini dikemas dalam bentuk syukuran dilanjutkan hiburan campursari dan Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk.

Tradisi ruwat dusun atau sedekah bumi ini untuk memperingati/menjalankan tradisi peninggalan nenek moyang yang telah berjalan sejak ratusan tahun yang lalu. Ruwah dusun ini sebagai perwujudan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmat yang telah diperoleh termasuk hasil bumi dan lain-lain sekaligus memohon untuk keselamatan dan kemakmuran seluruh warga desa.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam kata pengantarnya, Filla Muji Utomo Kepala Desa Tambak Agung mengharapkan agar tradisi ruwah dusun ini dapat dilaksanakan setiap tahun, untuk melestarikan tradisi leluhur. “Semoga ke depan, warga Dusun Trenggumung Desa Tambak Agung bisa lebih maju dan terus bergotong royong dalam kegiatan apapun demi kemajuan dusun/desa”, ujarnya.

Masih di lokasi yang sama, Danramil 0815/04 Puri Kapten Inf MR. Harjono, S.Sos, menyampaikan, kegiatan ruwah dusun patut diapresiasi secara positif , ini salah satu upaya menjaga, memelihara dan melestarikan tradisi leluhur, semoga Dusun Trenggumung bertambah maju, makmur dan sukses.

Danramil juga berpesan kepada seluruh warga masyarakat Dusun Trenggumung, untuk menjaga situasi yang aman dan kondusif, terlebih menjalang Pilkada Jatim, beda pilihan itu lumrah, siapapuin pemimpin yang terpilih tentunya itu yang terbaik bagi masyarakat.

“Mari kita bersama-sama, guyub rukun menjaga rasa persaudaran dan memperkokoh semangat persatuan demi keamanan dan ketertiban sehingga pembangunan akan terus berlangsung sesuai yang diprogramkan pemerintah”, ajak Danramil.

Ikuti tulisan menarik Anan Alkarawangi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu