x

Iklan

Muhammad Khairur Rasyid

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Menumbuhkan Kesadaraan Masyarakat Tentang Produk Organik

Dalam Forum Ilmiah Dosen dan Grup Discussion pada (24/07) membahas “Pengaruh Kesadaraan Kesehatan, Pengetahuan Organik, Keamanan Konsumsi, sikap dan Niat

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Berbicara mengenai isu kesehatan tidak terlepas dari makanan yang kita makan. Salah satu perhatian mengenai makanan saat ini ialah mendapatkan bahan makanan yang baik untuk kesehatan yang bebas akan radiasi , pestisida dan bahan-bahan kimia. Opsi dari sejumlah bahan makanan yang bebas dari hal-hal tersebut yaitu Produk Organik.

Dalam Forum Ilmiah Dosen dan Grup Discussion pada (24/07) membahas “Pengaruh Kesadaraan Kesehatan, Pengetahuan Organik, Keamanan Konsumsi, sikap dan Niat Membeli Produk Organik” dengan pemateri Dr.Endang Ruswanti, SE, MM menjelaskan sejumlah penelitian terkait produk-produk organik di masyarakat. Berdasarkan penelitian tersebut, salah satu faktor yang menjadi penyebab masyarakat banyak yang tidak memilih produk organik ialah kurangnya pemahaman mengenai rasa aman ketika mengkonsumsi produk organik.

“Dari penelitian ini sebetulnya masyarakat telah sadar akan pentingnya membeli produk-produk organik, namun opsi keamanan konsumsi sering diabaikan , mereka kurang memahami pentingnya keamanan dalam mengkonsumsi , yang mereka ketahui makanan tersebut sehat padahal dari segi kemanan belum tentu. untuk itu melalui produk Organik, keamanan dalam mengkonsumsi dapat lebih terjamin ” terang Endang di Esa Unggul, Jakarta Barat, Selasa (24/07/2018).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Padahal menurutnya efek jangka panjang dari makanan yang tidak sehat seperti yang mengadung radiasi, pestisida dan bahan-bahan kimia bahayanya akan terasa di masa depan salah satunya yakni kanker. Dari sejumlah pembahasan dan kesimpulan yang diterangkan dalam Forum Diskusi tersebut, Endang mengatakan faktor lainnya yang turut berperan dalam mempengaruhi sikap masyarakat dalam menggunakan produk Organik yaitu terkait harga . Untuk itu dirinya menyayangkan jika banyak masyarakat yang merupakan kalangan menengah ke atas yang mampu membeli produk-produk organik namun lebih memilih produk-produk non-organik.

“Masyarakat harus didorong untuk menggunakan produk-produk oganik, terutama kalangan menengah atas, dari hasil diskusi di forum dapat kita katakan Harga menjadi salah satu faktor dari sikap seseorang dalam menggunakan produk organik. Mereka sadar namun sikap untuk menggunakan produk organik sangat rendah, jadi harus ada trigger untuk mendorong masyarakat menggunakan produk organik yang tentunya sangat bermanfaat menjaga asupan makanan sehat dan bergizi,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Rektor I Ir. Roesfiansjah Rasjidin, MT, Ph.D yang memberikan sambutan berharap hasil penelitian dari pengembangan Produk-produk Organik kedepannya dapat mengintegrasikan peran seluruh Sivitas Esa Unggul dalam hal ini antara mahasiswa dan dosen harus mampu berelaborasi demi menciptakan karya penelitian baru yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.

” Dari forum ini saya berharap adanya inisiasi kedepan untuk menyatukan sejumlah peneilitian dari dosen dan mahasiswa, hal ini merupakan bagian terpenting dari aktivitas pelaksanaan Tridharma Universitas yakni menghasilkan karya yang bermanfaat bagi masyarakat,” tutupnya.

Selain dihadiri oleh Wakil Rektor I , ada pula pemaparan dari Lembaga Pendidikan Berkelanjutan Dr. Rilla Gantino, SE, AK, MM. Para mahasiswa Fakultas Ekonomi pun menyaksikan dengan serius acara Forum diskusi tersebut yang berakhir pada pukul 12.00 WIB.

Ikuti tulisan menarik Muhammad Khairur Rasyid lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu