x

Iklan

Maydelin Tandipuang

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

PROLOG UPH Asah Logika Berpikir Siswa

Universitas Pelita Harapan (UPH) melalui School of Information Science and Technology (SISTECH) menghadirkan acara tahunan PROLOG 2018.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

School of Information Science and Technology (SISTECH) Universitas Pelita Harapan (UPH) kembali menggelar acara tahunan mereka, yaitu National Programming and Logic Competition (PROLOG 2018) bagi siswa SMA/SMK dan yang sederajat. 

Acara ini bertujuan untuk mengasah logika berpikir siswa SMA yang memang perlu dipupuk sejak muda. Apalagi bagi yang berminat untuk melanjutkan kuliah di program studi ilmu komputer, hal ini sangat penting guna membuat ataupun menguji sebuah program.

Acara PROLOG 2018 ini terdiri dari tiga rangkaian acara, yaitu lomba Tag The Tag, Seminar Umum, dan Exhibiton. Lomba Tag The Tag adalah lomba mencari jejak yang diikuti oleh siswa SMA dari seluruh Indonesia sebanyak sekitar 100 tim. Di antaranya berasal dari Pulau Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sumatera. Mereka mengikuti babak penyisihan online pada tanggal 7 September 2018 dan terseleksi menjadi 30 tim yang berhak melaju ke babak semifinal pada tanggal 27 September 2018. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada babak semifinal diberikan beberapa soal mengenai pemrograman dan logika berpikir dalam bentuk permainan di beberapa lokasi dalam kampus UPH. Setelah itu, seluruh tim dengan nilai dan waktu tercepat berhak menjadi 10 finalis untuk memperebutkan juara di hari yang sama.

Menurut Hery, dosen SISTECH UPH selaku Ketua Panitia PROLOG 2018, lomba ini untuk meningkatkan minat dan aware anak SMA terhadap teknologi, sekaligus memperkenalkan lingkungan UPH.

“Perkembangan teknologi saat ini semakin maju, dan dampaknya tidak selalu positif. Jadi untuk menanggulangi dampak negatifnya, diperlukan logika berpikir yang baik berlandaskan karakter yang baik pula. Lalu bagi siswa yang berminat dengan ilmu komputer juga bisa diwadahi di sini,” ujar Hery.

Lomba Tag The Tag bagi siswa SMA ini dimenangkan oleh Tim TITIK dari SMAN 1 Depok sebagai juara 1, Tim Bandeng Aiwa Bro dari Sekolah Dian Harapan Daan Mogot sebagai juara 2, dan Tim GS GO 2 dari SMAK Penabur Gading Serpong sebagai juara 3. Para pemenang memperoleh uang tunai dengan total senilai Rp 18.000.000 dan sertifikat serta piala.

Selain lomba, para peserta juga berkesempatan mengikuti seminar umum dengan tema Industry 4.0. Seminar ini menghadirkan I Made Murwantara, Ph.D, pakar di bidang software engineering dari University of Birmingham, UK, sekaligus dosen SISTECH UPH, sebagai pembicara utama.

 SeIain tentang perkembangan industri di dunia, Murwantara juga mengungkapkan tentang Data Science Workflow dan dampak kecanggihan teknologi saat ini terhadap kebocoran data yang menyangkut privasi seseorang. “Bila ingin menghindari kebocoran data atau privasi, stop gunakan internet. Tapi karena hal itu jelas tidak mungkin di zaman sekarang, jadi diperlukan sikap bijaksana dalam meng-upload data ke internet, dan di sinilah peran data science dalam melakukan prediksi terhadap efek yang akan dihasilkan jika data tetap di-upload,” ungkap Murwantara.

Rangkaian PROLOG 2018 juga menyajikan acara Exhibition di Taman UPH dari tanggal 24-27 September 2018. Dalam Exhibition ini, panitia memamerkan karya-karya mahasiswa SISTECH UPH berupa program-program komputer, game buatan mahasiswa, hingga website istalluph.com sebagai jasa print dokumen dan pengerjaan proyek-proyek komputer berbayar.

Yang menarik, terdapat pula program komputer untuk mengukur tinggi badan seseorang saat melewati sensor. Keakuratan sensor ini sekitar 98%, prinsipnya sama seperti gelombang ultrasonic pada kelelawar yang dapat mengetahui keberadaan benda dari waktu tempuh sebuah gelombang. Proyek ini adalah kerja sama dosen dan mahasiswa SISTECH UPH yang akan terus dikembangkan. 

Melalui seluruh rangkaian acara PROLOG 2018, SISTECH UPH ingin mengembangkan wawasan siswa SMA tentang logika berpikir yang sangat penting dalam dunia komputer. (it)

Ikuti tulisan menarik Maydelin Tandipuang lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB