x

Iklan

Vijayakumar Tangarasan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Revolusi Ruang Kerja bagi Indonesia

Temuan dari survei kerja IWG yang fleksibel terhadap lebih dari 18.000 pemimpin bisnis dari 96 negara

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi telah mengubah cara kita berpikir tentang seluruh industri. Spotify dengan musik. Gojek atau Grab dengan transportasi. Netflix dengan program televisi dan film. Teknologi telah mengubah cara kita berpikir tentang hal-hal yang biasa kita terima begitu saja. Perlahan tapi pasti cara di mana kita berpikir tentang kantor, dan bagaimana kita bekerja, dan produktivitas, telah berubah juga. Kita sekarang mendekati titik puncak- dan hasil ini akan mengubah pengalaman kerja bagi jutaan orang. Untuk bisnis cerdas, ini adalah revolusi yang akan menciptakan keunggulan kompetitif, memangkas biaya dan membantu menarik dan mempertahankan bakat.

Masa depan kerja

Pertama, percepatan teknologi yang cepat telah mengubah apa yang mungkin terjadi. Kita mungkin menganggap bahwa kita sudah hidup dalam revolusi yang memungkinkan teknologi, tetapi perubahan besar akan terjadi dalam tiga sampai lima tahun ke depan. Dalam dua tahun, 80 persen populasi dunia akan memiliki smartphone. Cloud akan terus tumbuh secara eksponensial, dengan lebih dari 50% lalu lintas internet berpotensi datang dari internet sensor hal pada tahun 2025. Pada tahun 2020, koneksi 4G akan mewakili 61% dari total. Pada 2025, 5G akan mewakili 31%. Sederhananya, semakin mudah bagi seseorang untuk terhubung dan bekerja lebih produktif dari sebelumnya dari mana saja. Teknologi menciptakan ekonomi yang memiliki kecenderungan untuk memberdayakan lebih banyak orang secara global.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kedua, para pekerja sadar akan hal ini - terutama milenium asli digital yang tumbuh dengan teknologi ini dan harapannya kurang terbelenggu oleh apa yang mungkin terjadi sebelumnya. Mereka tahu mereka dapat bekerja di mana saja, dan mereka tahu bahwa sepanjang karier mereka, mereka akan diharapkan untuk bekerja keras. Ini berarti mereka menghargai fleksibilitas. Mengapa mereka harus pergi selama dua jam setiap hari? Mereka ingin bekerja untuk bisnis di mana mereka dapat mengalami manfaat dari komunitas kolaboratif, tanpa membuang-buang waktu di hari mereka. Tidaklah mengherankan bahwa 69% dari generasi millennial akan memperdagangkan manfaat paket pekerjaan lain untuk ruang kerja yang lebih baik.

Ketiga, bisnis semakin sadar bahwa strategi cerdas dalam bekerja fleksibel dapat membantu mereka untuk mendapatkan talenta terbaik. Itu adalah keuntungan dalam dunia yang kompetitif. Tetapi bisnis apa yang juga semakin paham adalah keuntungan finansial dan strategis yang dibawa oleh strategi ruang kerja fleksibel. Pendekatan ruang kerja yang fleksibel memangkas biaya real estat dan memungkinkan bisnis berkonsentrasi pada bisnis inti mereka, daripada dipaksa menjadi bisnis real estat.

Keuntungan finansial dan manajemen strategis

Hal ini memungkinkan bisnis besar menjadi lincah. Sebuah bisnis dapat memindahkan orang ke pasar baru dengan cepat dan mengeluarkannya kembali saat diperlukan. Mereka dapat membawa orang-orang dekat dengan pemasok mereka. Mereka dapat melakukan semua ini tanpa melakukan sewa panjang dan biaya relokasi mahal.

Dengan mitra yang tepat, revolusi ruang kerja ini akan membawa manfaat bagi bisnis cerdas dari semua ukuran - dari mulai usaha besar hingga internasional.

Untuk memulai, manfaatnya langsung terasa. Seorang pengusaha ingin fokus pada pertumbuhan bisnis mereka, tidak menghabiskan waktu dan uang untuk sewa real estat. Tetapi mereka tidak dapat berkompromi pada hal-hal yang diharapkan dari setiap bisnis profesional - kemampuan TI, keamanan, telekomunikasi terbaik di kelasnya. Bahkan sebagai bisnis pemula mereka ingin memiliki basis di mana mereka dapat membawa calon pelanggan dan mitra untuk pertemuan tanpa menurunkan merek mereka. Dan, tentu saja, memulai dengan segelintir karyawan hanya dapat memperoleh manfaat dari membangun komunitas profesional mereka sendiri - jaringan dengan siapa mereka dapat berbicara, bertukar pikiran ide-ide baru dan menjalin hubungan baru. Ruang kerja yang fleksibel memberikan jawaban untuk semua hal di atas.

Manfaat untuk bisnis yang lebih besar juga kini semakin dikenal - dan nyatanya banyak kisah sukses bisnis paling inovatif di dunia memiliki strategi ruang kerja fleksibel khusus. Tentu saja, perusahaan besar memiliki persyaratan untuk HQ yang besar dan berdedikasi, tetapi dengan melengkapi ini dengan mitra kerja yang fleksibel, mereka dapat mendorong manfaat nyata bagi bisnis mereka.

Temuan dari survei kerja IWG yang fleksibel terhadap lebih dari 18.000 pemimpin bisnis dari 96 negara menemukan bahwa setiap minggu, 70% karyawan bekerja di suatu tempat selain kantor setidaknya satu hari. Lebih dari separuh (53%) bekerja dari jarak jauh selama setengah minggu atau lebih, sementara satu dari 10 (11%) bekerja di luar lokasi kantor utama perusahaan mereka lima kali seminggu. Tempat kerja yang fleksibel dan efisien dapat menjadi katalis perubahan, yang memungkinkan perusahaan memperluas jangkauan mereka untuk mendapatkan yang terbaik dan tercerdas dari mana saja di seluruh dunia.

Survei IWG yang sama juga menunjukkan berbagai manfaat strategis dari kerja yang fleksibel di Indonesia:

  • 95% percaya kerja fleksibel membantu bisnis mereka tumbuh (dibandingkan dengan 89% di tingkat global)
  • 94% mengatakan bahwa kerja yang fleksibel memungkinkan pemimpin bisnis untuk mengoptimalkan biaya.
  • 97% percaya kerja yang fleksibel membantu bisnis mereka tetap kompetitif.
  • 92% percaya kerja yang fleksibel membantu bisnis mereka memaksimalkan keuntungan (dibandingkan dengan 83% di tingkat global).
  • 83% menyatakan bahwa memungkinkan karyawan perusahaan mereka untuk bekerja dari mana saja membantu mereka merekrut dan mempertahankan talenta terbaik (72% di tingkat global)

IWG telah menjalankan survei ini selama 10 tahun terakhir. Dalam dua tahun terakhir banyak tokoh telah melonjak sebesar 15-20%. Pada tingkat ini 100% bisnis global akan menggunakan kerja fleksibel sebagai keuntungan strategis dalam tiga tahun ke depan.

Ini karena kerja yang fleksibel efektif di setiap tingkat bisnis. Mitra yang tepat dapat memberikan solusi ruang kerja yang memungkinkan para kreator bekerja di ruang kerja kolaboratif, sementara juga menyediakan kantor layanan kelas atas yang lebih tenang untuk ruang c-suite dan bahkan ‘klub anggota’ untuk acara dan rapat. Pendekatan 'satu ukuran cocok untuk semua' tidak akan berfungsi untuk aspek apa pun dari bisnis yang sukses. Namun, terlalu lama, ini persis pendekatan yang dilakukan oleh sebagian besar perusahaan untuk kantor mereka. Ini terjadi karena kebanyakan orang tidak melihat alternatif lain. Sama seperti satu dekade yang lalu tidak ada alternatif untuk membeli musik. Kemudian Spotify datang.

 Siapkah anda untuk revolusi kerja yang baru? (redtemp).

 

Oleh Vijayakumar Tangarasan, Regus Indonesia

Ikuti tulisan menarik Vijayakumar Tangarasan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB