x

Iklan

Alvina Damayanti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Juli 2023

Kamis, 2 Mei 2024 11:34 WIB

Pengaruh Ekonomi Internasional terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Ekonomi internasional membahas hubungan ekonomi antar negara. Selain itu juga ilmu untuk menganalisis permasalahan ekonomi internasional seperti ekspor dan impor yang merupakan kegiatan perdagangan Internasional.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ekonomi Internasional adalah ilmu ekonomi yang diterapkan pada kegiatan- kegiatan ekonomi antar negara atau antar bangsa seperti menganalisis arus barang dan jasa, pembayaran-pembayaran antar negara-negara di dunia, serta adanya penerapan kebijakan yang berkaitan dengan aktivitas perdagangan dan pembayaran yang akan mempengaruhi kesejahteraan suatu negara.

Perkembangan studi tentang ekonomi internasional saat ini terjadi sejalan dengan meningkatnya intensitas perdagangan internasional yang terus bergerak kearah interaksi serta ketergantungan antar negara yang semakin rumit dan kompleks. Meskipun begitu perdagangan internasional dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan sebagai proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu.

Pertumbuhan ekonomi dapat meningkatkan kemakmuran masyarakat dan berfungsi sebagai alat ukur untuk melihat atau menganalisa seberapa jauh tingkat perkembangan perekonomian di negara tersebut. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada prinsipnya ekonomi internasional membahas hubungan ekonomi antar negara atau sebagai bagian dari ilmu ekonomi yang mepelajari dan menganalisis permasalahan ekonomi internasional seperti ekspor dan impor yang merupakan kegiatan dari perdagangan Internasional. Perdagangan Internasional ini merupakan salah satu faktor dari ekonomi internasional yang dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

Dengan adanya perdagangan internasional, permintaan dan penawaran ekspor produk untuk negara lain akan meningkat, yang pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain itu, perdagangan internasional juga dapat menjadi sumber devisa negara, mempercepat pertumbuhan ekonomi, memajukan lembaga keuangan, menciptakan spesialisasi produk, menarik investor asing, dan meningkatkan kualitas produk industri. Perdagangan internasional ini dapat memperkuat hubungan kerja sama ekonomi antar negara dan kerja sama ekonomi inilah yang nantinya dapat memperluas ke berbagai sektor lain yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi.

Selain perdagangan internasional, ada juga faktor-faktor dari ekonomi internasional yang dapat memengaruhi pertumbuhan ekonomi diantaranya yaitu investasi, pinjaman, bantuan, dan kerjasama internasional. Investasi memiliki potensi untuk memberikan kontribusi besar dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi. Karena Investasi dari investor luar negeri biasanya membawa teknologi, pengetahuan, dan keterampilan manajerial baru ke negara tuan rumah, yang dapat meningkatkan kapabilitas industri lokal. Pinjaman dari negara lain dapat digunakan untuk mengembangkan infrastruktur, industri, pendidikan, dan kesehatan, yang dapat membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam proses produksi. Bantuan dari negara lain dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara, seperti bantuan teknis, bantuan pendidikan, dan bantuan ekonomi. Kerjasama internasional, seperti kerjasama ekonomi, politik, dan kultur, dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Ikuti tulisan menarik Alvina Damayanti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler