x

Iklan

Matthew Justico Harya Putra

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Mengutuk Kebohongan Melalui Pembodohan

Sebuah keunikan dari warganet

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Beberapa waktu lalu, salah satu aktivis senior yang dimiliki Republik ini dirundung masalah yang cukup menggemparkan kancah perpolitikan nasional. Dikabarkan Ratna Sarumpaet, dianiaya oleh tiga orang di sekitar Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, Jumat (21/9/2018). Yang dikemudian hari terungkap bahwa hal tersebut hanyalah karangan Ratna Sarumpaet semata, dengan dalih untuk memberi alasan kepada anak-anaknya terkait mukanya yang bengkak pasca operasi sedot lemak.

Tapi biarlah Ratna dengan segala sandiwaranya, saya tidak akan membahas lebih lanjut karena sudah banyak yang mengulas (untuk tidak menyebut muak) tentang hal ini. Oleh karena itu saya pun mencoba membuka Youtube, berharap bisa menemukan sesuatu yang benar-benar menghibur. Lha kok ndilalah nemu sesuatu, bukan menghibur lagi namun benar-benar Kompor Gas!!. Disebutkan dalam video berdurasi tak sampai semenit itu, mengenai Ratna yang ditangkap polisi saat hendak pergi ke Chile. Namun yang dibahas malah justru boarding pass Sarumpaet yang menunjukkan Istanbul, Turki sebagai tujuan penerbangan.

Lucunya disini adalah, komentar warganet di video yang telah ditonton kurang lebih 69 ribu kali tersebut. Seolah sudah kepalang tanggung, sampai-sampai semua hal yang berkaitan dengan Sarumpaet dipastikan menipu. Dari mulai rekening yang digunakan untuk oplas, sampai dengan boarding pass yang dipegang saat terjadinya penangkapan. Warganet seolah lupa bahwa tidak ada direct flight dari Jakarta ke Chile, mereka seakan tidak tau ada yang namanya "transit" terlalu bernafsu untuk menghujat Ratna Sarumpaet, sampai-sampai melupakan hal yang umum dalam dunia penerbangan komersil. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lalu apa intinya? Kalau mengutip salah satu bakul angkringan langganan di Jogja "INTINE OJO GOBL*K!". Mengkritik boleh, berkomentar boleh, tapi jangan mengomentari berita hoax satu dengan berita hoax lainnya. Jangan menjelma menjadi orang yang pada awalnya ingin anda hujat.

Ikuti tulisan menarik Matthew Justico Harya Putra lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu