x

Iklan


Bergabung Sejak: 1 Januari 1970

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Anak Muda Butuh Sumpah Bukan Gegabah

Sumpah Pemuda adalah gairah. Bukan gegabah. Maka anak muda, harus lebih lebih hebat dari masalah.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Anak muda, beruntung sekali kalian jadi anak muda, jadi pemuda.

Hanya kamu yang tahu, anak muda. Tentang apa yang terjadi di negeri kita. Tentang apa yang ada dan terjadi di dekat kita. Ingat anak muda. Kamu pernah bersumpah pada 28 Oktober 1928 dulu. Maka pantas, kamu gak boleh gegabah. Sumpah pemuda, bukan pemuda gegabah ..

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Anak muda, hai pemuda. Kamu tahu sumpah kan?

Sumpah itu pernyataan yang diucapkan secara resmi dengan bersaksi kepada Tuhan, sumpah itu sestau yang suci yang harus dijunjung tinggi. Sumpah itu janji atau ikrar yang teguh, Persis seperti Sumpah Pemuda dulu diikrarkan.

 

Tapi anak muda, lain lagi dengan gegabah.

Gegabah itu sikap dalam mengambil keputusan tanpa pikir panjang; lalu tidak peduli terhadap dampak apa yang akan terjadi pada diri sendiri atau orang lain atas tindakan kita.

 

Jadi, anak muda. Kamu butuh sumpah bukan gegabah.

 

Andai engkau tahu, anak muda. Di dekat kita. Di sekeliling kamu.

Hari ini banyak orang-orang yang gegabah. Menebar masalah, meracik kebencian dan kebohongan. Hingga membuat banyak orang terperangah. Membuat jengah sambil pandai membantah. Gak mau kalah. Gegabah, seperti politik sampah.  

 

Hai anak muda, hai pemuda jangan gegabah.

Terlalu gegabah, negeri yang indah ini bila terbelah-belah. Lalu berbongkah-bongkah seakan ingin musnah. Memang, di mana ada negeri yang gak punya masalah? Anak muda, asal kalian tahu. Betapa banyak orang sekarang gemar mendramatisir masalah. Ceramah gak berfaedah dianggap seperti berdakwah. Urusan selangkah dikunyah berpayah-payah. Agar bisa meraih panggung khutbah. Pantas, sebagian dari mereka cepat lelah, anak muda. Bertingkah, bertambah-tambah hingga menengadah.

 

Hai anak muda, sekarang ini banyak retorika bermasalah.

Rupiah anjlok itu bukan karena Negara salah. Tapi karena banyak orang berlidah hingga semakin gerah. Anak muda, kita ini hidup tidak sendirian. Negara ini pun gak bisa dibangun lewat omongan. Maka bangunlah kekuatan. Untuk bangsamu ke depan.    

 

Anak muda, sumpah pemuda itu pelajaran.

Agar kita berani menghadapi kenyataan. Jangan terlalu banyak keluhan. Tapi bangunlah harapan. Negeri ini, sama sekali tidak butuh pemuda pemaki. Tapi negeri ini sangat butuh pemuda solusi. Jangan jadi pembenci bila kita tidak mampu tunjukkan prestasi.

 

Anak muda, mumpung sumpah pemuda. Katakan pada mereka, sudahilah mendramatisir masalah. Tidak ada manfaatnya, tidak ada untungnya. Kalian lihat orang-orang bawah. Mereka tetap hidup bergairah walau tidak harus mewah.

 

Jadi anak muda, untuk apa kita sibuk menyesali dan mengeluhkan masalah?

Sungguh anak muda, jangan biarkan engkau terpuruk dengan keluhan yang berkepanjangan.

 

Hai anak muda, hari ini kamu hanya butuh sumpah. BUkan gegabah.

Tekad yang kuat untuk bersatu, berbuat yang lebih baik dari yang kemarin. Semangat untuk menjadikan masa depan bangsa lebih bermartabat.

 

Anak muda, masalah itu akan mudah pergi bila kamu punya sumpah untuk mengusirnya. Tapi masalah akan semakin besar karena kamu gak punya sumpah untuk memberantasnya. Kamu butuh sumpah atau gegabah?

 

Oke anak muda, tebarkan sumpah bukan gegabah.

Karena semangat dan tekad kamu lebih hebat dari masalah. Agar kamu tetap hebat di negerimu sendiri …. Tanpa gegabah, tanpa serapah. SALAM SUMPAH PEMUDA … !!!

 

Ikuti tulisan menarik lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu