x

Iklan

Anan Alkarawangi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Meski Libur Babinsa Sambilawang Dampingi Petani Pemupukan

Mojokerto, - Hari libur bukan halangan bagi Babinsa Sambilawang Koramil 0815/14 Dlanggu Kodim 0815 Mojokerto Serda Rudi Hartono untuk melaksanakan tugas

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mojokerto, - Hari libur bukan halangan bagi Babinsa Sambilawang Koramil 0815/14 Dlanggu Kodim 0815 Mojokerto Serda Rudi Hartono untuk melaksanakan tugas pendampingan bagi petani di wilayah binaan, yakni Desa Sambilawang Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Ahad (30/12/2018).

Sasaran pendampingan kali ini berupa pemupukan di areal persawahan seluas 0,7 hektar yang ditanami jenis padi Varietas Ciherang berumur 30 hari, milik Maliki, anggota Kelompok Tani Sumber Rejeki, Dusun Sengon Desa Sambilawang.

Pemupukan dengan menggunakan jenis pupuk urea, ZA dan phonska secara berimbang ini dilakukan petani penggarap sawah didampingi langsung Serda Rudi Hartono selaku Babinsa setempat.

Di sela-sela kegiatan, Serda Rudi Hartono menuturkan, pemupukan ini merupakan bagian dari perawatan tanaman padi guna memelihara kesuburan tanaman. “Selain itu, melalui pemupukan ini diharapkan dapat mengantisipasi hama dan penyakit ataupun organisme pengganggu tanaman (OPT) lainnya,” imbuhnya.  

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sementara, Maliki, pemilik lahan, mengatakan, Ia sangat senang dengan adanya pendampingan yang dilakukan Babinsa Koramil Dlanggu.  Maliki juga sangat berterima kasih dengan hadirnya Babinsa yang selalu mendampingi para petani, mulai pendistribusian benih, pengolahan lahan, persemaian, masa tanam, perawatan hingga masa tanam.

Masih di wilayah Dlanggu, kegiatan pendampingan juga berlangsung di lahan sawah seluas 0,5 hektar milik Subandi, anggota Poktan Karya Harapan, Dusun Pekingan Desa Sumbersono.  Di lokasi ini sasaran pendampingan berupa pengolahan lahan dengan menggunakan satu unit hand traktor dengan didampini Babinsa setempat Serda Andang Wijaya.

Untuk diketahui, pendampingan yang dilakukan para Babinsa merupakan tugas tambahan yang dikemas dalam bentuk upaya khusus ketahanan pangan demi mendukung dan mensukseskan pencapaian swasembada pangan di wilayah.  

Ikuti tulisan menarik Anan Alkarawangi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler