x

Iklan

Bella Julianti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Diet dengan Menekan Nafsu Makan

Apabila ditangani dengan baik, sebenarnya nafsu makan akan bisa ditekan. Seperti apa caranya? Mari simak di bawah ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Memiliki tubuh semampai dengan berat badan ideal tentu menjadi dambaan untuk setiap orang tak hanya para wanita saja. Betapa tidak, tubuh yang proporsional akan memberikan kesan yang lebih menarik dan atletis pada postur tubuh. Sehingga pakaian dan baju apa saja akan nampak lebih menarik bila di kenakan.

Itulah mengapa, tidak heran banyak orang rela melakukan apa saja untuk bisa menekan nafsu makan yang digadang-gadang sebagai salah satu penyebab terbesar kenaikan berat badan seseorang. Namun tahukah anda? Nafsu makan sebenarnya adalah persepsi atau sinyal yang diterima oleh otak dari indera ketika melihat makanan atau minuman.

Dimana kemudian tanda ini di dukung oleh sinyal 'lapar' dari dalam tubuh ketika lambung sedang kosong. Apabila ditangani dengan baik, sebenarnya nafsu makan akan bisa ditekan. Seperti apa caranya? Mari simak di bawah ini.

Jalan Lewatkan Makan

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tidak sedikit para pelaku diet yang menyengaja melewati beberapa waktu makan mereka dengan anggapan agar asupan lemak dan kalori penyebab kenaikan berat badan bisa mereka hindari. Padahal anggapan semacam ini adalah hal yang keliru dan justru malah akan semakin merugikan untuk anda.

Tanpa anda sadari dengan terus menerus melewati waktu makan anda telah membiarkan diri anda kelaparan. Akibatnya, ketika kelaparan maka secara tidak sadar diri anda akan berusaha untuk bisa meredakan rasa lapar tersebut dengan makan apa saja yang anda jumpai. Porsi seseorang yang kelaparan pun biasanya tidak mereka sadari.

Nah, ketika hal ini terjadi anda mungkin telah kehilangan beberapa gram kalori dan lemak yang seharusnya anda asup ketika anda melewati waktu makan. Akan tetapi, tubuh anda tidak akan bisa bohong karena ketika anda kelaparan maka nafsu makan anda akan malah semakin kalap.

Tidur yang Cukup

Ada banyak penelitian yang menunjukan bahwa kurang tidur dikaitkan dengan kenaikan berat badan yang signifikan. Hal ini dikarenakan seseorang yang terjaga sampai malam akan lebih banyak memproduksi hormon lapar di bandingkan dengan mereka yang cukup mendapatkan jam tidur.

Pada saat hasrat lapar menyerang di malam hari maka tentu seseorang akan berusaha menghilangkan rasa lapar tersebut dengan mengkonsumsi makanan apa saja yang mereka temukan. Hal inilah yang membuat kenaikan berat badan semakin nyata pada saat anda sering makan di malam hari. Apalagi jika setelahnya anda langsung beranjak tidur maka tentu saja, kenaikan berat badan akan semakin nyata.

Porsi yang Pas Untuk Setiap Waktu Makan

Nafsu makan amat erat kaitannya dengan fusngi indera di dalam tubuh. Sebab pada dasarnya ketika nafsu makan muncul hal ini disebabkan karena adanya rangsangan dari indera dalam tubuh yakni mata yang ketika melihat makanan atau minuman yang menggiurkan. Untuknya, tidak sebaiknya anda menuruti keinginan mata untuk mendapatkan makanan atau minuman apa saja yang anda inginkan.

Sebab bila anda terus-terusan menuruti keinginan anda sendiri maka tentu segala hal dan jenis makanan akan diasup ke dalam tubuh. Selain itu, guna menghindari agar tak lapar mata maka hindari mengakses sosial media dengan gambar atau video makanan yang menggiurkan.

Perbanyak Konsumsi Serat

Salah satu cara lain untuk menekan nafsu makan terhadap makanan yang tidak sehat adalah beralih pada menu makanan yang kaya akan serat. Makanan dengan kandungan serat yang tinggi akan tentu lebih baik untuk di konsumsi meski dalam jumlah yang besar pun tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan yang berlebihan. 

Ikuti tulisan menarik Bella Julianti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu