x

Iklan

Bella Julianti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Alasan Mengapa Banyak Wanita Mendamba Persalinan Normal

di balik semua kecanggihan ini pada kenyataannya banyak wanita yang masih memilih untuk melahirkan secara normal dan alami tanpa bantuan teknologi dan obat

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin canggihnya teknologi membuat banyak kemajuan di bidang medis, termasuk salah satu manfaat dari kemajuan ini akan dapat di rasakan oleh ibu hamil.

Selain hanya melahirkan dengan cara yang normal, para wanita kini memiliki keleluasaan metode melahirkan dengan cara yang beragam yang tentunya di bantu dengan tenaga medis yang ahli dan perlengkapan teknologi yang mutakhir.

Salah satunya seperti suntik epidural dimana suntik ini memungkinkan untuk menekan rasa sakit seminim mungkin sehingga nyeri yang diakibatkan oleh persalinan tidaklah terlalu kentara.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Akan tetapi, di balik semua kecanggihan ini pada kenyataannya banyak wanita yang masih memilih untuk melahirkan secara normal dan alami tanpa bantuan teknologi dan obat-obatan buatan.

Lantas apa sih sebenarnya alasan di balik pilihan ini? Bukankah semakin mudah persalinan yang di jelang semakin memberikan keuntungan pada ibu hamil? Berikut jawabannya.

Lebih Aman Untuk Bayi

Melahirkan normal dan alami adalah sebuah proses persalinan yang jelas lebih sakit dibandingkan dengan melahirkan normal namun dengan bantuan epidural.

Pada persalinan normal yang alami ibu hamil akan merasakan tanda-tanda melahirkan dengan keseluruhan. Mulai dari mulas kontraksi sampai dengan rumitnya proses melahirkan si jabang bayi ke dunia tanpa bantuan pengurang rasa sakit.

Meskipun merasakan kesakitan secara keseluruhan namun pada kenyataannya banyak ibu yang tetap memilih persalinan normal alami di bandingkan dengan bantuan obat-obatan.

Setelah di telusuri hal ini dikarenakan ibu hamil yang hendak melahirkan sebelumnya diberikan pilihan untuk memilih metode persalinan seperti apa yang mereka inginkan.

Segala jenis penggunaan obat-obatan yang digunakan sebelum atau pada saat persalinan akan dapat mencapai janin di dalam kandungan, termasuk penggunaan obat epidural. Para peneliti menemukan beberapa jenis epidural akan dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan pada bati,

Pada ibu epidural akan dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah yang terjadi secara mendadak. Akibatnya, hal ini akan dapat mempengaruhi aliran darah menuju janin menjadi terhambat.

Bukan hanya itu, penggunaan epidural pun akan dapat berpengaruh terhadap penurunan detak jantung bayi.

Itulah mengapa kebanyakan ibu lebih memilih menikmati rasa sakitnya di bandingkan dengan membahayakan kesehatan si kecil di dalam kandungannya.

Menurunkan Risiko Operasi Caesar

Menurut para ahli, menyebutkan bahwa pemberian obat tertentu sewaktu bersalin akan dapat meningkatkan risiko terhadap melahirkan dengan cara caesar. Bahkan persentasinya hingga mencapai 50 persen dalam 20 tahun terakhir ini.

Sewaktu ibu hamil diberikan bius dari epidural atau obat tertentu ketika melahirkan maka ada beberapa tambahan tindakan yang mungkin dilakukan oleh tim medis. Salah satu diantaranya adalah pemantauan kesehatan janin baik secara internal maupun eksternal dan masih banyak lagi.

Dari hal inilah, tidak menutup kemungkinan bahwa proses persalinan ini normal yang direncanakan akan berubah menjadi persalinan dengan C-section.

Dorongan Secara Alami Untuk Melahirkan Normal

Secara alami tubuh kita memang dirancang untuk mampu melahirkan dengan normal dan alami. Untuk itulah, mungkin anda merasakan dorongan nalurriah dari dalam diri anda untuk melahirkan dengan cara yang alami.

Selain itu, informasi yang menjelaskan mengenai manfaat dari persalinan normal dan alami mungkin membuat ibu semakin tergiur untuk bisa melahirkan si kecil dengan proses yang alami.

Nah, demikianlah beberapa informasi mengenai alasan kenapa banyak wanita lebih memilih untuk melahirkan secara normal meski secara teori persalinan dengan bantuan obat-obatan dan teknologi terdengar lebih mudah. 

Ikuti tulisan menarik Bella Julianti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler