x

Iklan

Kris Santi Handayani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Inilah Gunung Tertinggi di Indonesia

Gunung di Indonesia itu sendiri tersebar di beberapa wilayah. Gunung-gunung yang ada menyajikan keindahan alam yang begitu mempesona.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki banyak pegunungan. Gunung di Indonesia itu sendiri tersebar di beberapa wilayah. Gunung-gunung yang ada menyajikan keindahan alam yang begitu mempesona. Selain itu, keberadaan gunung juga memiliki pengaruh yang besar terhadap kesuburan tanah.

Nah, dari banyaknya gunung yang terdapat di Indonesia, ada beberapa gunung yang memiliki ketinggian di atas rata-rata. Gunung-gunung tertinggi tersebut memberikan tantangan kepada para pendaki untuk menaklukannya. Nah, berikut ini ada 7 gunung tertinggi di Indonesia.

Inilah Gunung Tertinggi di Indonesia

Bagi anda yang ingin mengetahui daftar 7 gunung tertinggi di Indonesia, anda bisa simak di bawah ini.

Puncak Jaya

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Puncak Jaya merupakan gunung yang memiliki predikat tertinggi di Indonesia. Puncak Jaya juga disebut dengan Cartenzs Pyramid. Puncak ini berada di barisan Sudirman dan memiliki ketinggian hingga 4.884 mdpl. Kepopuleran Puncak Jaya hingga ke mancanegara.

Puncak Jaya itu sendiri pertama kali ditaklukan pada tahun 1936 oleh kelompok pendaki yaitu Jean Jacques Dozy, Anton Colijn dan Frits Julius Wissel. Sejak Indonesia merdeka dari penjajahan Belanda tahun 1945, Presiden pertama Ir. Soekarno memberikan nama pada gunung tersebut Jaya Wijaya.

Medan pendakian puncak ini memang cukup berat, namun semua itu akan terbayarkan dengan pemandangan menakjubkan di Puncak Jaya. Apalagi adanya salju yang populer di puncak tersebut.

Puncak Mandala

Puncak Mandala memiliki ketinggian hingga 4.760 mdpl. Ini merupakan gunung tertinggi ke dua yang ada di Indonesia.  Gunung yang letaknya dekat dengan perbatasan Papua Nugini ini terkenal dengan nama Juliana Top saat zaman penjajahan Belanda. Puncak Mandala terkenal dengan saljunya, hanya saja ketika tahun 2003 salju di Puncak Mandala mulai berkurang karena adanya pemanasan global.

Trikora

Trikora memiliki ketinggian mencapai 4.750 mdpl. Puncak Trikora itu sendiri memiliki predikat sebagai gunung ke tiga tertinggi di Indonesia. Puncak ini masih terletak di Papua. Puncak ini memiliki pemandangan alam yang begitu mempesona. Dataran memanjang yang diselimuti salju terlihat begitu indah.

Gunung Ngga Pilimsit

Saat zaman penjajahan Belanda, gunung yang satu ini dikenal dengan nama Mount Idenburg. Gunung ini memiliki ketinggian 4.717 mdpl, yang untuk pertama kalinya ditaklukan pada tahun 1962 oleh Heinrich Harrer dan Philip Temple.

Gunung Yamin

Gunung Yamin memiliki ketinggian hingga mencapai 4.595 mdpl dan berada di Papua. Gunung ini memiliki keindahan alam yang begitu mempesona. Untuk mencapai di puncak Yamin, para Pendaki akan melewati pendakian yang lumayan menantang.

Gunung Kerinci

Gunung Kerinci memiliki  ketinggian 3.805 mdpl. Gunung  ini terletak di Jambi, Sumatera.  Untuk pertama kalinya gunung ini ditaklukan pada tahun 1887 oleh Von Hasselt dan Veth.

Terdapat lebih dari 4.000 spesies tumbuhan di kawasan ini, yang mana di antaranya yaitu Titan Arum dan Raflesia Arnoldi. Selain itu kawasan ini juga menjadi habitat dari badak, harimau Sumatera dan hewan lainnya yang populasinya semakin menurun.

Pemandangan alam di gunung ini begitu menakjubkan. Di sini ada kawah bernuansa hijau di puncaknya seluas 400x120 meter. Tidak hanya kawah saja, para pendaki juga akan disuguhi oleh indahnya Danau Bento di sebelah timur.

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani terletak di 3 kabupaten yakni Lombok Barat, Timur, serta Tengah. Pesona alam yang begitu menakjubkan dengan medan pendakian yang dikatakan cukup menantang membuat Gunung Rinjani sebagai gunung favorit untuk mereka yang ingin menaklukannya.

Itulah 7 gunung tertinggi di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Kris Santi Handayani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler