x

Iklan


Bergabung Sejak: 1 Januari 1970

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Jangan Berhenti untuk Belajar, Spirit Mahasiswa S3 MP Unpak

Jangan pernah berhenti untuk belajar. Itulah spirit mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unpak.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ada ungkapan “dia cukup pintar”, itu buat siapa?

Bila kita percaya bahwa pintar atau cerdas itu tanpa batasan. Maka tidak ada kata “cukup” untuk menjai pintar, untuk meraih ilmu. Maka, jangan pernah berhenti untuk belajar. Belajar dan belajarlah selalu.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Setiap hari, selalu ada pengetahuan baru untuk dipelajari. Selalu ada ilmu yang menjadi sebab manusia harus berubah, harus ber-adaptasi. Belajar itu menyadarkan. Bahwa “di luar sana” berubah dan berdinamika. Lalu, mengapa kita merasa cepat puas dalam belajar?

Kita sering lupa. Menyia-nyiakan waktu kini jadi gaya hidup baru. Bahkan tidak sedikit dari kita yang lebih suka mengintip laju orang lain. Bukannya berpikir untuk selalu bisa meng-upgrade diri, untuk membelajarkan diri sendiri.

 

Bila itu terjadi, maka wajar kita jadi pecundang yang kalah pada sebuah pertarungan.

Dalam konteks itulah, mahasiswa S3 Kelas 2018 Reg. 2 Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Pakuan (Unpak) menghangatkan diskusi dalam presentasi kuliah “Pengembangan Teori dan Praktik Kepemimpinan Pendidikan” yang diampu oleh Prof. Dr. Thamrin Abdulllah, M.Pd. Tampil sebagai penyaji Kelompok “Winner” yang terdiri dari Syarifudin Yunus, Sri Rohayati, Nur Haris Effendi, Simon Yigibalom, Bakri Tanjung, Proklawati Jubilea, dan Nanik Indah Setyani yang membawakan materi “Learning Organization and Organization Redesign”.

 

Melalui diskusi ini, mahasiswa kandidat doktor Manajemen Pendidikan ini menyuarakan pentingnya organisasi pembelajaran di manapun untuk 1) menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, 2) membangun budaya belajar yang optimal, 3) mengembangkan sumber daya manusia secara optimal, dan 4) mampu men-mentransformasi organisasi secara berkelanjutan.

 

Maka dapat disimpulkan, siapapun jangan berhenti belajar. Karena belajar mampu memberdayakan manusia, di samping hidup hanya bisa terasa menyenangkan bila kita pun mau dan bersedia untuk terus berkembang.

 

Momentum diskusi kepemimpinan pendidikan ini pula yang menjadi spirit mahasiswa S3 Kelas 2018 Reg 2 Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unpak untuk menyelesaikan studi sebagai doktor pendidikan pada tahun 2021 mendatang. Karena jangan pernah berhenti untuk belajar. Karena belajar tiada akhir…

 

Jangan pernah berhenti untuk belajar. Sementara hidup tak pernah berhenti untuk memberi pelajaran kepada kita …. #S3PascaUnpak

 

Ikuti tulisan menarik lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Interpolasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

22 jam lalu

Terpopuler

Interpolasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

22 jam lalu