Resep Cara Membuat Kolak Biji Salak yang Mudah dan Praktis

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dengan resep yang akan kami bagikan kali ini maka anda akan dengan mudah mempraktekannya di rumah.

Sajian kolak biji salak yang nikmat akan dapat anda buat di rumah dengan mudah. Dengan resep yang akan kami bagikan kali ini maka anda akan dengan mudah mempraktekannya di rumah.

Bahan-Bahan:

  • 1/2 kg ubi jalar
  • tepung sagu secukupnya
  • 1/2 sdt garam
  • 100 gram tepung kanji

Bahan Kuah Gula:

  • 1/2 liter air matang
  • 200 gram gula merah
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 sdm gula pasir (atau sesuai selera)

Bahan Kuah Santan:

  • 1 lembar daun pandan
  • 1/2 sdt garam
  • 250 cc air matang
  • 1 bungkus kelapa parut

Persiapan Membuat Kolak Biji Salak yang Mudah dan Praktis:

1. Langkah pertama untuk membuat sajian kali ini dapat anda lakukan dengan terlebih dahulu membuat biji salaknya. Untuk membuat hidangan ini silahkan bersihkan ubi jalar dengan menggunakan air bersih dengan merata.

2. Setelah dibersihkan kemudian anda akan dapat mengupas ubi dengan merata sampai bersih. Setelah itu, kemudian siapkan sebuah kukusan dan kukus sajian sampai matang dan merata.

3. Kukus ubi selama kurang lebih 30 menit atau sampai matang dan empuk. Setelah itu kemudian masukkan dalam sebuah wadah ketika masih hangat silahkan tumbuk ubi sampai halus dan merata. Kemudian lumatkan dan pastikan tidak ada partikel kasar yang masih tersisa pada ubi.

4. Bila sudah selesai kemudian masukkan ubi dalam sebuah wadah dan campurkan bersama dengan tepung kanji lalu masukkan garam ke dalamnya. Aduk-aduk sajian ini sampai tercampur dengan merata.

5. Ambil sedikit adonan dan bentuk dengan lonjong bulat seperti biji salak. Lakukan cara yang sama pada sisa adonan yang masih ada. Lalu setelah itu, masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara. Setelah ini, anda akan siap untuk merebusnya dan membuat kuah untuk sajian kolak biji salak kali ini.

Cara Membuat Kolak Biji Salak yang Mudah dan Praktis:

1. Untuk membuat sajian kolak biji salah silahkan terlebih dahulu siapkan sebuah panci dan masukkan air kedalamnya secukupnya saja. Tunggu sampai air mendidih dan merata.

2. Baru tuangkan adonan biji salak yang sudah anda buat sebelumnya. Ketika mendapati adonan mengapung ke permukaan ini artinya adonan biji salak sudah siap untuk anda angkat. Gunakan saringan dan tiriskan bahan ini sebelum di campurkan dengan bahan lainnya.

3. Untuk kuah gula, silahkan siapkan panci yang berbeda dengan ukuran yang lebih kecil. Lalu setelah itu, masukkan semua bahan gula ke dalamnya dan aduk dengan merata kemudian rebus sajian ini sampai matang dan mendidih.

4. Untuk mengentalkan bahan ini anda dapat menuangkan larutan tepung sagu ke dalamnya dan aduk-aduk dengan merata lalu masak sampai bahan ini menjadi lebih mengental.

5. Tuangkan biji salak ke dalam kuah gula lalu kemudian aduk dan masak sajian ini sampai meletup dan merata. Angkat dan sisihkan.

6. Kini anda akan dapat membuat kuah santan. Caranya dapat anda lakukan dengan mencampurkan sebuah bahan di dalam sebuah panci lalu aduk sampai sajian ini berubah menjadi lebih mendidih dan merata.

Angkat dan sisihkan sementara. Pada saat menyajikan hidangan ini anda akan dapat menyajikannya dalam mangkuk kemudian tuangkan kuah santan di bagian atasnya. Dengan demikian, kolak biji salak akan siap untuk anda santap. 

Bagikan Artikel Ini
img-content
Ilham

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua