x

Iklan

Abdillah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Tabel Rumus Cara Menghitung Berat Badan Ideal

berikut ini tabel dan rumus cara menghitung berat badan yang ideal untuk wanita dan pria serta contohnya lengkap

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mempunyai berat badan yang ideal memang merupakan dambaan bagi semua orang. Tak heran, jika banyak orang berlomba – lomba untuk mendapatkan berat badan yang maka ingin kan. Namun tunggu dulu, apakah berat badan yang kalian harapkan itu sudah sesuai dengan berat badan ideal yang berdasarkan dengan hitungan? Terkadang, ada saja orang yang ingin mempunyai berat badan di bawah normal. Tentu, hal ini tidak baik bagi kesehatan diri orang tersebut.

Mempunyai berat badan yang sangat kurus atau sangat gemuk, kedua nya tidak di sarankan. Karna mempunyai berat badan yang ideal tentu penting sebagai upaya untuk mempertahankan kesehatan secara keseluruhan. Ini juga adalah cara untuk mencegah dan mengendalikan berbagai macam penyakit.

Mempunyai berat badan berlebih atau obesitas bisa meningkatkan risiko terkena penyakit yang serius, contoh nya penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes mellitus tipe 2, batu empedu, kanker dll.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lalu cara menghitung berat badan ideal Apakah berat badan yang Anda punya sudah masuk dalam kategori ideal atau belum?

Karna setiap berat badan orang berbeda – beda, jadi kalian jangan membandingkan berat badan yang kalian punya dengan berat badan teman, saudara, keluarga, atau orang lain.

Dan untuk mengetahui berapa idealnya berat badan kalian, kalian bisa menyesuaikannya dengan tinggi badan yang kalian miliki. Sebelum mulai menghitung berapa berat badan yang ideal untuk kalian, sebaiknya ketahui dahulu berapa tinggi badan Anda.

Tabel Berat Dadan Ideal

tabel berat badan ideal

 

Namun ada juga cara untuk mengetahui berat badan yang kalian punya normal atau tidak, kalian bisa menghitungnya dengan rumus :

Rumus Berat Badan Ideal

Berat badan normal (kg) = tinggi badan (cm) – 100

Jadi, jika kalian mempunyai tinggi badan 160 cm, kalian cukup mempunyai berat 60 kg untuk dikatakan normal. Tapi, berbeda jika kalian ingin mempunyai berat badan ideal.

Berat badan ideal ini dibedakan antara pria dengan wanita. Hal ini karena komposisi tubuh seorang pria dan wanita berbeda. Karna pria lebih banyak memiliki massa otot di banding wanita, sedangkan wanita lebih banyak memiliki komposisi lemak dalam tubuh.

Untuk itu cara menghitung berat badan ideal, kalian bisa menggunakan rumus Broca yang telah di temukan oleh seseorang yang bernama Pierre Paul Broca. Dan untung nya sangat mudah untuk menggunakan rumus ini. Cara nya iyalah seperti di bawah ini :

Rumus Broca

  • Pria = Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%]
  • Wanita = Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%]

Contoh nya jika kamu seorang wanita memiliki tinggi badan sekitar 158 cm, maka berat badan kamu yang ideal adalah 58-8,7 = 49,3 cm.

Dan dari penjelasan di atas dapat di artikan bahwa walaupun kalian memiliki berat badan normal, namun belum tentu itu termasuk ideal untuk kalian. Karna pada dasar nya para wanita lah yang ingin sekali mempunyai berat badan yang ideal.

Untuk mendapat kan berat badan yang ideal, bukan berarti kawan – kawan harus melakukan diet yang ketat. Kunci untuk badan yang ideal iyalah menyeimbangkan antara energi yang masuk ke dalam tubuh kalian dengan energi yang keluar.

Sebalik nya karna jika kawan – kawan ingin menurunkan berat badan untuk mendapat kan berat badan yang ideal, maka energi yang kalian keluar kan dari tubuh harus lebih besar dari pada energi yang akan masuk.

Itulah penjelasan lengkap tentang rumus berat badan ideal beserta pengertian dan rumus nya semoga bermanfaat…

ref : https://rumus.co.id/

Ikuti tulisan menarik Abdillah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler