x

Iklan

Bella Julianti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Resep Cara Membuat Tumis Ampela Kentang Sederhana yang Prakt

lahan ampela ayam berpadu dengan kentang yang lembut kali ini akan tentu dapat anda buat di rumah dengan mudah dan sederhana

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bingung menyajikan menu buka puasa untuk hari ini? Resep menu buka puasa dari olahan ampela ayam berpadu dengan kentang yang lembut kali ini akan tentu dapat anda buat di rumah dengan mudah dan sederhana. Penasaran seperti apa saja resepnya? Mari simak informasinya di bawah ini hanya untuk anda.

Bahan-Bahan:

  • 500 gram kentang potong
  • 8 buah ampela ayam rebus
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 4 sendok teh kecap manis
  • 2 buah cabai merah besar potong serong
  • 3/4 sendok teh garam
  • 200 ml air
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 2 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 1/2 sendok teh ketumbar

Persiapan Membuat Tumis Ampela Kentang Sederhana yang Praktis:

1. Untuk mengawali pembuatan menu buka puasa, persiapan menjadi hal penting yang akan memudahkan anda untuk membuat sajian kali ini. Hal ini dikarenakan ada beberapa bahan pada resep yang perlu dipersiapkan dengan merata sebelum dimasak dan dicampurkan dengan sajian lainnya. Untuknya maka mari simak langkah persiapan di bawah ini hanya untuk anda.

2. Bahan pertama yang akan kita persiapkan adalah kentangnya. Bersihkan terlebih dahulu kentang dengan menggunakan air bersih secara merata. Lalu angkat dan kupas kulitnya dengan merata. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara bahan ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

3. Potong kentang dengan menggunakan pisau bergerigi dengan bentuk kotak sama ukuran namun jangan memotongnya dengan ukuran yang terlalu besar. Masukkan kembali dalam wadah namun kali ini rendam dengan menggunakan air.

4. Siapkan sebuah wajan dan masukkan minyak goreng ke dalamnya lalu panaskan minyak dengan api yang sedang sampai merata. Masukkan kentang ke dalamnya dan goreng sajian ini asal berkulit saja dengan merata.

5. Angkat kentang dan tiriskan minyaknya secara merata. Sisihkan bahan ini sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya.

6. Untuk bahan ampela anda akan dapat mencuci dengan bersih bahan ini secara merata. Lalu setelah itu siapkan sebuah panci dan masukkan air ke dalamnya. Lalu rebus dengan ampela yang sudah anda siapkan.

7. Berikan garam dan masukkan potongan jahe yang sudah digeprek. Lalu biarkan sampai matang dan mendidih dengan merata.

Cara Membuat Tumis Ampela Kentang Sederhana yang Praktis:

1. Selesai dengan persiapan di atas maka langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah dengan menyiapkan sebuah wajan dan masukkan minyak goreng ke dalamnya sedikit saja. Tunggu sampai minyak menjadi lebih panas merata.

2. Setelah itu, masukkan bumbu dan tumis sajian ini sampai harum dan merata. Masukkan cabai merah besar dan aduk-aduk sajian ini sampai layu dan merata.

3. Tuangkan kentang ke dalamnya bersama dengan ampela. Lalu setelah itu, aduk merata semua bahan ini sampai tercampur. Kemudian silahkan bumbui sajian ini dengan menggunakan kecap manis, garam dan merica bubuk. Lalu berikan gula pasir dan aduk semuanya dengan merata.

4. Masukkan air sedikit saja dan masak sajian ini hingga bumbu meresap ke dalamnya dengan sempurna dan merata.

Sajikan dalam sebuah piring dan hidangan ini akan tentu dapat anda santap bersama dengan sepiring nasi hangat dan tambahan kerupuk yang renyah. 

Ikuti tulisan menarik Bella Julianti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu