x

Iklan

Bella Julianti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Tips Sahur Untuk Ibu Hamil

mari kita simak tips sahur untuk ibu hamil yang aman dan sehat. Penasaran seperti apa saja? Mari simak langsung informasi menariknya di bawah ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ibu hamil yang menjalani puasa perlu memperhatikan dengan baik asupan makanan pada saat buka dan sahur. Hal ini dikarenakan selama hamil tubuh seorang wanita membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan seorang wanita yang tidak hamil. Adapun kebutuhan gizi ini diperlukan tubuh untuk mendukung tumbuh kembang janin di dalam rahim.

Maka dari itulah, manfaatkan waktu buka dan sahur selama puasa agar ibu hamil senantiasa mempersiapkan makanan sehatnya sendiri. Nah, selain jenis makanan di bawah ini mari kita simak tips sahur untuk ibu hamil yang aman dan sehat. Penasaran seperti apa saja? Mari simak langsung informasi menariknya di bawah ini.

Ganti dengan Nasi Merah

Selama ini masyarakat Indonesia sudah terbiasa mengkonsumsi nasi sebagai bahan pokok makanannya. Nasi adalah satu sumber karbohidrat yang baik dimana di dalam tubuh, karbohidrat berperan sebagai pasokan energi agar seseorang dapat menjalani hari-harinya dengan lebih bertenaga.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Nah, untuk ibu hamil kebutuhan karbohidrat tak kalah penting untuk senantiasa dipenuhi kebutuhannya. Selain untuk membantu anda menjadi lebih bertenaga, asupan karbohidrat akan penting untuk menghindarkan tubuh dari rasa lemas selama menjalani ibadah puasa saat hamil.

Hanya saja, karbohidrat yang lebih baik terdapat dalam nasi merah dimana jenis karbohidrat yang terkandung dalam bahan ini adalah karbohidrat kompleks yang mengandung lebih banyak serat dan memiliki indeks glikemik yang jauh lebih rendah.

Konsumsi Telur

Selain nasi merah bahan lain yang baik dan dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil saat sahur adalah telur. Kandungan protein yang tinggi di dalam telur adalah nutrisi yang baik yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung perkembangan janin di dalam rahim ibu. Telur menjadi salah satu sumber protein hewani yang kaya akan kandunganasam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh.

Bukan hanya itu, kandungan kolin yang terdapat pada telur amat sangat baik untuk kesehatan dan perkembangan otak bayi. Asupan kolin yang terpenuhi selama kehamilan akan dapat menghindarkan resiko cacat tabung saraf yang mungkin dapat menyebabkan penurunan fungsi otak pada bayi.

Maka dari itu, melihat dampaknya yang baik dari konsumsi telur maka tidak ada salahnya jika ibu mencukupi kebutuhan telur dengan baik terutama pada saat menyantap makan sahur.

Konsumsi Sayuran

Tips sahur untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah memastikan jika sayuran dimasukkan dalam menu konsumsi harian anda selama puasa. Brokoli dan jenis sayuran hijau lainnya adalah sumber makanan yang baik untuk dikonsumsi dimana bahan ini punya kandungan kalsium dan asam folat yang dikenal baik dalam pertumbuhan tulang dan otak janin di dalam rahim ibu.

Selain itu, brokoli pun punya kandungan serat dan antioksidan yang berguna dalam menangkal radikal bebas sebagai penyebab kanker. Bukan hanya itu, sayuran pun punya kandungan vitamin C yang baik untuk tubuh. Di dalam tubuh, vitamin C bermanfaat dalam penyerapan zat besi.

Nah, itulah dia tips sahur untuk ibu hamil semoga dengan menyimak beberapa tips di atas membantu ibu hamil dalam memilih aneka jenis makanan sendiri tentunya dari bahan makanan yang sehat dan bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Bella Julianti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu