x

Iklan

Anan Alkarawangi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Semangat Babinsa Mojorejo Jetis Kawal Petani Panen Padi

Mojokerto, - Untuk membantu kelancaran panen padi di wilayah binaan, Babinsa Koramil 0815/07 Jetis Kodim 0815 Mojokerto Serma Imam Mustofa turun langsung

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mojokerto, - Untuk membantu kelancaran panen padi di wilayah binaan, Babinsa Koramil 0815/07 Jetis Kodim 0815 Mojokerto Serma Imam Mustofa turun langsung mendampingi kegiatan panen padi di Desa Mojorejo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (15/04/2019).

Panen padi varietas Ciherang ini berlangsung di lahan seluas satu hektar milik Ibu Siti, Anggota Poktan Mari Berkarya, Dusun Pantesrejo,  Desa Mojorejo.  Panen padi yang dilakukan secara manual dengan bantuan buruh tani dari desa sekitar, produktivitasnya diperkirakan mencapai tujuh ton.

Pantauan Babinsa setempat Serma Imam Mustofa, untuk harga gabah kering panen (GKP) saat ini di tingkat petani dikisaran Rp 3.500,- per kilogram, sedangkan harga gabah kering giling (GKG) sekitar Rp 4.500,-  per kilogram.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Hasil panen ini tergolong bagus karena selama masa tanam hingga panen berlangsung pada musim hujan. Untuk gabah hasil panen ini oleh pemilik lahan (Ibu Siti) tidak dijual, melainkan untuk konsumsi sendiri,” tambah Serma Imam Mustofa.

Pada kesempatan berbeda, Danramil 0815/07 Jetis Kapten Inf Sasminto, mengungkapkan, aktivitas oendampingan yang dilakukan Babinsa merupakan bagian dari upaya khusus ketahanan pangan guna mendukung dan membantu petani dalam mewujudkan swasembada pangan.

“Pendampingan yang dilakukan Babinsa tidak hanya saat panen saja, melainkan sudah dimulai saat pendistribusian benih dan pupuk, pengolahan lahan, masa tanam, dan masa perawatan tanaman,” terang Danramil.

“Dengan aktifnya Babinsa terjun ke lapangan diharapkan menjadi penyemangat petani dalam meningkatkan produksi pangan.  Selain itu Babinsa juga dapat mengetahui sekaligus memberi solusi atas hambatan atau kendala yang dihadapi petani”, pungkasnya.

Ikuti tulisan menarik Anan Alkarawangi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu