5 Tips agar Tubuh Tetap Fit Saat Puasa Ramadan - Viral - www.indonesiana.id
x

Deffi Annas

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Mei 2019

Jumat, 10 Mei 2019 05:22 WIB

  • Viral
  • Berita Utama
  • 5 Tips agar Tubuh Tetap Fit Saat Puasa Ramadan

    berpuasa di bulan Ramadan seringkali membuat tubuh kita lemas, nah ini dia tips agar tubuh tetap fit dan aktivitas tetap lancar selama berpuasa

    Dibaca : 649 kali

    Ramadan merupakan bulan penuh pahala, sebagai orang muslim sudah seharusnya kita berlomba-lomba dalam mendapatkan pahala di bulan ramadhan ini. Tetapi, berpuasa sering kali membuat tubuh kita lemas karena kita harus menahan lapar dan haus selama 13-14 jam. Sementara itu, kita harus melakukan aktivitas sama seperti saat kita tidak berpuasa. Lalu bagaimana agar tubuh kita tetap fit selama berpuasa? Ini dia 5 hal yang harus dilakukan agar tetap badan tetap fit dan bugar saat berpuasa.

    1. Memilih makanan dengan gizi yang seimbang.

    Hal terpenting yang harus kita perhatikan saat memilih makanan untuk sahur adalah kandungan gizinya harus lengkap dan seimbang. Komponen makanan ini terdiri dari karbohidrat sebanyak 50-60 persen kebutuhan kalori, protein sebanyaj 15-20 persen, dan lemak sebanyak 20-25 persen. Karbohidrat yang disarankan adalah karbohidrat kompleks seperti buah-buahan dan juga umbi-umbian. tubuh kita akan lebih lama dalam mencerna karbohidrat kompleks dari pada karbohidrat sederhana sehingga kita akan kenyang lebih lama. Selain itu perbanyak mengkonsumsi protein agar tubuh tidak lemas ketika memasuki siang hari. Dan yang tak kalah penting yaitu konsumsi sayur-sayuran agar terhindar dari sembelit selama berpuasa. Jadi makan sahur yang benar tidak hanya asal kenyang saja.

    1. Hindari sahur dengan makanan asin dan berlemak

    Yang pertama  hindari makanan berlemak atau yang menganduk minyak terlalu tinggi akan menyebabkan pengosongan lambung lebih lama sehingga akan memicu naiknya asam lambung. Kedua, hindari makanan yang mengandung banyak garam  karena garam memiliki sifat diuretic atau menarik air dari tubuh kita sehingga kita akan sering kencing dan cepat haus. Selain it mengonsumsi kopi saat sahur juga tidak baik Karen akopi mengandung kafein yang tinggi yang berbahaya bagi lambung.

    1. konsumsi air putih yang cukup

    mencukupi kebutuhan cairan dan zat besi penting dilakukan agar proses distribusi oksigen ke seluruh tubuh tetap lancar. Oleh karena itu kita perlu minum air putih sebanyak dua liter atau delapan gelas dalam sehari. Caranya dengan mengatur jadwal minum yaitu ua gelas saat berbuka, dua gelas saat makan malam, dua gelas menjelang tidur, dan dua gelas saat sahur. Jika keduanya terpenuhi, distribusi oksigen akan lancar sepanjang berpuasa sehingga tubuh tetap bugar, tidak mudah lemas atau mengantuk.

    1. Makan sahur dengan porsi secukupnya dan tidak terburu-buru

    Makan yang berlebihan akan membuat kita mengantuk dan membuat kita merasa tak berenergi selama berpuasa. Selain itu hindari makan dengan terburu-buru karena kan mengurangi kualitas makanan kita. Makan cepat akan menyebabkan gula darah kita terganggu dan perut cepat kosong sehingga mudah lapar.

    1. Hindari tidur usai makan sahur

    Tidur setelah sahur akan membuat makanan yang kita makan terbuang sia-sia sehingga kita juga akan lebih cepat lapar. Selain itu tidur setelah makan juga tidak baik untuk kesehatan Karena makanan yang kita konsumsi tak semuanya akan tercerna dengan cepat.

     

    Dengan melakukan 5 hal diatas maka tubuh akan tetap fit dan bugar walaupun sedang berpuasa. Aktivitas dan pekerjaan kita juga akan terlaksana dengan baik jika tubuh kita fit. Selain itu, kita akan jauh lebih maksimal dalam beribadah selama bulan puasa.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.



    Oleh: Gadis Desa

    Rabu, 30 September 2020 05:55 WIB

    Apakah Pemerintah Serius Tangani Wabah Covid-19?

    Dibaca : 1.112 kali